Home ยป Bisnis Sarang Walet, 5 Langkah Mudah Menjalankannya bagi Pemula

Bisnis Sarang Walet, 5 Langkah Mudah Menjalankannya bagi Pemula

Bisnis sarang walet menjadi usaha yang begitu menjanjikan untuk dilakukan. Sebab untung yang bisa diraup darinya begitu besar. Namun dapat dilakukan dengan modal usaha yang tidak terlalu tinggi.

Apalagi di jaman sekarang lahan untuk mencari pekerjaan sudah semakin sempit. Ditambah dengan kondisi perkembangan ekonomi Indonesia yang makin terpuruk. Membuat usaha seperti ini makin marak.

Banyak pemuda berpikir keras guna bisa membuka lapangan pekerjaan agar menambah uang untuk awalnya. Namun kini lahan pekerjaan dibuka guna membantu sesama yang kesulitan mencari pekerjaan.

Apakah Anda termasuk salah satu dari pemuda tersebut? Minat untuk membuka bisnis sarang wallet demi mencapai tujuan mulia tersebut. Jika iya tidak perlu kawatir akan sulitnya memulai bisnis.

Kami akan beritahu bagaimana cara memulai hal tersebut secara lengkap. Pasalnya memulai sesuatu itu tidak semudah apa yang dikatakan orang. Memulai usaha perlu modal, sarana, prasarana dan kemampuan.

5 Langkah Bisnis Sarang Walet bagi Pemula

Ilmu seperti ini akan membantu Anda guna lebih piawai dalam memulai usaha. Jadi meski masih pemula dalam bidang aspek seperti ini. Anda akan diarahkan lebih terarah dan rapi.

Untuk menjalankan bisnis sarang wallet Anda harus siapkan banyak hal. Semua itu demi membuat sarang menjadi berkualitas bagus dan berkuantitas banyak. Langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut.

  1. Modal usaha uang, tempat, dan tekat

Hal pertama jelas adalah urusan modal, ketika Anda tidak mempunyai hal ini. Tentu sulit untuk memulai proses ini. Dimana uang jelas perlu untuk menjalankan biaya operasional, bibit, dan lain sebagainya.

Untuk modal uang kebanyakan disamakan dengan tempat. Namun Kami bedakan hal itu karena mungkin saja Anda yang minat sudah memiliki tempat. Tempat ini harus luas dan tinggi.

Lalu untuk tekat perlu juga karena seorang bisnis sarang walet pasti butuhkan mental baja. Ketika pertama kali mencoba pasti akan alami rugi bahkan bangkrut. Jadi perlu untuk bangkit kembali kemudian.

  1. Pembuatan fasilitas

Kedua, fasilitas menjadi penting karena bagaimanapun walet tidak akan bisa berkembang biak tanpanya. Buat sebuah rumah kosong dengan desain lubang diatas sebagai pintu masuk.

Lalu buat kerangka kayu kuat sebagai tempat merekatnya sarang. Untuk ketinggian tidak terbatas karena semakin tinggi semakin bagus. Bisanya dibuat dalam bentuk rumah tingkat.

Umumnya pemilik usaha akan membuat dalam ukuran 10×10 meter. Dimana ketinggian bisa sampai puluhan meter dengan harapan walet masuk dengan mudah kepadanya.

  1. Pemeliharaan atau operasional

Namanya juga memelihara burung walet untuk berkembang biak didalam gedung Anda. Sudah jelas ketika Mereka berkembang biak, rawat dengan sebaik-baiknya agar betah disana.

Selalu cek dan berikan makan secara berkala. Biasanya satu minggu sekali petani akan memberikan pakan disana. Kebanyakan gunakan kroto sebagai pakai alami Mereka.

Bahkan ada pula petani yang sediakan tempat khusus untuk bayi dari burung sebelum bisa terbang sendiri. Ini merupakan pilihan bukan opsi yang harus Anda lakukan.

  1. Suhu dan Kelembaban Udara

Hal ini juga perlu Anda pelajari sebab ini akan membuat nyaman tidaknya burung. Bisnis sarang walet jika tidak memperhatikan suhu kelembaban tidak bertahan lama.

Sebab suhu merupakan penentu walet bisa berkembang biak atau tidak. Disarankan pertahankan suhu diantara ruangan lebih dingin sedikit antara 24-26. Lalu kelembaban lebih baik 80 persen dari umumnya.

  1. Hama, Penyakit dan Masa Panan

Selanjutnya Kami singkat saja menjadi satu bagian dari 3 langkah. Dimana hama harus diperhatikan lagi karena ini menentukan kelangsungan hidup hewan usaha Anda.

Usahakan selalu berikan pelayanan terbaik dengan membersihkan gedung secara berkala. Berikan juga kapur barus untuk melawan hama. Lalu penyakit hanya perlu berikan obat pada minuman burung.

Sedangkan masa panen biasanya petani sukses melakukannya 3 bulan sekali. Dengan sistem panen seperti ini akan lebih banyak hasilkan sarang.

Cukup menarik dan menjanjikan sebab semuanya bisa dilakukan meski tanpa pengalaman. Sehingga ini bukan saatnya rebahan di kamar untuk membayangkan kesuksesan. Buat kesuksesan sendiri bahkan melalui bisnis sarang walet Anda.

error: Content is protected !!