Home » Promosi Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contoh Promosi

Promosi Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contoh Promosi

Promosi adalah hal penting yang harus dilakukan ketika Anda menjalankan sebuah usaha. Ini merupakan ujung tombak dari keberhasilan penjualan barang maupun jasa yang Anda tawarkan.

Tanpa adanya promosi,maka produk yang dijual tidak akan laku atau penjualannya menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, setiap orang memiliki title sebagai pengusaha harus benar-benar menjalankan proses promosi dengan sebaik mungkin.

Mengenal Pengertian dan Tujuan Promosi

Pengertian dan Tujuan Promosi

Sudahkah Anda mengetahui tentang promosi? Promosi merupakan salah satu istilah menunjukkan aktifitas dalam sebuah pemasaran.

Tujuan dari melakukan kegiatan ini tentu saja untuk membuat penjualan akan menjadi lebih baik lagi. Pengikatan pangkat ini akan diatur dalam struktur organisasi perusahaan.

Dalam dunia pemasaran, promosi dikaitkan sebagai salah satu kegiatan untuk mengembangkan suatu usaha. Usaha dimaksud disini adalah mengembangkan sesuatu produk yang dihasilkan dalam sebuah usaha.

Ini bertujuan untuk memperkenalkan produk dan mempengaruhi mereka untuk menggunakan produk tersebut. Kegiatan ini sangat umum dilakukan oleh para marketer terkait untuk memberikan informasi suatu produk.

Calon konsumen akan melakukan pembelian barang barang maupun jasa ditawarkan oleh perusahaan jika Anda melakukan iklan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini bisa dilakukan secara bervariasi mulai dari pengiklanan, memberikan diskon, maupun memberikan kaos.

Contohnya saja ketika Anda memiliki usaha toko sepatu. Anda bisa melakukan iklan dengan cara memasang iklan diskon sepatu atau pun menginformasikan tentang merk-merk yang dijual di toko Anda.

Jenis-jenis Promosi yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Promosi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya promosi adalah kegiatan dalam mempengaruhi pembeli untuk membeli produknya, teknik ini memiliki jenis yang sangat bervariasi. Berikut beberapa jenis promosi yang seringkali ditemukan di lingkungan masyarakat.

  1. Promosi dengan fisik

Pernahkah Anda melihat pameran pada saat-saat tertentu? Contohnya saja bagi-bagi flyer, brosur, maupun membuka booth.

Ini merupakan jenis promosi yang dilakukan secara fisik. Hal tersebut dilakukan untuk membuat pebisnis bisa menjangkau konsumen dengan melakukan interaksi secara langsung kepada mereka.

Namun, kekurangan dari jenis pameran ini adalah membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga yang tidak sedikit. Lokasinya juga harus ditetapkan dengan sebaik mungkin agar proses mengenalkan produk memberikan hasil maksimal.

  1. Promosi digital

Promosi adalah pengenalan produk yang bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya dilakukan menggunakan media digital.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat cara iklan dilakukan dengan cara berbeda. Cara digital ini dirasa sangat efektif untuk dilakukan karena mudah, murah, serta mempercepat menjangkau banyak orang.

Promosi dengan cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, email, maupun menggunakan mesin pencarian. Meskipun begitu, proses iklan harus dilakukan dengan kreatif agar tingkat keberhasilan menjadi lebih maksimal.

  1. Promosi tradisional

Jenis pengenalan produk satu ini mungkin sudah dilakukan oleh banyak orang. Pengenalan produk dengan cara tradisional contohnya adalah iklan pada media cetak, televisi, hingga menggunakan banner untuk mengenalkan produk.

Iklan ini memiliki keuntungan tersendiri yaitu bisa menjangkau banyak orang dengan waktu yang lebih lama selama iklan tersebut ditampilkan. Kekurangannya adalah biaya menjadi lebih besar dan membengkak.

Sebagai seorang pengusaha, Anda bisa memilih jenis iklan tersebut dengan sebaik mungkin. Jika dilakukan dengan lebih maksimal, maka hasil akan menjadi lebih baik dan memberikan keuntungan bagi Anda.

Contoh Promosi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Promosi

Karena promosi adalah ujung tombak dari keberhasilan, maka proses dalam melakukannya harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Banyak sekali contoh iklan yang sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Promosi penawaran

Ada berbagai macam iklan dengan tujuan berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah untuk melakukan penawaran.

Seringkali Anda lihat bukan beberapa pihak menawarkan iklan seperti menawarkan perumahan dengan hadiah mobil atau motor ketika menang undian. Penawaran ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli rumah.

Iklan penawaran tersebut nyatanya memang akan memberikan nilai tambah. Semakin baik penawaran yang diberikan, maka semakin banyak juga konsumen yang akan tertarik.

  1. Iklan cashback

Promosi adalah hal penting dengan tujuan membangkitkan minat konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan cashback pada konsumen.

Cashback dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau membeli. Cara ini biasanya banyak dilakukan agar konsumen mau membeli pada acara-acara tertentu.

  1. Promosi tester

Jika Anda pernah pergi ke department store, swalayan, bahkan pasar tradisional, terkadang ada seseorang yang menawarkan untuk mencicipi produknya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membuat pembeli menjadi tertarik.

Tester merupakan contoh produk dari barang yang dijual oleh seseorang. Tester ini biasanya ditawarkan dengan penampilan menarik.

Tester biasanya diberikan untuk produk makanan, minuman, minyak wangi, maupun jenis makanan lainnya. Cara seperti ini sangat disukai oleh konsumen.

Tidak sedikit konsumen yang akhirnya tertarik untuk membeli setelah mencicipi tester atau contoh produk yang ditawarkan. Tester akan diberikan secara gratis.

Namun, umpan balik yang diberikan akan mendapatkan feedback luar biasa. Jadi, jenis iklan ini tidak akan pernah merugikan.

BACA JUGA: Fungsi dan Manfaat Buyer Persona dalam Pemasaran Bisnis

  1. Promosi produk baru

Melakukan iklan untuk produk baru biasanya dilakukan oleh pihak rumah makan maupun restoran. Contohnya saja ketika restoran ingin memberikan menu baru seperti makanan terbaru maupun minuman segar.

Biasanya, penawaran ini akan memberikan harga lebih murah untuk produk makanan dan minuman baru. Jadi, tidak sedikit orang yang akan mencoba untuk membelinya.

Secara keseluruhan, iklan alias promosi bisa dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan pelayanan maupun merk dari perusahaan tersebut. Promosi adalah hal penting untuk mengelola anggaran agar mendapatkan hasil maksimal bagi para pebisnis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!