Home » 23+ Ide Usaha Sampingan yang Menjanjikan Dengan Cuan Melimpah

23+ Ide Usaha Sampingan yang Menjanjikan Dengan Cuan Melimpah

Ada banyak jenis usaha di luar sana yang bisa Anda pilih meskipun Anda masih seorang karyawan, mahasiswa atau ibu rumah tangga. Namun, Anda mungkin berpikir, usaha sampingan seperti apa yang harus dimulai.

Kabar baik untuk Anda.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa ide usaha sampingan yang bisa Anda mulai hari ini.

Daftar Ide Usaha Sampingan

Ada banyak usaha sampingan yang bisa Anda coba, ini di antaranya:

  • Membuat Blog

usaha sampingan karyawan

Blogging adalah pilihan tepat bagi Anda yang senang bekerja keras dan suka dengan dunia kepenulisan. Melalui blog, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dari iklan atau pemasaran afiliasi. Memang terdengar mudah, tapi semua butuh waktu.

Anda juga bisa menulis e-book, memulai podcast, atau menjual akses ke konten. Jadi, mulai sekarang, berpikirlah di luar kebiasaan dan berikan solusi unik dan menarik dengan tulisan Anda.

  • Copywriter

Ide Usaha Sampingan

Peluang usaha sampingan karyawan yang cocok bagi Anda yang suka menulis konten kreatif dan menarik. Buat tulisan berkualitas yang dapat menghipnotis pembeli sehingga mampu meningkatkan penjualan. Baik itu berupa informasi, iklan maupun konten berita.

Termasuk membangun traffic website, memahami ketentuan berbagai media sosial, dan melakukan pengamatan. Ide usaha ini akan sangat dibutuhkan di masa depan.

  • Guru Bimbel

Usaha Sampingan mahasiswa

Guru bimbel seringkali menjadi usaha sampingan mahasiswa yang sangat menguntungkan bahkan memuaskan. Karena tidak hanya penghasilan, Anda juga bisa sekalian banyak belajar sebelum benar-benar selesai kuliah.

Anda bisa memilih keluar rumah atau cukup bimbel online dari rumah. Jika tertarik, daftarkan diri Anda melalui guruonline.id, ruangguru, id.jooble.org, lesprivateq, latiseducation, superprof, dan masih banyak lagi.

  • Asisten Virtual

Usaha Sampingan di rumah

Virtual Assistants (VA) bertugas memberikan bantuan administratif kepada pengusaha dan profesional. Cocok untuk Anda yang unggul dalam pemecahan masalah yang berorientasi pada detail.

Awalnya akan dijadwalkan pertemuan, kemudian Anda akan menangani panggilan telepon, membalas email, mengelola akun, entri data sampai melakukan penelitian.

Jadi, fokus pada keahlian Anda untuk memperoleh feedback dari klien dan dapatkan perusahaan yang terpercaya. Untuk ini Anda hanya perlu membuat media sosial dan situs web. Mulailah dari platform seperti Fiverr, Upwork, LinkedIn, Freelancer.com, Kerja Keras, Zirtual, dan FreeeUp.

  • Investasi Real Estate

usaha sampingan yang sangat menjanjikan

Ternyata real estate juga bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Anda bisa mulai dengan investasi properti secara pasif dan terus berperan aktif dalam real estate.

Cari perusahaan yang memberi Anda akses ke real estat komersial dengan modal kecil.

  • Tempat Penitipan atau Perawatan Hewan Peliharaan

usaha sampingan tanpa modal

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang menyenangkan untuk mendapatkan uang tambahan. Namun ingat, ini pilihan bijak bagi mereka yang suka dan memahami hewan peliharaan.

Jika Anda merasa demikian, tawarkan jasa Anda di lingkungan terdekat, atau melalui situs dengan membuat profil online. Maka bukan sekadar hiburan yang Anda dapatkan, tapi penghasilan tambahan yang lumayan.

  • Menjual Karya Seni

usaha sampingan tanpa modal

Punya kreativitas yang menjual? Mengapa tidak mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang menghasilkan uang lumayan? Apapun kreasi Anda, baik itu berupa handmade, desain, atau gambar, tawarkan di tempat jual beli yang tepat.

  • Fotografer Online

usaha sampingan tanpa modal

Hobi fotografi? Maka Anda memiliki peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari foto yang Anda koleksi. Jangan hanya dibiarkan dan cukup dinikmati sendiri.

Jual saja secara online dan biarkan foto Anda menemukan peminatnya sendiri.

Tempat terbaik untuk menjual foto secara online: Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, iStockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, 500px, Alamy atau melalui website Anda sendiri.

  • Bisnis Catering

usaha sampingan 2

Anda sangat suka dan bakat memasak? Ingatlah, tidak sedikit keluarga di luar sana yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu membuat masakan yang sehat dan enak.

Ini peluang bagus untuk Anda yang kini hanya sibuk di rumah. Bantu para profesional itu dengan masakan Anda. Apabila tidak ada yang mengecewakan, promosi dari mulut ke mulut akan sangat membantu.

  • Menjahit

usaha sampingan

Bingung usaha sampingan di desa yang bisa dilakukan dari rumah? Apakah Anda punya keterampilan menjahit? Jika iya, tawarkan diri Anda.

Sebagai pemula tawarkan dari mulut ke mulut atau tingkatkan juga pendapatan dengan membuka kursus online.

  • Dekorator Musiman

usaha sampingan 4
teriordesign.id

Siapa bilang dekorator sudah tidak dibutuhkan lagi. Sementara tidak sedikit bisnis lokal maupun pengecer, yang kerepotan membuat dekorasi untuk mempersiapkan acara tertentu.

Bila diperlukan, buka juga layanan lanskap supaya lebih besar pendapatan yang bisa Anda hasilkan.

  • Youtuber atau Selebgram

usaha sampingan

Anda pemikir yang kreatif? Mulai dengan saluran youtube atau instagram. Jika konten video Anda menarik banyak perhatian penonton, Anda berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar. Bahkan bisa lebih dari pendapatan Anda selama ini.

Ciptakan ide konten sesuai keinginan dan kemampuan Anda, selama mematuhi pedoman dan kebijakan Youtube. Ini bisa menjadi loncatan juga bagi Anda untuk menjadi selebgram dan menghasilkan pendapatan yang lainnya.

  • Membuat Toko Online

usaha sampingan

Banyak orang yang mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan online ini. Peluang masih terbuka lebar selama Anda berani bersaing dan tampil dengan solusi yang berbeda dan unik.

Memang sangat mudah dimulai, tapi tetap Anda harus membuat strategi jitu untuk menjadi sukses dengan toko online Anda. Pelajari terus bagaimana toko online Anda menghasilkan banyak pengunjung dan pembeli sehingga memaksimalkan keuntungan.

  • Jasa Sewa

usaha sampingan

Jenis usaha sampingan bagi pemula dan tanpa modal. Mungkin Anda memiliki sesuatu yang bisa digunakan dan jarang orang yang memiliki atau memang sedang dibutuhkan beberapa orang.

Contohnya seperti games terbaru, peralatan olahraga, gadget, tas branded, motor, mobil, gaun, peralatan naik gunung atau yang lainnya. Lumayan jika barang yang tidak selalu Anda pakai tersebut bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

usaha sampingan

Salah satu ide bisnis sampingan karyawan yang sangat mudah untuk dijalankan. Caranya, Anda hanya perlu menjadi perantara pembelian antara pelanggan dan pemasok.

Jadi tidak perlu ada persediaan, karena pemasok yang akan melakukan pengiriman kepada pelanggan. Menariknya, Anda bisa memulai usaha ini tanpa modal sedikitpun. Cukup dengan HP yang Anda miliki sekarang.

usaha sampingan

Menjadi affiliater, memberi Anda peluang menghasilkan pendapatan pasif layaknya blogging. Di sini tugas Anda hanya mengarahkan audiens kepada perusahaan yang menawarkan produk atau layanan melalui link yang sudah Anda cantumkan.

Saat terjadi transaksi, maka ada komisi untuk Anda dari perusahaan tempat Anda mendaftar program afiliasi. Tidak harus berupa blog, Anda juga bisa mencantumkan link di postingan instagram Anda.

Untuk itu, bangun pengikut di akun instagram Anda kemudian miliki keterampilan pemasaran yang tepat. Setelah sejumlah daya tarik Anda dapatkan, buat alur kerja Anda menjadi lebih efisien namun dengan untung besar.

  • Barbershop

usaha sampingan

Jika Anda ahli dalam potong rambut, manfaatkan waktu luang Anda untuk membuka layanan barbershop. Siapkan semua peralatan lengkapnya dan sediakan ruangan yang nyaman.

Usung konsep yang menarik dengan tetap mengikuti trend, maka barbershop Anda akan menarik banyak pengunjung. Terlebih jika Anda membuka usaha ini di lokasi yang strategis.

  • Jasa Desain Grafis

usaha sampingan

Anda memiliki latar belakang pendidikan desain grafis dan mencari cara usaha sampingan dengan menjadi desain grafis? Ini memang pekerjaan yang sangat fleksibel karena Anda bebas menentukan jam kerja Anda.

Namun tidak hanya itu, kemajuan teknologi terjadi dengan cepat dan Anda harus selalu mengikuti perkembangannya. Buat portofolio hasil desain Anda sendiri sebagai modal menarik perhatian klien.

  • Penerjemah

usaha sampingan

Melirik usaha sampingan tanpa modal lainnya? Perhatikan apakah Anda ahli dalam beberapa bahasa atau hanya satu bahasa asing. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, jadilah penerjemah.

Tawarkan kemampuan Anda secara online untuk menjangkau klien yang lebih luas. Bahkan Anda juga bisa menjadi tutor bahasa asing melalui pertemuan secara online.

  • Menjadi FB/IG Ads Advertiser

usaha sampingan

Inilah usaha sampingan modal kecil dan tidak membutuhkan begitu banyak waktu dan tenaga. Anda hanya perlu ahli dalam pemasangan iklan di Facebook atau Instagram.

Kenapa menjanjikan?

Karena Instagram adalah platform yang jauh lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak audiens.

  • Pengembang Web

usaha sampingan

Sebagian besar orang yang terjun dalam usaha ini, memulai dengan mempelajari cara membuat kode. Dalam bisnis ini, tugas Anda adalah mempercepat pembuatan situs website.

Untuk itu, kuasai semua tentang Ruby, HTML, Python, CSS, dan Javascript. Setelah itu, bangun portofolio yang menarik lalu tawarkan pada klien.

  • Menjual Makanan atau Minuman

usaha sampingan

Camilan selalu menjadi teman paling setia bagi kebanyakan orang. Baik itu pebisnis, pelajar, atau apapun profesinya, bahkan selalu menarik minat berbagai kalangan.

Kenapa Anda tidak memanfaatkan peluang ini dengan membuat camilan sehat sampai camilan pedas atau mungkin minuman kemasan. Tidak hanya secara offline, media online juga bisa menjadi tempat bagi Anda untuk berpromosi.

  • Menjual produk Daur Ulang

usaha sampingan

Mencari usaha sampingan di rumah modal kecil yang juga ramah lingkungan? Ciptakan kreasi semenarik mungkin dari barang bekas. Perhatikan lingkungan Anda dan temukan barang bekas apa yang sering terbuang sementara masih bisa dimanfaatkan.

Munculkan kreativitas tinggi Anda sehingga banyak orang yang terpukau dengan hasil tangan Anda. Anda bisa lihat, sudah banyak orang yang berhasil dengan memanfaatkan barang bekas dan membuatnya menjadi sesuatu bernilai jual tinggi.

  • Menjual Tanaman Hias

usaha sampingan karyawan pabrik

Dengan bakat dan kerja keras, Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Cukup dari rumah, Anda bisa merawat tanaman hias untuk kemudian dijual.

Selain sebagai usaha sampingan modal kecil, tanaman hias juga merupakan hasil dari hobi yang menyenangkan. Anda bisa menciptakan lingkungan hijau di rumah yang sekaligus menghasilkan cuan. Cocok untuk PNS atau ibu rumah tangga.

  • Membuka Layanan PPOB

usaha sampingan

Jasa pembayaran online, PPOB (Payment Point Online Banking), mencakup berbagai jenis tagihan rutin. Seperti pembayaran listrik, telepon, air, internet dan sebagainya dalam satu tempat.

Untuk menjalankan usaha ini, siapkan modal sebagai saldo dan temukan vendor penyedia PPOB yang tepat. Jika perjalanan keuangan usaha ini Anda kelola dengan baik, usaha Anda akan bertahan dalam waktu lama.

Usaha sampingan yang mana yang menarik perhatian Anda? Pastikan pilihan Anda memang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki sehingga Anda hanya membutuhkan perkembangan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!