Home » Remarketing Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tips Meningkatkanya

Remarketing Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tips Meningkatkanya

Remarketing adalah salah satu cara atau strategi marketing untuk meningkatkan penjualan dalam digitalisasi marketing. Strategi ini sudah banyak digunakan oleh pembisnis besar yang ingin meningkatkan penjualan atau meningkatkan branding perusahaan.

Mungkin Anda sudah mengetahui bentuk dari marketing ini seperti apa namun merasa asing dengan istilah remarketing. Untuk mengetahui penjelasan mengenai apa itu remarketing dan bagaimana manfaatnya serta bagaimana cara kerjanya simak rinciannya berikut ini.

Pengertian dari Remarketing Adalah Sebagai Berikut

Remarketing merupakan satu strategi untuk mengkoneksikan setiap orang dengan aplikasi atau ecommerce ketika dia berinteraksi dengan situs di Google. Ringkasnya remarketing itu ketika Anda mencari sesuatu di sebuah e-commerce, misalkan produk kesehatan.

Kemudian Anda melakukan penelusuran di Google tiba-tiba muncul iklan produk kesehatan yang baru saja Anda cari di Google. Inilah namanya remarketing di mana iklan yang akan diberikan adalah hasil dari riwayat penelurusan Anda di marketing pengiklan.

Pasti Anda sudah pernah mengalami hal tersebut, beginilah caranya sebuah brand atau produk meningkatkan penjualan setiap bulannya. Strategi marketing ini menggunakan tool dari Google ads untuk menampilkan iklan di halaman Google atau Facebook ads di sosial media.

Ada tiga tahapan kenapa sebuah produk itu bisa menjadi remarketing, pertama ketika pengguna mengunjungi sebuah situs atau ecommere Anda. Kemudian pengguna akan diberi tagged with cookies dan selanjutnya secara otomatis ditambahkan ke dalam daftar target sasaran.

Selain itu Google ads atau Facebook juga akan menampilkan iklan sesuai dengan kebiasaan dari pengguna internet. Misalkan untuk pengguna yang menyukai fashion secara otomatis Google akan menyesuaikan iklan fashion untuk pengguna tersebut.

Biasanya dalam menggunakan strategi marketing bisnis malah mengeluarkan banyak modal namun hasilnya tidak maksimal. Remarketing adalah salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Remarketing merupakan salah cara terbaik untuk memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan memaksimal digitalisasi marketing. Karena remarketing ini menggunakan layanan Google yang merupakan perusahaan besar dan pasti sudah terjamin hasilnya.

Manfaat dari Adanya Remarketing Adalah

Penggunaan strategi marketing agar lebih memfokuskan pada kesukaan pengguna ini pastinya mempunyai banyak sekali manfaat. Bahkan sudah terbukti penerapan remarketing ini dalam meningkatkan penjualan dari berbagai perusahaan bisnis, simak berikut manfaat remarketing.

  1. Meningkatkan Jangkauan Pelanggan

Hanya bermodalkan orang numpang lewat saja dalam website Anda mereka sudah secara otomatis menjadi target dari strategi remarketing. Sebuah studi mengatakan bahwa biasanya orang itu ketika mengunjungi sebuah website toko atau ecommerce mereka hanya pilih-pilih sebentar saja.

Setelah itu pergi meninggalkan website Anda padanya jika tampilnya kurang menarik. Namun menggunakan strategi remarketing maka orang-orang yang hanya sebentar singgah di website Anda bisa mendapatkan kembali iklan di manapun mereka berada.

  1. Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Remarketing adalah strategi yang berfokus pada pelanggan yang tadinya sudah pergi dari website Anda dan membuat mereka tidak lupa pada produk Anda. Karena mereka akan melihat kembali produk anda di halaman website yang sedang mereka telusuri di Google.

Sehingga akan terjalinlah sebuah hubungan yang berkelanjutan dari produk Anda dengan pelanggan. Dari sinilah pelanggan akan cenderung selalu teringat pada brand Anda dan kemudian muncullah peluang yang besar untuk melakukan transaksi.

  1. Meningkatkan Ketepatan Iklan

Secara otomatis layanan dari Google ads sebagai penyedia layanan iklan akan memberikan produk yang disukai oleh calon pelanggan. Biasanya mesin Google akan menyesuaikan kebiasaan dan kesukaan dari pelanggan sebelum menampilkan iklan kepada mereka.

Hal ini dapat menjadi salah satu keunggulan dari Google ads yang bermanfaat untuk pelanggan dan penjual. Dengan menargetkan calon pelanggan yang lebih sesuai dengan kebiasaan mereka kemungkinan target melakukan transaksi akan semakin besar.

Tips Memaksimalkan Strategi Remarketing Adalah

Sebelum melakukan strategi remarketing ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, memanfaatkan strategi remarketing juga harus melalui perencanaan matang. Simak berikut ini dua tips utama untuk memaksimalkan strategi remarketing agar lebih efektif dan efisien.

  1. Lakukan Analisis

Sebelum membuat iklan di mana pun sebaiknya Anda harus melakukan sebuah analisis awal. Produk apa yang Anda buat, target marketing apa saja yang Anda butuhkan lengkap mengenai spesifikasi target sasaran marketing Anda.

Mulai dari analisis umur, jenis kelamin, sampai tentang kebiasaan atau hal apa yang target inginkan. Karena peluang ada pada kebutuhan orang lain, dengan memanfaatkan kebutuhan orang lain bisa menjadi peluang dalam menjalankan bisnis.

Akan lebih baik lagi jika Anda mempunyai tim khusus strategi perencanaan dalam analisis marketing ini. Dengan begitu perencanaan marketing dan analisis terhadap data-data iklan yang sudah pernah Anda buat bersama tim akan lebih terstruktur dengan baik.

BACA JUGA: Apa Itu Insight dan Apa Manfaatnya Untuk Pemasaran

  1. Batasi Frekuensi Iklan

Jika iklan muncul terlalu sering atau terlalu banyak juga akan mengganggu pelanggan Anda. Selain itu penggunaan iklan yang terlalu berlebihan malah akan membuat budget over dan mengganggu kestabilan arus kas bisnis.

Anda harus mempunyai batasan frekuensi iklan yang ditayangkan kepada pelanggan agar tidak menganggu kenyamanan mereka. Juga mengatur dan merencanakan dengan baik kapan dan berapa kali melakukan iklan dalam sebulan, lakukan juga perencanaan anggarannya.

Dalam perencanaan iklan harus diperhatikan dengan baik seperti waktu posting iklan tersebut. Misalnya pada waktu-waktu di mana traffic sedang tinggi pada malam hari atau weekend.

Memang dalam melakukan remarketing itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun bisa dipastikan hasilnya juga lebih maksimal dalam strategi marketing. Remarketing adalah salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan layanan Google yang pintar dan mendapat target sasaran yang tepat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!