Forecast penjualan merupakan proses memperkirakan pendapatan di masa depan. Dilakukan dengan memprediksi jumlah produk atau layanan yang akan dijual oleh unit penjualan dalam kurun waktu minggu, bulan, kuartal, atau tahun berikutnya.
Singkatnya, forecast itu berupa ukuran yang menggambarkan respon atau kondisi pasar terkait usaha sebuah bisnis. Perkiraan akurat memungkinkan perusahaan membuat keputusan bisnis serta memprediksi kinerja jangka pendek dan jangka panjang.
Perusahaan dapat mendasarkan perkiraan mereka pada data penjualan masa lalu, perbandingan industri secara luas, ataupun dari tren ekonomi. Biasanya akan sederhana untuk perusahaan yang menjalankan bisnisnya.
Menggunakan data bisnis di masa lalu, perusahaan mapan akan punya data cukup yang bisa dianalisis. Beda dengan perusahaan baru berdiri, mereka harus mendasarkan perkiraan pada informasi kurang terverifikasi, seperti riset pasar atau intelijen kompetitif melakukannya.
Keberadaan forecast ini akan memberikan pengetahuan bagaimana harus mengelola sumber daya, tenaga kerja dan arus pendapatan dalam sebuah perusahaan. Selain membantu mengalokasikan sumber daya internal secara efektif, ini penting untuk mendapat investasi.
Pentingnya Forecast Penjualan dalam Bisnis
Dalam perusahaan atau bisnis apapun, cukup penting untuk menghasilkan perkiraan mengenai penjualan secara akurat. Umumnya perusahaan swasta mendapatkan kepercayaan bisnis jika para perkiraan mereka dipercayai investor.