Home » Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik dan Tujuan Penggunaannya

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik dan Tujuan Penggunaannya

Contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik ini akan sangat dibutuhkan. Lebih-lebih jika Anda baru saja membangun bisnis. Kemajuan serta perkembangan teknologi digital memang membawa berbagai macam perusahaan di seluruh aspek kehidupan.

Di dalam dunia bisnis juga demikian, dulunya kegiatan bisnis hanya mengandalkan tatap muka serta melakukan persetujuan menggunakan dokumen fisik.

Namun sekarang semua bisa dilakukan dengan cara daring lebih-lebih melalui email. Sayangnya banyak yang belum memahami mengenai seberapa penting email bisnis ini mulai dari pemilihan nama hingga pengiriman email dengan profesional.

Bahkan, tidak sedikit email bisnis yang dikirim dengan menggunakan email pribadi, padahal email bisnis sama dengan surat secara formal untuk mewakili lembaga atau instansi tertentu.

Penggunaan Email Bisnis untuk Keperluan Usaha

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Sebelum melihat contoh email untuk kepentingan bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai macam alasan mengapa harus menggunakan email bisnis ketika menjalankan usaha, antara lain:

  1. Untuk memisahkan urusan pribadi serta perusahaan

Penggunaan email yang sama untuk urusan pribadi serta perusahaan tidak diperkenankan, karena urusan tersebut bisa saja tercampur serta membuat Anda kebingungan.

Bahkan, email penting juga bisa tidak terbaca karena timbunan email pribadi yang lain. Sedangkan email khusus bisnis bisa membuat lebih terorganisir dengan baik.

  1. Melakukan komunikasi untuk mewakili perusahaan

Bila akun email yang sekarang ini Anda gunakan merupakan akun pribadi, tentu hal ini tidak menunjukkan kesan jika Anda sedang mewakili perusahaan.

Padahal, ketika membahas pekerjaan, apapun hal yang Anda katakana, Anda sedang mewakili perusahaan sehingga akan lebih baik menggunakan email perusahaan.

  1. Membuat klien lebih percaya

Menggunakan akun email khusus untuk bisnis bisa membuat kepercayaan klien menjadi semakin meningkat. Bahkan, kepercayaan klien meningkat hingga 65% besarnya.

Banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan email bisnis atau email khusus bisnis dibandingkan dengan email pribadi atau email dengan domain gratis.

Bahkan, email bisnis terbukti bisa meningkatkan profesionalitas yang sekarang ini sedang berusaha Anda bangun.

  1. Tidak membutuhkan anggaran yang besar

Banyak yang beranggapan jika berlangganan email bisnis membutuhkan anggaran yang besar, padahal anggaran yang harus dikeluarkan untuk berlangganan email bisnis ini cukup kecil.

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menulis Email untuk Kepentingan Bisnis

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Memang, mengirimkan sebuah email terkesan tidak dianggap sangat penting. Namun hal yang harus diperhatikan adalah satu email yang klien terima bisa memberikan kesempatan baru bagi Anda.

Dengan melakukan pengisian email yang baik dan tepat, hubungan kerja dengan klien bisa menjadi semakin baik. Berikut berbagai macam hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika mengirimkan email, seperti:

  1. Menulis subjek dengan jelas

Penulisan subjek dengan tepat menjadi hal pertama yang harus diketahui ketika menulis email untuk bisnis.

Hindari menulis subjek dengan menggunakan kalimat panjang serta terkesan bertele-tele di bagian subjek email karena bisa membuat email terabaikan.

Contohnya saja, Anda ingin mengirim sejumlah tagihan, Anda dapat mengetikkan kata invoice, beserta dengan nama perusahaan yang Anda miliki.

  1. Perkenalkan diri

Ketika mengirim email tersebut untuk pertama kalinya, Anda harus mengenalkan diri, Anda bisa mengenalkan nama beserta posisi yang Anda miliki di dalam perusahaan tersebut.

Ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan menjadi contoh email untuk kepentingan bisnis yang baik. Memperkenalkan diri merupakan sebuah kesan baik yang akan memberi dampak baik juga nantinya.

  1. Sampaikan hal yang menjadi tujuan Anda mengirimkan email

Penerima email mungkin tidak memiliki banyak waktu ketika membaca email, oleh sebab itu Anda tidak perlu bertele-tele terlalu banyak.

Anda dapat secara langsung menyampaikan tujuan beserta dengan maksud yang Anda miliki mengapa mengirimkan email tersebut. Jangan lupa sampaikan menggunakan Bahasa yang sopan, agar nantinya pembaca dapat mencerna tujuan dan maksud Anda.

  1. Cek kembali sebelum mengirim email

Ketika ingin menekan tombol kirim, lebih baik lakukan pengecekan ulang, apakah terdapat kesalahan di dalam penulisan atau salah menyebut jabatan dan nama. Kemudian pastikan kembali jika alamat yang Anda ketik sudah baik dan benar.

Jika seluruh hal tersebut sudah benar, Anda bisa segera mengirimkan email yang diketik.

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Setelah memahami berbagai macam hal ketika mengirimkan email, berikut contoh gambaran email yang digunakan untuk kepentingan bisnis, antara lain:

  1. Email menawarkan kerjasama

Email menawarkan kerjasama merupakan salah satu bagian dari email marketing. Untuk menulis email yang menawarkan kerjasama, di bagian subjek, Anda dapat mengisi penawaran kerjasama. Kemudian jangan lupa mengisi kepada siapa email ini ditujukan.

Untuk isinya, Anda dapat menulis PT yang Anda miliki kemudian jenis usaha yang Anda geluti, dan langsung memberikan penawaran kerjasama.

Anda bisa menyampaikan berbagai macam kelebihan yang perusahaan Anda miliki seperti harga yang terjangkau, banyak merek yang melakukan kerjasama dengan Anda hingga pembayaran bertempo.

BACA JUGA: Cara Menentukan Target Pasar

  1. Email menolak kerjasama

Contoh email untuk kepentingan bisnis lainnya adalah menolak kerjasama. Untuk menolak kejasama, Anda bisa langsung mengutarakan penolakan tersebut.

Namun, Anda tetap membuka pintu kerjasama di masa mendatang kemudian mengucapkan terima kasih atas penawaran yang mereka berikan.

  1. Undangan meeting

Jika menulis email untuk undangan meeting, Anda bisa menyebutkan keperluan meeting tersebut, contohnya seperti pembahasan lebih lanjut mengenai tawaran kerjasama.

Kemudian, lanjutkan dengan menulis tempat dan waktu meeting tersebut diadakan.

Menulis email untuk kebutuhan atau kepentingan bisnis memang harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai karena Anda melakukan penulisan dengan keliru, kerjasama tidak jadi dilakukan. Oleh sebab itu perhatikan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik di atas.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!