Home ยป IMC Adalah: Pengertian dan Tujuan Integrated Marketing Comunication

IMC Adalah: Pengertian dan Tujuan Integrated Marketing Comunication

IMC adalah suatu sistem pemasaran terpadu yang harus dilakukan oleh pihak marketing atau media pemasar dalam suatu bisnis. Penggunaan layanan IMC ini secara tidak langsung bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pelayanan komunikasi periklanan terpadu.

Persaingan dalam dunia bisnis ini memang secara tidak langsung penting untuk menjadi perhatian langsung. Sebab perkembangan bisnis memang sangat kerap sekali mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga penting bagi semua pembisnis untuk berinovasi.

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan ialah dengan meningkatkan sistem pemasaran dan penjualan. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi aspek penting, sebab dengan sistem pemasaran yang terpadu dan tentunya terintegrasi maka bisnis akan bisa lebih bertahan.

Secara tidak langsung kapasitas untuk bisa mendapatkan dan menjangkau pelanggan lebih besar juga menjadi alasan mengapa perbaikan dalam sistem pemasaran juga sangat penting menjadi instrument penting. Keberadaan IMC adalah untuk menjawab semua hal tersebut.

Media pemasaran saat ini tentunya sangat Beragam dengan berbagai jenis dan metode yang berbeda-beda. Akan tetapi point penting yang harus dilakukan ialah bahwa semua strategi dalam layanan promosi tersebut harus terintegrasi secara terpadu dalam satu aturan umum.

Hal ini semakin penting dilakukan untuk menjadikan semua layanan dalam aspek ini memiliki satu tujuan yang sama. Jika komunikasi dalam pemasaran tidak berlangsung dengan baik atau terpadu maka secara tidak langsung akan berdampak pada aspek penilaian pelanggan.

Terlepas dari beberapa pertimbangan diatas. Maka berikut ini adalah aspek penting untuk memberikan penjelasan terkait IMC tersebut sebagai media komunikasi terpadu dalam pemasaran.

Pengertian Umum dari IMC Adalah

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah bahwa kapasitas untuk bisa meraih hasil terbaik dalam layanan ini ialah memahami apa pengertian dari IMC itu sendiri. Secara garis besar IMC merupakan singkatan dari Integrated Marketing Comunication.

BACA JUGA:  Apa Itu Point Of Sales? Berikut Mekanisme Kerja dan Manfaatnya

Atau secara lebih singkat ialah bahwa IMC merupakan sistem komunikasi dalam pemasaran yang terintegritas atau terpadu. Komunikasi yang terpadu ini secara tidak langsung bisa memberikan fungsi terbaik bagi semua pemasaran untuk lebih memahami tujuan iklan tersebut.

Iklan sendiri dalam suatu pemasaran terbagi dengan media yang berbeda-beda. Mulai dari media pemasaran secara langsung seperti personal selling atau bahkan melalui media cetak atau media virtual, semua media tersebut tentunya harus memiliki komunikasi yang sama.

Tujuan dari sistem ini tentu untuk menyamakan visi penjualan menjadi lebih terpadu dan juga sat tujuan. Sehingga secara tidak langsung semua pelanggan bisa memahami secara utuh apa yang menjadi maksud dari pemasaran tersebut dan menghindari kesalahpahaman.

Tujuan dari Sistem IMC Adalah

Hal selanjutnya yang penting untuk diperhatikan dalam marketing adalah sistem komunikasi. Bahwa keberadaan sistem komunikasi pemasaran yang terintegritas ini memilki berbagai macam tujuan yang penting dipahami.

Sehingga secara tidak langsung pertimbangan untuk menggunakannya akan lebih meningkat. Setidaknya dibawah ini merupakan tujuan dari sistem komunikasi marketing yang terintegritas.

  1. Tujuan pertama dari adanya IMC adalah untuk memberikan kualitas informasi terpadu kepada semua pelanggan terkait perusahaan atau bisnis. Dengan adanya IMC ini maka perusahaan memiliki branding yang jelas melalui berbagai media yang digunakan.

Selain itu pemasaran yang dilakukan akan memiliki kesan konsisten dalam aspek pemberian informasi. Sehingga hal ini mampu menjadi objek bagi setiap bisnis untuk mudah dipahami dan dimengerti oleh semua calon pelanggan.

  1. Tujuan kedua dari adanya sistem ini ialah untuk meningkatkan brand awareness. Artinya dengan komunikasi yang konsisten dan selalu sama maka secara tidak langsung pelanggan akan melihat hal tersebut sebagai salah satu kelebihan.

Hasilnya maka semua pelanggan akan memiliki anggapan bahwa bisnis tersebut siap untuk berkembang. Dan secara tidak langsung sangat memiliki prospek untuk bertahan di tengah persaingan global.

  1. Tujuan dari adanya IMC juga akan mencakup hubungan baik antara pihak perusahaan sebagai penyedia produk dan pihak pelanggan sebagai konsumen. Dengan adanya hubungan yang baik tersebut maka secara tidak langsung ada kedekatan emosional.
BACA JUGA:  Apa Itu Forecast Penjualan dan Pentingnya Dalam Pengembangan Bisnis

Kedekatan emosional tersebut secara tidak langsung penting untuk menjadi bahan pertimbangan setiap pembisnis untuk melakukan pola dari sistem tersebut. Hasilnya tentu untuk memberikan kualitas penjualan yang terus meningkat dan berkualitas.

  1. Tujuan terakhir yang tentunya bisa menjadi pertimbangan mengenai sistem tersebut ialah dengan melihat sejauh mana biaya yang harus dikeluarkan. Dengan adanya IMC maka secara tidak langsung pihak perusahaan akan meneka biaya yang cukup banyak.

Sebab semua komunikasi yang dilakukan telah berjalan dengan baik dan tentunya terpadu. Aspek lain seperti campaign atau promosi lain tidak perlu dilakukan sebab pola IMC sudah bisa membuahkan hasil maksimal.

Media yang Biasa Digunakan Dalam IMC Adalah

Hal terakhir yang bisa menjadi konsen penuh dalam penerapan sistem IMC merupakan media yang akan digunakan. Sebagai salah satu solusi untuk menjangkau pasar yang terpadu maka ada beberapa media khusus dan seringkali digunakan untuk kepentingan layanan pemasaran.

Beberapa media yang digunakan dalam penerapan tersebut tentunya terbagi dalam beberapa jenis. Jenis pertama ialah iklan, penggunaan iklan tentunya menjadi aspek umum yang biasa digunakan dalam menerapkan pola strategi pemasaran.

Ikan sendiri biasanya terbagi dalam beberapa media, mulai dari cetak, elektronik, hingga media sosial. Semua informasi dalam media tersebut dilakukan secara terpadu sehingga kualitas iklan juga akan berkualitas sesuai target utama penjualan.

Selain penggunaan iklan ada juga media lain yang bisa digunakan missal seperti public relationship dengan pendekatan personal atau kelompok. Pertimbangan media lain dalam IMC adalah event hingga penggunaan direct selling.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!