Home » Pengertian Internet Marketing dan Perkembangannya di Indonesia

Pengertian Internet Marketing dan Perkembangannya di Indonesia

Saat ini perkembangan internet marketing kian meningkat di tanah air. Tingkat pengguna internet setiap harinya makin meningkat dan kebanyakan merupakan pengguna aktif, baik menggunakannya untuk kebutuhan pribadi maupun pekerjaan.

Hampir semua sektor kehidupan manusia saat ini terhubung ke internet, termasuk dalam bidang penjualan. Oleh sebab itu, mau tidak mau perusahaan juga berpindah memasarkan produk maupun jasanya ke media online.

Pemasaran yang semula menggunakan flyer, koran, maupun pamplet kini sudah dialihkan menggunakan media digital. Promosi dengan model seperti ini dikenal dengan strategi pemasaran internet dan digital marketing.

Keduanya serupa, tapi sebenarnya tidaklah sama. Bagi Anda yang tertarik melakukan promosi di media online, maka harus mengetahui mengenai model pemasaran ini sehingga bisa menerapkannya dengan baik.

Penerapan promosi yang baik akan memberikan kesempatan Anda mendapatkan keuntungan maksimal dari penjualan. Kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai pengertian pemasaran melalui media daring dan bagaimana perkembangannya di Indonesia.

Pengertian dari Internet Marketing

Internet Marketing

Promosi merupakan kegiatan mengiklankan produk maupun jasa yang bertujuan meningkatkan tingkat penjualan, memengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk, dengan menggunakan berbagai media, salah satunya internet.

Promosi menggunakan media daring seperti ini sangat banyak digunakan seiring meningkatnya penggunaan internet di tanah air. Bahkan banyak orang lebih aktif di dunia maya dibanding dunia nyata.

Hal ini menyebabkan berbagai cara promosi konvensional tidak lagi dapat menarik pembeli. Oleh sebab itu, banyak penjual maupun perusahaan mulai memanfaatkan toko online, marketplace, atau e-commerce untuk berpromosi.

Selain menggunakan toko online dan platform lainnya, Anda juga bisa menggunakan media sosial, website, email, blog, press release media, maupun mesin pencari untuk melakukan promosi. Hal ini membuat cakupan pemasaran menjadi lebih luas.

Tujuan utama dari internet marketing adalah mendapatkan konsumen dan menariknya untuk membeli produk yang dipasarkan dengan cara lebih cepat. Pemasarannya bukan hanya di daerah Anda, tapi berskala global.

Melalui jaringan daring ini transaksi jual beli barang atau jasa bisa meningkat drastis, karena sekitar 68% pengguna internet juga melakukan pembelian daring. Promosi bisa dengan membuat konten, iklan, maupun tulisan berupa artikel.

Strategi Internet Marketing untuk Bisnis

Dalam melakukan promosi menggunakan media daring, Anda perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini harus dilakukan agar tujuan yang ingin diraih dapat segera tercapai, berikut beberapa strategi dapat digunakan:

  1. Membuat Sebuah Website atau Toko Online

Anda bisa membuat sebuah situs atau website sebagai media promosi daring. Di website ini masukkan informasi penting mengenai perusahaan dan produk atau jasa yang ingin ditawarkan.

Website dapat digunakan untuk memperkenalkan mengenai perusahaan Anda, jenis layanan, produk, ataupun nilai lebih perusahaan lainnya. Selain itu, juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Selain website, Anda juga bisa membuat toko online yang khusus digunakan untuk memasarkan produk atau jasa. Di toko online ini transaksi jual beli dapat dilakukan, bahkan dengan pelanggan dari tempat jauh sekalipun.

  1. Meningkatkan Trafik Menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

Strategi internet marketing berikutnya adalah melakukan optimasi SEO untuk meningkatkan trafik pengunjung website. Penggunaan strategi ini sedang banyak digunakan dan memperlihatkan hasil memuaskan.

SEO bertujuan untuk melakukan optimasi, baik secara teknis maupun non-teknis. Fokus utamanya adalah membuat laman website berada di halaman pertama pada mesin pencari yaitu Google.

  1. Gunakan Email Marketing

Cara lain untuk mengoptimalkan pemasaran daring adalah dengan email, platform yang digunakan biasanya Gmail. Meskipun masih sering email-email promosi ini dianggap sebagai sebuah spam.

Penggunaan mail ini sangat efektif karena dapat menarik minat konsumen menggunakan iklan yang dikirimkan melalui surat elektronik. Meskipun tidak langsung membeli, perulangan pengiriman mail membuat konsumen tertarik dan mengingat produk.

BACA JUGA:

Perkembangan Internet Marketing di Indonesia

Internet Marketing

Optimasi penggunaan promosi melalui media internet saat ini sangat berkembang di Indonesia. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dunia digital di tanah air yang kian meningkat.

Banyak pelaku usaha maupun penjual mengandalkan media daring karena sangat bermanfaat. Bukan hanya bisa menjangkau konsumen secara luas, internet marketing juga tidak memerlukan biaya mahal.

Dengan penggunaan media berbasis online membuat penjual bisa mencapai calon pembeli walaupun terpisah jarak. Transaksi jual beli bisa dilakukan dengan cara digital, dan barang dikirimkan melalui kurir.

Saat ini juga ada banyak sekali strategi pemasaran di internet yang mudah diakses oleh pelaku usaha, seperti pemanfaatan email, website, maupun sosial media. Bahkan juga tersedia Google bisnis sehingga optimasinya lebih mudah.

Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat konsumsi dan daya beli tinggi, terutama karena jumlah penduduk yang sangat banyak. Hal ini menjadi faktor pendukung perkembangan pemasaran daring di tanah air. Beberapa faktor pendukung lainnya adalah:

  1. Perkembangan jaringan internet di Indonesia yang semakin luas hingga mencapai daerah pelosok.
  2. Biaya internet makin murah. Anda bisa membeli kuota untuk berselancar di dunia maya dengan harga terjangkau dan ada berbagai pilihan paket.
  3. Tingginya minat masyarakat menggunakan internet dan murahnya harga gadget.
  4. Banyaknya platform penjualan online yang menyediakan berbagai promo menarik dan menawarkan kerjasama tanpa perlu modal besar.
  5. Daya beli masyarakat meningkat dan kebutuhan semakin banyak.

Faktor-faktor inilah yang membuat perkembangan pemasaran online di Indonesia semakin tinggi. Anda juga mungkin sudah menjadi bagian dari perkembangan tersebut, baik sebagai konsumen maupun penjual.

Penggunaan pemasaran online merupakan sebuah keharusan di masa kini, karena promosi konvensional tidak lagi efektif untuk membantu meningkatkan penjualan. Banyak media bisa digunakan, seperti website, blog, toko online, maupun media sosial.

Selain pilihan berbagai media, juga banyak strategi dapat diterapkan oleh pelaku usaha bisnis online. Misalnya optimasi SEO, email marketing, dan berbagai strategi internet marketing lain yang mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!