Home » 5 Ide Usaha Ternak Burung Yang Menjanjikan Di Masa Depan

5 Ide Usaha Ternak Burung Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Beternak burung selain bisa dijadikan sebagai bentuk penyaluran hobi, ternyata juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan yang lumayan besar. Dilihat dari jenis, burung memang memiliki ragam yang banyak. Tidak heran jika sejumlah orang tertarik untuk usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan untuk menambah sumber pemasukan.

Mengingat pasar dari penjualan burung selalu ramai peminat, bahkan hal ini dapat dilihat dari para peternak senior yang masih bertahan. Ditambah lagi dengan banyaknya para pecinta burung yang diketahui semakin meningkat, hal ini dapat dijadikan target pasar yang menggiurkan. Berikut beberapa jenis burung yang memiliki peluang usaha menjanjikan di masa depan:

1. Burung Murai Batu

usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan

Pilihan pertama untuk usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan adalah jenis burung Murai Batu. Dimana burung ini termasuk dalam burung kacau dengan penggemar yang lumayan banyak. Akibat suara siulannya yang khas, menjadikan Murai Baru banyak dicari para pecinta burung kicau serta burung hias.

Secara tidak langsung dengan banyaknya penggemar ini dapat membuka peluang pasar yang menjanjikan dari bisnisnya. Burung ini tergolong mudah dalam hal penangkaran serta harga per ekornya yang lumayan tinggi. Kisarannya mencapai angka 700 ribu rupiah bahkan sampai dengan jutaan rupiah per satu ekor yang sudah masuk kategori gacor.

2. Burung Lovebird

usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan

Nama burung ini memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, terutama bagi para pecinta burung. Dengan ukuran mungilnya serta suaranya yang khas membuat banyak orang tertarik. Bagi orang yang hendak beternak jenis burung ini tidak perlu khawatir tentang modal.

Pasalnya dana awal untuk memulai bisnis ini terbilang relatif murah yakni dengan kisaran 500 ribu rupiah saja. Jenis burung Lovebird memang memiliki harga jual yang lebih rendah jika dibandingkan dengan burung sebelumnya. Yaitu harganya sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah saja per satu ekornya.

3. Burung Kenari

usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan

Meskipun ukuran tubuhnya yang tergolong mini, namun suara kicauan yang dihasilkan oleh burung Kenari termasuk nyaring. Harga pasaran yang dibandrol untuk satu ekor burung Kenari sebesar 50 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah.

Jangan salah, beternak burung ini tergolong susah-susah gampang. Mengingat salah satu kesulitannya yaitu ketika melatih burung supaya bisa berkicau dengan indah. Dengan memiliki suara terbaik dapat meningkatkan harga jual burung tersebut di pasaran.

4. Burung Jalak Suren

usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan

Pilihan lain untuk ternak burung yang peluang pasarnya lumayan menjanjikan adalah Jalak Suren. Bahkan menurut penjelasan peternak menyatakan bahwa omzet yang bisa diperoleh melalui beternak burung ini mencapai nominal belasan hingga puluhan juta rupiah.

Untuk harga pasar yang ada per ekornya bisa antara 500 ribu sampai dengan 1 juta rupiah bagi yang sudah masuk usia dewasa. Sedangkan untuk yang masih tergolong anakan umumnya dijual dengan harga 350 ribu rupiah.

BACA JUGA:

5. Burung Ciblek

usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan

Tidak jauh berbeda dari jenis burung Lovebird, burung Ciblek ini juga cukup berpeluang besar untuk dijadikan ladang bisnis. Mengingat burung ini termasuk mudah diternakkan serta mudah pula dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia. Dikarenakan memang termasuk burung ternak, harga yang dibandrol pun juga standar dan tidak terlalu mahal.

Harga berkisar antara 60 ribu sampai dengan 150 ribu rupiah per ekor. Akan tetapi jika burung sudah banyak dilatih dan mahir dalam berkicau, harganya pun bisa baik hingga mencapai 300 ribu rupiah per satu ekor.

Itulah ulasan mengenai 5 jenis usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan dengan prospek pasar yang lumayan bagus. Pembahasan di atas bisa menjadi pilihan bagi pengusaha yang ingin beternak burung untuk dijadikan lahan bisnis. Tentunya dengan memperhatikan jenis serta harga yang ada di pasaran. Mengingat setiap burung memiliki harga jual yang tidak sama satu dengan lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!