Home » Kerjasama Adalah: Cara Mulai, Sistem dan Manfaatnya dalam Bisnis

Kerjasama Adalah: Cara Mulai, Sistem dan Manfaatnya dalam Bisnis

Apakah Anda sudah tahu bahwa kerjasama adalah kunci sukses dalam membangun bisnis agar lebih baik lagi? Jadi, Anda perlu cari tahu lebih dalam lagi tentang definisinya, sistem yang biasa digunakan, manfaat dari melakukan kerjasama itu dan juga tips suksesnya.

Melakukan aktivitas bisnis akan semakin mudah dilakukan jika memiliki tim khusus atau rekan yang langsung menengahi. Apalagi ketika berbicara soal modal, tidak semua perusahaan dan pemilik bisnis bisa memiliki modal yang cukup untuk menjalankan proyek dan bisnis.

Sehingga agar badan usaha dapat terus dibangun dan bisa dikembangkan lagi, maka bisa saja melakukan kerjasama yang strategis. Namun yang pasti, Anda tidak boleh memilih rekan kerjasama secara sembarang, dan harus fokus kepada keberhasilan bisnis bersama.

Mungkin Anda sudah tahu pengertian dari kerjasama secara umum, namun dalam konteks bisnis, masih jarang yang tahu cara, manfaat, dan cara melakukan kerjasama ini dengan benar. Sehingga informasi ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk berkembang.

Pengertian Kerjasama Dalam Bisnis

Sebelum langsung masuk ke kerjasama itu, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu kerjasama dalam bisnis. Singkatnya, kerjasama itu adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau badan usaha atau lebih untuk melibatkan interaksi antar pihak yang terlibat demi tujuan.

Membangun hubungan bisnis antar pihak yang terlibat demi mencapai tujuan bersama dan meminimalisir risiko adalah hal yang sering dikaitkan dengan kerjasama. Biasanya, ini bisa terjadi karena masalah keuangan, atau ingin menambah pengalaman untuk bisnis.

Keinginan untuk melakukan kerjasama ini bisa muncul ketika salah satu pihak memiliki kesadaran diri untuk bekerja bersama di dalam pengetahuan dan pengalaman. Mereka sadar bahwa untuk menjalankan suatu usaha, ada kepentingan lain agar usaha itu bisa sukses.

Perlu adanya kepahaman juga dari pihak-pihak tersebut dengan menyesuaikan misi dan visi masing-masing. Sehingga dengan ini juga, bisa ditentukan peranan dan sejauh mana sebuah kegiatan usaha bisa masuk dan lebih berkembang lagi untuk mencapai tujuan tersebut.

Cara Sukses Memulai Kerjasama

Kerjasama ini juga sama seperti kegiatan lainnya, jangan sampai karena terlalu fokus untuk bisa bekerjasama, hingga melupakan urusan pribadi. Sehingga, terdapat langkah-langkah yang lebih strategis daripada membuang kesempatan untuk melakukan kerjasama.

Yang pertama biasanya adalah tahap mencari perusahaan atau pengingat bisnis yang memiliki latar belakang yang relevan dengan usaha yang ingin kita kembangkan. Mulai mengirim ide dan tujuan Anda dalam memilih perusahaan itu dan sampaikan juga visi misi kalian.

Sesuaikan visi dan misi tersebut agar bisa memulai kerjasama, karena kedua hal ini harus bersama disepakati dulu untuk bisa melakukan bisnis lebih lancar. Bicarakan saja hingga mengerti tujuan masing-masing dan agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Dengan Anda yang telah mengetahui tujuan, visi, dan misi dari jalannya kerjasama menurut pihak lain, ini akan menjadi kekuatan baru, karena kerjasama adalah kunci sukses. Diskusikan dan petakan lagi di bidang manakah perusahaan tersebut bisa menjalankan kerjasama itu.

Istilahnya adalah bagi peran, karena dalam kerjasama ini semua pihak harus terlibat dalam mengerjakan sesuatu. Jadi, diskusi saja terus hingga mengetahui apa yang tidak bisa mereka atau Anda lakukan, dan coba mencari solusi melalui bertanya satu sama lain.

Selain itu, penting juga agar Anda tahu ekspektasi masing-masing terkait kerjasama yang dilakukan itu. Jangan sampai ada kekecewaan setelah kerjasama tersebut dilakukan, dan ini juga untuk menghindari perselisihan jika kegiatan usaha tersebut tidak sesuai ekspektasi.

Sistem yang Digunakan Pebisnis Ketika Kerjasama

Perlu diketahui juga bahwa kerjasama yang dilakukan itu tidak bisa sembarangan. Pelaku usaha harus tahu juga apa yang harus dilakukan selama kegiatan kerjasama itu berlangsung.

Ini juga bertujuan agar memaksimalkan kegiatan usaha. Berikut sistem kerjasama yang digunakan dalam bisnis:

  1. Sistem Bagi Hasil

Yang pertama adalah dengan sistem bagi hasil atau sharing profit. Ini adalah sistem kerjasama bisnis terbaik yang paling umum digunakan juga, karena dengan sistem ini hanya menentukan besar persentase untuk pendapatan bisnis.

  1. Sistem Peluang Usaha

Sistem ini tidak berbeda jauh dengan franchise, dimana orang menjual brand yang telah dikontrak. Nantinya, pelaku kerjasama itu akan mendapatkan hasil keuntungan berdasarkan apa yang telah mereka jual, tetapi tidak perlu membeli brand itu.

  1. Sistem Kerjasama Franchise atau Waralaba

Sistem kedua yang sering digunakan juga adalah menggunakan franchise, yang mana tidak ada pembagian hasil, tetapi kedua perusahaan ini mendapat apa yang menjadi hak mereka. Sistem franchise ini bisa menggunakan satu nama di tempat berbeda.

  1. Sistem Consignment

Kerjasama adalah yang paling penting ada hubungan bekerja bersama, dan ini berarti kesepakatan juga termasuk dalam kerjasama. Dalam sistem ini, ibaratnya penjual dan pembeli, tetapi si pembeli berhak mendapat untung karena sudah menjualnya.

  1. Build, Operate, Transfer (BOT)

Kerjasama adalah dalam sistem BOT ini meliputi kesepakatan juga, dimana biasa dipakai dalam bisnis properti. BOT ini adalah kemampuan Anda untuk membangun usaha di tanah orang lain dengan menjanjikan keuntungan kepada pemilik tanah.

  1. Joint Venture

Sistem kerjasama terakhir yang juga umum ditemukan dalam kurun waktu tertentu adalah Joint Venture, ini meliputi seberapa besar pembagian dan kesepakatan. Joint Venture ini sendiri lebih sering dengan perusahaan asing sebagai penanam modal.

  1. Merger

Yang terakhir adalah merger, yang artinya adalah akuisisi sebuah perusahaan untuk berkembang, namun dengan menggunakan nama yang sama. Ini biasa terjadi agar pihak yang merger itu dapat menghadapi persaingan pasar yang semakin cepat.

Manfaat dari Melakukan Kerjasama Bisnis

Setelah mengetahui kunci sukses dari kerjasama ini, cara memulai berkontak satu sama lain, sistem yang digunakan, kini adalah saat dimana Anda harus tahu seberapa besar pengaruh dari kerjasama ini. Jadi, dengan menjalankan kerjasama, ini adalah manfaatnya:

  1. Tidak Perlu Mengerjakan Semuanya Sendiri

Dengan bekerjasama, berarti tugas juga akan dibagi, sehingga Anda tidak perlu mengerjakan semuanya sendiri bersama tim perusahaan Anda. Melainkan jadi lebih efektif karena akan dibantu oleh perusahaan yang bekerjasama dengan Anda.

  1. Mendapat Konsumen yang Lebih Luas

Keuntungan pertama ketika melakukan kerjasama adalah bisa merasakan arus datang konsumen yang lebih cepat dari biasanya. Karena ini berarti relasi perusahaan yang kerjasama dengan Anda itu akan digabung, sehingga akan jadi lebih banyak.

  1. Mendapat Bantuan Dana

Yang kedua adalah dana, sebagaimana kita tahu, dana telah menjadi faktor utama orang ingin melakukan kerjasama. Jadi, nanti akan ada saluran dana yang diberikan agar Anda dan bisnis kerjasama tersebut bisa semakin berkembang dan untung.

  1. Mendapatkan Ilmu Baru

Ilmu adalah satu hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Jika ilmu kurang, maka cara dan solusi dalam memecahkan masalah juga tidak akan efektif, sedangkan jika kerjasama akan berdiskusi menurut pengalaman masing-masing.

Bekerjasama mungkin telah menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang, hanya saja jika melihat dalam konteks bisnis masih banyak yang tidak terlalu paham. Singkatnya, kerjasama adalah kunci agar seseorang bisa sukses dalam kembangkan bisnis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!