Home » Pentingnya Data Penjualan untuk Pengembangan Pemasaran Bisnis

Pentingnya Data Penjualan untuk Pengembangan Pemasaran Bisnis

Bahkan jauh sebelum perkembangan marketing semaju sekarang, para pemasar telah membutuhkan data penjualan secara beriringan. Anda tidak dapat unggul dalam penjualan tanpa data dan tidak mungkin memiliki data yang akurat tanpa membuat penjualan sukses.

Meskipun awalnya suatu penjualan harus dimulai tanpa data, seiring waktu dan untuk perkembangan bisnis, dalam rangka meningkatkan tingkat konversi penjualannya. Maka sangat penting terlebih dahulu mengumpulkan dan menganalisis info penjualan sebelumnya.

Jika perusahaan Anda masih baru dan masih awal memulai kampanye penjualan. Ada riset yang bisa dilakukan terlebih dahulu tentang teknik penjualan yang berhasil digunakan oleh perusahaan lain di industri atau pasar sejenis.

Itu penting untuk menentukan pelanggan target yang Anda inginkan. Bahkan sejumlah tip dan trik dari sejumlah ahli di bidang serupa, ini termasuk bagian dari data dengan manfaat besar memulai kampanya nantinya.

Alasan Data Penting dalam Pemasaran

data penjualan adalah

Jika Anda seorang tenaga penjualan baru, kemungkinan besar masih membutuhkan usaha ekstra dan lebih keras untuk mulai melakukan strategi pemasaran. Bagaimana caranya supaya ada kesepakatan dengan pelanggan hingga menghasilkan pembelian.

Tahap awal ini kemungkinanan masih tidak memahami perlunya data dalam penjualan yang sukses. Persepsi bahwa semakin banyak panggilan dilakukan, lebih banyak email terkirim, dan iklan sudah diposting di situs web, maka peluang konversi ikut meningkat.

Sayangnya, banyak tenaga penjualan baru dan berpengalaman memiliki pola pikir ini. Namun, kunci sukses penjualan bukanlah bekerja lebih keras, tetapi bekerja lebih cerdas dan lebih efisien, untuk itu kenapa pengumpulan dan analisis data penjualan sangat membantu.

Demi mencapai penjualan lebih tinggi, itu tidak harus bisnis yang sudah lama beroperasi. Anda bisa melakukan riset atau belajar dari usaha sejenis, dan ketika ini dilakukan, maka berbagai manfaat bisa diperoleh, berupa manfaat berikut ini.

  1. Membuat Segmentasi Pelanggan dan Data

Data dapat membantu Anda mempelajari banyak informasi berharga tentang calon pelanggan. Mulai dari kelompok usia, jenis kelamin, status perkawinan, pekerjaan, lokasi, kebiasaan berbelanja, dan masih banyak jenis lainnya.

Data informasi mempersenjatai Anda karena lebih memungkinkan untuk mengelompokkan pelanggan dengan cara yang dapat mudah diidentifikasi. Bahkan keperluan mengejar pelanggan dalam menghasilkan prospek berkualitas lebih mungkin.

Semakin bagus Anda melakukan segmentasi, maka hasil penjualan tentu ikut membaik dan kemungkinan besar akan dikonversi menjadi penjualan lebih tinggi. Selain itu, data penjualan juga dapat membantu bisnis menghitung nilai umur setiap pelanggan.

Data adalah bahan bakar yang memungkinkan tenaga penjualan untuk fokus pada prospek paling menjanjikan. Ketika segmentasi pelanggan dilakukan secara tepat, maka pelanggan paling menguntungkan bagi bisnis ada pada jangkauan Anda.

Langkah berikutnya bisa lebih praktis dan efektif, atau bisa dibilang proses selanjutnya akan berfungsi secara baik dalam mencapai tujuan pemasaran. Tidak perlu sangat banyak mengirimkan email atau menggunakan semua saluran, namun pilih jenis paling sesuai saja.

  1. Data Memungkinkan Bisnis Menyesuaikan Kebutuhan Pelanggan

Dalam penjualan, retensi pelanggan sama pentingnya dengan menarik pelanggan baru. Bagaimanapun, retensi memang besar manfaatnya namun cukup susah dicapai pemasar, terlebih jika komunikasi tindak lanjut pelanggan sebelumnya mengandalkan satu saluran saja.

Tidak efektif jika Anda hanya menghubungi dan menyesuaikan kebutuhan pelanggan melalui telepon atau email saja. Itu akan sulit bagi tenaga penjualan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan saat ini, di mana akibatnya bisa menyulitkan pemasaran produk/layanan terbaru.

Kebutuhan dan keinginan pasar terus berubah, sehingga keberadaan data penjualan yang tepat sangat membantu menilai kebutuhan pelanggan. Kondisi ini akan memungkinkan perusahaan untuk lebih mengantisipasi masalah pelanggan dan menawarkan solusi terbaik.

  1. Data Menunjukkan Apa yang Mungkin atau Tidak

Bermimpi melakukan penjualan besar tidak salah sama sekali karena dunia bisnis mendorong penetapan tujuan dan harapan tinggi, namun dengan syarat itu harus realistis dan layak. Jika Anda memiliki tujuan penjualan tinggi, maka data penjualan dapat membantu mencapainya.

Data yang sesuai akan memberi Anda wawasan akurat tentang apa keputusan tersebut dimungkinkan atau memang mustahil untuk dicapai. Data menyediakan garis dasar untuk memulai hal paling penting ketika menghasilkan tujuan realistis di awal pemasaran.

  1. Data Mampu Mencegah Keputusan dan Kesalahan

Data lebih dari sekadar menyampaikan angka karena itu juga mengkomunikasikan informasi. Namun, data dapat dengan mudah dimanipulasi dan disalahartikan, seperti tenaga penjualan yang memilih data menguntungkan saja dan mengabaikan data negatif.

Kadang, itu juga bisa menjadi terlalu memperhatikan detail data yang mereka lewatkan, dan melupakan penilaian terhadap gambaran besar tentang keberhasilan atau kegagalan. Baik itu informasi sepihak, positif, atau tindakan lain, dengan data sesuai kesalahan bisa dihindari.

Saat menggunakan data penjualan, penting untuk melihat gambaran keseluruhan, termasuk nilai baik dan buruknya. Penting juga untuk memiliki pandangan data tingkat atas secara luas sehingga ditemukan konteks tepat sesuai strategi penjualan.

  1. Data Digunakan untuk Menjalankan Strategi Penjualan

Data lebih penting untuk penjualan daripada faktor lainnya, karena itu dapat sangat meningkatkan aliran dan konversi di setiap tunnel pemasaran digital. Mulai dari memicu minat audiens target hingga jadi pembeli produk/layanan.

Sebenarnya mungkin saja mencoba menjalankan strategi penjualan yang tidak didasarkan pada data saja. Namun, itu tidak akan seefektif atau seefisien menggunakan analisa data untuk menghasilkan konversi.

BACA JUGA: Contoh Media Promosi Penjualan

Data dapat melakukan banyak hal dalam membantu strategi penjualan, mulai dari mengidentifikasi prospek penjualan yang memenuhi syarat. Hingga membantu perusahaan menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan pelanggan di masa mendatang.

Hasil analisis data dapat berfungsi cukup banyak, mulai dari menarik prospek penjualan yang sangat berkualitas, memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini. Bahkan untuk menghidupkan kembali prospek melalui saluran penjualan atau teknik penjualan khusus.

Intinya, jika Anda ingin meningkatkan efektivitas penjualan bisnis dengan cara cara kerja yang cerdas, bukan sekedar ekstra keras. Belajar lebih banyak mengenai data penjualan serta keterkaitan keduanya akan membantu pengembangan bisnis secara efektif.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!