Home » Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Konsumen dan Pebisnis

Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Konsumen dan Pebisnis

Free ongkir adalah salah satu istilah yang seringkali didengar dalam melakukan proses belanja secara online. Mau tidak mau, pembeli harus membayar biaya pengiriman untuk barang yang telah dipesan.

Dalam transaksi jual beli, ini adalah salah satu strategi pemasaran yang sering diberikan oleh para penjual. Strategi ini bisa dilakukan untuk menarik perhatian pembeli agar berbelanja dalam toko mereka.

Mengenal Pengertian Free Ongkir

Ini merupakan salah satu metode yang sudah sangat sering dilakukan oleh pihak seller. Dengan melakukan metode ini, banyak sekali pembeli yang akan tertarik dengan produk yang mereka jual.

Adanya pemberian harga gratis dalam melakukan pengiriman barang rupanya sangat menarik perhatian pihak customer. Jadi, customer bahkan akan melakukan proses menunggu kapan olshop langganan mereka akan memberian promo ini.

Secara lebih rinci, free ongkir adalah bebas biaya untuk melakukan pengiriman. Ini berarti proses pengiriman barang tidak dikenakan bayaran alias gratis.

Umumnya, penjual akan memberikan harga tertentu untuk proses mengirimkan barang kepada alamat pembeli. Namun, jumlah total produk dengan ongkos kirim biasanya sudah diperhitungkan oleh pihak penjual.

Biaya pengiriman yang diberikan penjual juga sudah dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Free ongkir adalah gratis pengiriman dengan risiko yang telah dipertimbangkan secara matang oleh si penjual.

Dengan begitu, penjual bisa memastikan barang akan sampai di tempat pembeli dengan selamat meskipun mereka memberikan gratis ongkos kirim. Ini juga ditentukan oleh berbagai faktor seperti alamat pembeli.

Metode atau strategi satu ini memang sangat penting untuk melakukan penekanan biaya. Ini bukan semata-mata untuk memberikan keuntungan bagi pihak menjual saja.

Harapan seorang penjual ketika melakukan gratis ongkos kirim adalah memberikan margin keuntungan. Pemesanan barang di toko akan menjadi meningkat karena banyak pembeli yang akan melakukan pemesanan.

Para pebisnis online umumnya sudah melakukan kerjasama dengan pihak ekspedisi. Mereka akan melakukan kerjasama agar ongkos kirim yang nantinya akan dibebankan kepada pembeli tidak terlalu besar.

Menawarkan gratis ongkos kirim merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, pertimbangan mengenai lokasi serta dana dari penjual harus dilihat agar tidak menimbulkan kerugian.

Strategi Free Ongkir Dalam Bisnis Online

Free ongkir adalah sebuah strategi yang sudah sangat sering muncul dalam melakukan transaksi pada bisnis online. Penawaran berupa promosi gratis ongkos pengiriman akan sangat menarik perhatian pembeli, meskipun memberikan bebas ongkos pengiriman, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan oleh penjual.

  1. Menjaga kualitas produk

Salah satu hal penting ketika penjual akan memberikan gratis ongkos pengiriman adalah tetap menjaga kualitas barang. Tetaplah memerikan pelayanan sebaik mungkin dengan kemasan menarik kepada pembeli meskipun pengiriman diberikan gratis.

  1. Menentukan beberapa jenis produk

Jika semua produk diberikan ongkos kirim gratis, maka penjual bisa saja mengalami kerugian. Contohnya saja produk yang memiliki berat lumayan.

Free ongkir adalah bertujuan untuk memberikan keuntungan. Maka, penjual bisa menentukan beberapa jenis produk yang akan diberikan gratis ongkos kirim.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah meminimalisir terjadinya kerugian. Berikan ongkos kirim gratis pada beberapa produk saja, dan selebihnya bisa diberikan potongan ongkos kirim saja.

  1. Syarat dan ketentuan

Jika memungkinkan, penjual bisa memberikan syarat dan ketentuan berlaku untuk pembeli yang akan mendapatkan gratis ongkir. Contohnya saja, gratis pengiriman bisa dilakukan dengan minimal belanja 50 atau 100 ribu rupiah.

Ini disebabkan karena alamat pengiriman menjadi salah satu hal yang membuat biaya ongkos menjadi lebih. Dengan demikian, konsumen akan menyetujui syarat yang diberikan oleh penjual ini.

  1. Tanggal gratis pengiriman

Penjual bisa menentukan kapan akan melakukan bebas biaya pengiriman. Contohnya pada tanggal-tanggal tertentu pada setiap bulannya.

Ketika promo dilakukan, maka pada tanggal tersebut bisa dilihat bahwa pembelian dari konsumen akan menjadi meningkat. Tetap jaga kualitas produk ketika pesanan meningkat dengan strategi ini.

  1. Menghindari kenaikan harga

Ketika memberikan biaya kirim gratis, Anda perlu menghindari menaikkan harga. Ini akan membuat toko terkesan hanya menginginkan laba saja.

Meskipun margin keuntungan kecil, namun diharapkan tingkat penjualan meningkat. Jadi, ini bisa menjadi jalan masuknya keuntungan.

Manfaat Gratis Ongkir Bagi Customer

Free ongkir adalah hal yang sangat menguntungkan pada Anda yang selalu ingin melakukan pembelanjaan secara hemat. Apa saja manfaat gratis ongkis pengiriman bagi seorang customer?

  1. Nagih untuk belanja lebih

Promo ini rupanya akan memberikan customer semakin tertarik untuk berbelanja lebih banyak lagi. Setiap jasa pengiriman akan diberikan ketentuan tambahan per kilo nya atau berdasarkan alamat.

Ketika ada promo tersebut, pembeli berkesempatan untuk berbelanja menjadi lebih banyak. Ini akan semakin menguntungkan karena pembeli tidak dikenakan biaya kirim barang.

  1. Membantu mengelola pengeluaran

Pembeli akan mengeluarkan ongkos untuk membeli barang mereka secara online. Namun ketika ada promo gratis, maka pengeluaran untuk membayar biaya pengiriman bisa ditekan.

Anda bisa menemukan berbagai barang yang perlu untuk dibeli. Kemudian, perkirakan kapan toko tersebut akan memberikan promo untuk pembelian dengan gratis ongkos pengiriman.

BACA JUGA: Apa Itu Call To Action (CTA) dan Tips Penempatannya

  1. Hemat

Pembelian barang dengan ongkos kirim secara gratis akan sangat hemat dan tidak mahal. Ini bisa kamu perhatikan dengan baik.

Biasanya, pengiriman dengan tanpa biaya ini diberlakukan juga untuk antar pulau di Indonesia. Jika masih kurang percaya, Anda bisa menanyakan kepada pihak toko untuk memastikan hal tersebut.

Kini, para pebisnis online sedang berlomba-lomba dengan sebaik-baiknya dalam menyediakan berbagai macam produk dan pelayanan yang dilakukan untuk menarik perhatian pembeli. Free ongkir adalah salah satu strategi yang perlu dicoba agar penjual bisa meningkatkan margin keuntungan mereka.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!