Home » Broadcast Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

Broadcast Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dalam dunia bisnis broadcast adalah salah satu metode promosi yang sering digunakan. Selain menggunakan iklan, broadcast juga dapat dimanfaatkan menjadi media bisnis yang sangat efektif.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah broadcast dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini ternyata sudah dikenal sejak jaman dahulu, broadcast awalnya dikenal dalam dunia penyiaran, seperti halnya televisi atau radio.

Saat ini istilah ini dapat digunakan secara lebih luas pada beberapa bidang, misalnya saja dalam dunia bisnis, terutama marketing. Saat ini media untuk melakukan broadcast lebih banyak, tidak hanya terbatas pada televisi dan radio.

Bahkan, kedua media tersebut saat ini sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih. Kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai broadcast dan perannya dalam marketing.

Memahami Pengertian dari Broadcast Adalah

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung bahwa saat ini istilah broadcast sudah digunakan secara luas. Oleh sebab itu, pengertiannya juga dibedakan menjadi beberapa berdasarkan karakteristiknya.

Di antaranya adalah secara umum, berdasarkan dalam jaringan komputer, dan pada ilmu komunikasi. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya:

  1. Pengertian Secara Umum

Pengertian broadcast secara umum adalah pengiriman data ke beberapa titik tujuan secara bersamaan. Pengiriman tersebut dilakukan tanpa perlu menunggu kesiapan titik yang dituju.

Pada broadcast juga tidak memperdulikan apakah pesan yang dikirimkan diterima atau tidak. Bahkan, pesan tersebut tidak membutuhkan balasan.

Pengertian broadcast lainnya adalah pengiriman sinyal ke beberapa lokasi melalui satelit, radio, atau jaringan telekomunikasi lainnya secara bersamaan. Sederhananya adalah server yang menyebarkan data sekaligus secara paralel.

  1. Berdasarkan Jaringan Komputer

Berdasarkan jaringan komputer, broadcast adalah berkaitan dengan domain, address, dan LOOP. Berikut ini adalah penjelasan masing-masingnya:

  • Broadcast domain, sinyal dari perangkat jaringan yang diketahui oleh beberapa perangkat dalam satu segmen.
  • Broadcast address, alamat yang berisi 1 bit data dan mampu mengirimkannya ke semua perangkat dalam jaringan tersebut.
  • Broadcast storm, merupakan kondisi saat data yang dikirimkan berputar pada jaringan karena adanya kesalahan pada jaringan tersebut.
  • IP broadcast, merupakan IP terakhir yang digunkan pada perangkat tersebut. Sehingga IP tidak dapat digunakan pada perangkat lain.
  1. Berdasarkan Ilmu Komunikasi

Broadcast atau broadcasting dalam ilmu komunikasi berkaitan dengan penyiaran. Penyiaran ini dapat di televisi atau radio karena prinsipkan siaran bisa diterima oleh banyak perangkat dalam satu waktu.

Pengiriman data yang penyiaran ini melalui nirkabel. Tapi, kelancarannya sangat bergantung pada ionosfer untuk kekuatan sinyalnya.

Dalam Marketing Bisnis Peran Broadcast Adalah

Dalam dunia marketing bisnis, broadcast memiliki peranan yang sangat penting. Karena pada dasarnya broadcast merupakan menyebarkan data atau informasi secara serentak, maka hal ini akan berguna pada dunia marketing.

Untuk melakukan broadcast bisnis, Anda dapat menggunakan sosial media, terutama sosial media berkirim pesan. Strategi marketing menggunakan broadcast akan jauh lebih memudahkan pemilih bisnis, berikut ini adalah beberapa peran dan manfaat broadcast dalam marketing bisnis:

  1. Media Marketing Efektif

Pemasaran menggunakan metode broadcast tentunya sangat efektif karena hanya dengan satu pesan bisa dikirim ke banyak pihak. Anda tidak perlu mengirim ke berbagai media dan mengetiknya berulang kali.

Cukup satu kali pesan, Anda bisa mengirimkannya kepada puluhan hingga ratusan kontak di media sosial yang digunakan. Pastikan isi pesannya menarik agar penerima pesan merasa tertarik.

  1. Promosi Menghemat Waktu

Selain efektif, peran dan manfaat broadcast adalah menghemat banyak waktu saat proses promosi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pesan broadcast hanya perlu dikirim sekali ke banyak kontak.

Hal itu akan menghemat waktu dari pada Anda mengirimnya satu-satu ke masing-masing kontak. Bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan metode marketing lainnya.

  1. Memungkinkan Berinteraksi dengan Pelanggan

Melalui sosial media untuk melakukan broadcast, Anda bisa sekaligus berinteraksi dengan calon pelanggan. Mereka bisa mengirimi Anda pesan dan bertanya seputar produk.

Anda juga bisa menjawab berbagai pertanyaan tersebut dengan cepat dan leluasa. Sehingga, akan terjadi interaksi dua arah antara pelanggan dan Anda sebagai penjual.

  1. Media Marketing yang Hemat Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk metode marketing ini sangat hemat. Bahkan, pada beberapa media Anda hanya perlu bermodalkan gadget dan kuota internet.

Anda tidak perlu membayar perusahaan periklanan dan lain sebagainya. Sehingga, cocok untuk Anda yang masih baru merintis usaha bisnis online, terutama online shop.

Media Sosial untuk Marketing Broadcast Adalah

Untuk melakukan broadcast sebagai alat marketing bisnis, Anda perlu memiliki sosial media, terdapat beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan bisnis ini. Media sosial di bawah ini yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, berikut ini adalah daftarnya:

  1. Whatsapp, aplikasi berkirim pesan terbesar di Indonesia ini sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis. Fitur broadcast di dalamnya juga akan memudahkan Anda melakukan promosi secara sekaligus.
  2. Telegram juga memiliki fitur broadcast untuk mengirim pesan sekaligus banyak. Anda juga bisa membuat grup terbuka yang berisi promosi produk.
  3. Line, aplikasi berkirim pesan ini juga sangat efektif untuk mengirimkan broadcast kepada pengguna yang sudah mengikuti Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengirim broadcast secara personal ke banyak akun teman.
  4. Email bisnis menjadi salah satu cara broadcast profesional yang cangkupannya lebih global. Namun, Anda harus memiliki data base alamat email tujuan.
  5. Facebook dengan memanfaatkan fitur grup dan halaman. Anda juga bisa mempromosikan postingan agar cangkupan audiens lebih luas hingga berkali-kali lipat.

Selain aplikasi di atas, masih banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan broadcast. Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan pasar dan efektivitasnya.

Ternyata selain dalam dunia penyiaran , broadcast juga dapat digunakan dalam dunia bisnis marketing. Yang terpenting dalam broadcast adalah harus jelas tujuan pasarnya dan pesan di dalamnya menarik.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!