Home » Konsep Penjualan: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya dengan Pemasaran

Konsep Penjualan: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya dengan Pemasaran

Sebagai seorang pebisnis pemula Anda harus tahu bedanya konsep penjualan dengan pemasaran. Kedua hal ini memiliki perbedaan dan contohnya.

Proses penjualan itu sendiri adalah salah satu bagian dari konsep pemasaran. Namun sering kali orang menyalah artikan dan menganggap keduanya sama.

Ada seorang pebisnis yang menggunakan konsep pemasaran untuk setiap produknya. Sebaliknya tidak jarang pebisnis menerapkan rancangan lain yaitu penjualan.

Sebelum Anda memilih akan menerapkan yang mana. Kenali terlebih dahulu perbedaan dua hal di atas pada uraian berikut ini.

Daftar Isi

Pengertian Konsep Penjualan dan Pemasaran

Rancangan penjualan itu sendiri ada pada bagian pemasaran produk. Tujuan dari penjualan untuk menjaga bisnis yang sedang dijalankan.

Pemasaran merupakan sebuah proses agar pihak pembeli dan penjual mendapatkan kepuasaan. Pebisnis yang menerapkan hal ini percaya bahwa tujuannya memuaskan pembeli.

BACA JUGA:  Sales Associate Adalah: Manfaat, Kemampuan dan Trik Memilihnya

Bisnis akan berkembang apabila konsumen merasa puas dengan produk tersebut. Tujuannya adalah mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang.

Selain itu pemasaran juga memperhatikan hubungan antara pembeli dengan penjual. Tidak hanya itu, pebisnis yang menggunakan konsep ini mengandung tiga dasar pokok.

Tiga Dasar Pokok Proses Pemasaran dan Contohnya

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai konsep penjualan, ada 3 dasar pokok dalam proses pemasaran. Pertama adalah perencanaan menyesuaikan kebutuhannya dengan pelanggan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!