Home » Mengenal Apa Itu Sales Funnel, Cara Kerja dan Cara Pengaplikasiannya

Mengenal Apa Itu Sales Funnel, Cara Kerja dan Cara Pengaplikasiannya

Sales Funnel merupakan salah satu istilah dalam dunia bisnis. Jika melihat lebih spesifik maka kualitas pemasaran menjadi salah satu tempat yang wajib dipahami sebab didalamnya terdapat aspek tersebut untuk memberikan penawaran lebih optimal.

Sebelum masuk pada alasan penting mengapa Anda harus mengenal aspek ini dalam penjualan maka tentunya ada beberapa hal wajib yang perlu dipahami. Hal ini selanjutnya akan menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan funnel dalam mengembangkan bisnis yang sedang berjalan.

Dalam suatu bisnis atau usaha maka penting sekali dipahami bahwa pasar merupakan salah satu target yang sangat luas. Dengan memperhatikan target pasar lebih jauh maka sebagai pemilik usaha tentu mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menjangkau konsumen.

Semakin banyak konsumen maka semakin baik juga perkembangan usaha. Oleh sebab itulah pengusaha sangat tentu disarankan untuk mengetahui sistem tersebut, sebagai bentuk kesadaran mengenai panduan strategi dalam memasarkan produk dengan baik kepada semua konsumen.

apa itu sales funnel

Persaingan dunia bisnis tentu semakin ketat, apalagi saat ini pola pemasaran produk telah meluas dan menjangkau banyak media. Sebagai contoh mudah, keberadaan sosial media menjadi salah satu pasar yang sangat luas untuk selalu digunakan dalam menjangkau konsumen baru.

Apalagi jumlah penjual dan pesaing yang juga memasarkan produk di media sosial juga semakin berkembang dengan sangat pesat dan tentunya kompetitif. Inilah alasan penting mengapa sebagai pengusaha Anda wajib mempunyai strategi khusus, salah satunya dengan cara menerapkan Sales Funnel.

Untuk informasi lebih lanjut tentang aspek funnel dalam dunia sales, maka berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipahami.

Apa Itu yang Dimaksud Sales Funnel?

cara kerja sales funnel

Sales funneling adalah beberapa hal terkait cara untuk menjangkau konsumen dengan pola pendekatan yang berbasis karakter pembeli. Secara gampang tujuan dari strategi ini ialah untuk memberikan cara dalam menggaet pelanggan berdasarkan kecenderungannya.

Dengan membaca karakter dari pembeli maka kemungkinan besar penjual akan lebih memahami bagaimana cara untuk memberikan kualitas yang baik. sehingga pembeli akan memutuskan untuk melakukan pembelian secara langsung.

Mungkin bagi Anda yang tengah berkecimpung dalam produk bisnis, seringkali akan menemukan berbagai kendala yang cukup umum para pengusaha rasakan. Yakni jika pembeli telah melihat barang di toko atau secara online akan tetapi hanya sekedar melihat saja tanpa ada tindakan untuk membeli.

Hal inilah yang selanjutnya membuat para pengusaha kebingungan dalam menjalankan bisnis. Bukan kualitas barang yang tidak bagus, akan tetapi pelanggan yang masih belum merasa yakin untuk melakukan pembelian, inilah alasan mengapa sangat penting untuk menerapkan Sales Funnel.

Jika tahapan sales ini bisa terealisasikan maka secara tidak langsung kemungkinan untuk konsumen membeli lebih banyak daripada yang tidak menggunakan sistem tersebut. Hal ini juga yang memberikan alasan penting mengapa Anda harus memahami aspek ini secara menyeluruh.

Cara Kerja Sales Funnel

sales funnel adalah

Melihat kemungkinan besar terjadinya permasalahan tersebut dalam mode penjualan online atau offline maka selanjutnya Anda wajib tahu mengenai mekanisme hingga cara kerjanya. Sehingga bisa diaplikasikan dengan baik sesuai kebutuhan pemasaran.

Sales Funnel memiliki karakteristik untuk membaca kemungkinan dan kecenderungan konsumen dengan lebih detail. Dalam dunia bisnis funneling memiliki empat macam kerucut segitiga yang semakin dasar semakin menjadi spesifik.

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk awak berupa kesadaran konsumen atau awereness. Kemudian dilanjutkan dengan interest atau ketertarikan, lalu kemudian masuk pada tahapan keputusan, hingga mencapai tahapan akhir yakni tindakan.

Keempat aspek tersebut dalam sistem ini tentu harus dilakukan secara bertahap. Hasil akan lebih baik jika sistem dalam pemasaran tersebut dilakukan dengan perlahan dan ketelatenan hingga mencapai tahapan akhir untuk membaca kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian.

Untuk mengaplikasikan empat hal tersebut tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa hal terkait cara yang bisa dilakukan sesuai dengan tahapan dalam melakukan aspek dalam funneling.

Cara Mengaplikasikan 4 Hal Dalam Sales Funnel

tujuan Sales Funnel

Sebagai tahapan awal maka penting untuk disadari bahwa dalam menggunakan sistem sales ini Anda harus mengadakan evaluasi. Sehingga semua tahapan bisa dianggap sukses untuk menuju tahapan berikutnya.

  1. Aspek yang pertama adalah kesadaran atau awereness. Untuk membangun kesadaran akan produk yang Anda jual saat ini bisa dilakukan dengan berbagai macam hal, khususnya menggunakan media sosial.

Dengan adanya media sosial maka konsumen setidaknya akan sadar bahwa ada produk yang Anda tawarkan. Jika beruntung maka konsumen akan langsung membeli produk tersebut, jika tidak maka penting untuk masuk pada tahapan selanjutnya.

  1. Jika kesadaran mengenai produk atau jasa Anda telah diketahui oleh konsumen maka langkah selanjutnya yang juga penting ialah membangun ketertarikan. Untuk membangun ketertarikan maka penjual bisa melakukan banyak.

Dalam tahapan inilah penjual wajib memberikan informasi terkait semua kelebihan dari produk tersebut. Dengan memahami berbagai hal terkait fungsi dan kelebihan dari produk tersebut maka kemungkinan besar untuk melakukan pembelian akan semakin besar.

BACA JUGA: Perbedaan Sales dan Marketing

  1. Jika konsumen mulai merasa tertarik dengan produk tersebut maka besar kemungkinan akan masuk masuk pada tahapan keputusan. Dalam tahapan keputusan ini mungkin pemain akan berada dalam kondisi keraguan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka Anda bisa menawarkan beberapa cara. Misalnya dengan membuat konsumen merasa semakin tertarik sebab ada diskon besar.

  1. Aspek keempat dalam sistem pemasaran funneling ialah pembelian produk. Pada tahapan keempat ini tugas Anda belum sepenuhnya selesai, sebagai penjual produk maka penting bagi Anda untuk memberikan kualitas barang yang berkualitas.

Semua tahapan dalam sistem ini tentu sangat berguna untuk digunakan. Aspek Sales Funnel memang semakin berkembang untuk menjawab kebutuhan pasar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!