Home » Storytelling Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Dalam Dunia Kerja dan Bisnis

Storytelling Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Dalam Dunia Kerja dan Bisnis

Storytelling adalah sebuah kata yang mungkin sudah sering Anda dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan namanya ini merupakan kegiatan menyampaikan sebuah cerita kepada orang lain.

Akan tetapi ternyata untuk melakukan storytelling dengan baik dibutuhkan kemampuan tersendiri. Tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.

Banyak orang yang belum menyadari bahwa storytelling sangat berguna, terutama jika dalam hal pekerjaan. Ada banyak hal yang yang mungkin akan membantu sebuah perusahaan atau bisnis dengan kemampuan storytelling yang baik.

Dengan kemampuan storytelling Anda bisa menarik seorang pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun, untuk memiliki kemampuan storytelling yang baik bisa dikatakan tidak mudah.

Anda harus memiliki kemampuan untuk memberikan informasi kepada orang lain dengan cara yang tepat. Di era modern seperti saat ini, ada banyak sekali profesi yang menuntun seseorang memiliki kemampuan menyampaikan sesuatu dengan baik kepada para calon pelanggan.

Oleh karena itu, menguasai teknik storytelling yang baik bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk memberikan nilai lebih ketika Anda akan memasuki dunia kerja. Banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang hebat dalam menyampaikan pesan kepada orang banyak.

Storytelling Adalah? Berikut Pengertian yang Perlu Dipahami

Tidak sedikit orang yang masih belum memahami definisi dari Apa itu story telling. Secara sederhana storytelling dapat diartikan sebagai proses menggabungkan cerita dan fakta untuk disampaikan kepada orang lain supaya orang tersebut tertarik dengan apa yang kita sampaikan.

Secara tidak langsung, kemampuan story telling yang baik dapat membuat seseorang menjadi tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Ini merupakan hal wajib dan penting bagi seseorang yang berprofesi sebagai seorang marketing.

Teknik ini dapat Anda gunakan ketika menawarkan produk kepada para calon customer. Anda juga dapat menggunakan teknik ini ketika berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor.

Storytelling adalah salah satu teknik terbaik Ketika Anda ingin mempengaruhi seseorang. Oleh karena itu jika Anda ingin pendapat Anda didengarkan oleh atasan atau rekan kerja maka bisa menggunakan teknik storytelling yang baik.

Tidak semua orang memiliki kemampuan mempengaruhi seseorang. Hanya orang-orang yang mampu berkomunikasi dengan baik dan menyampaikan segala sesuatunya dengan tepat yang mungkin akan membuat seseorang tertarik dengan apa yang dikatakannya.

Dalam hal bisnis kemampuan dalam storytelling juga sangat penting. Ini akan sangat berguna bagi Anda jika ingin memulai sebuah bisnis agar bisa menarik perhatian banyak calon customer.

Alasan Kemampuan Storytelling Sangat Penting untuk Dimiliki

Ada banyak alasan mengapa storytelling sangat penting untuk dikuasai bagi Anda yang ingin memasuki dunia kerja. Ketika memasuki dunia kerja tentunya Anda akan dihadapkan pada ada berbagai macam kepentingan.

Salah satu kepentingan yang mungkin Anda butuhkan yaitu adalah berkomunikasi dan membangun hubungan yang baik baik dengan rekan kerja ataupun customer. Storytelling adalah salah satu metode yang dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan keduanya.

Salah satu alasan kuat mengapa Anda harus menguasai storytelling yaitu adalah ini akan sangat berguna untuk membangun koneksi dengan rekan kerja atau audiens. Dengan menggunakan teknik storytelling yang baik Anda bisa mempengaruhi rekan kerja untuk menerima saran atau masukan yang Anda berikan.

Selain itu storytelling adalah salah satu trik yang sangat ampuh untuk mempengaruhi konsumen. Biasanya konsumen akan lebih tertarik dengan marketing bertema cerita yang menyentuh ke dalam sebuah perasaan.

Sebagai contoh, Anda sedang berjualan baju. Kemudian Anda membuat iklan yang menceritakan perjuangan seorang ibu untuk membelikan baju baru kepada anak-anaknya.

Selain itu, storytelling juga merupakan salah satu metode yang sangat ampuh untuk memberdayakan para pekerja. Dengan menggunakan teknik ini, Anda bisa menyampaikan berbagai macam hal kepada para karyawan dengan baik.

Sebagai contoh, Anda ingin menjelaskan ide Anda untuk sebuah bisnis tertentu. Jika Anda menjelaskan dengan teknik storytelling yang baik mungkin akan menjadi lebih mudah diterima dan dipahami oleh para audiens.

Storytelling Adalah Skill yang Sangat Bermanfaat Dalam Dunia Profesional

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika teknik Kemampuan untuk menyampaikan cerita kepada orang lain dengan baik sangat penting dalam dunia kerja. Berikut beberapa pekerjaan yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan storytelling yang baik.

  • Content writer

Salah satu profesi yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan storytelling yang baik yaitu adalah content writer. Sebagai seorang content writer sudah seharusnya memiliki ide-ide kreatif dalam menyampaikan sebuah pesan kepada para audiens.

Anda Harus memiliki kemampuan menyampaikan sebuah pesan baik berupa berita ataupun informasi kepada audiens dengan baik. Ini merupakan salah satu hal yang sangat penting agar tulisan yang Anda buat, bisa menarik seseorang untuk membacanya.

  • Copywriter

Seorang copywriter dituntut untuk bisa menyusun sebuah kata atau kalimat untuk keperluan marketing sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang copywriter menguasai skill storytelling yang baik.

Storytelling adalah salah satu cara untuk mempengaruhi seseorang yang sangat efektif. Sebagai seorang copywriter tentunya harus membuat sebuah kalimat atau kata-kata yang bisa mempengaruhi seseorang untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

  • Blogger

Profesi lain yang mungkin sangat membutuhkan skill copywriting yang baik yaitu adalah blogger. Sama halnya seperti content writer seorang blogger juga harus mampu menyajikan sebuah tulisan yang menarik bagi para pembacanya.

Cara Menjadi Storyteller yang Baik

Storytelling adalah salah satu kemampuan seseorang untuk menyampaikan sebuah cerita kepada orang lain dengan baik. Oleh karena itu untuk menjadi seorang storyteller yang baik tentunya tidak mudah.

Ada beberapa cara atau teknik yang harus dikuasai untuk menjadi seorang storyteller yang baik. Berikut beberapa cara untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dengan cara yang tepat.

  • Mengenali target audiens

Hal Pertama yang harus dilakukan yaitu adalah mengenali audience target. Ini merupakan hal yang sangat penting ketika Anda ingin menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain.

Dengan mengetahui target audience, Anda bisa menyusun sebuah kata-kata atau kalimat dengan bahasa yang tepat. Tentunya ketika bercerita kepada orang lain harus disesuaikan dengan kemampuan atau tingkat pendidikan masing-masing orang.

BACA JUGA: Teknik Pitching Untuk Mempengaruhi Konsumen

  • Buat pesan inti yang ingin disampaikan

Salah Satu hal yang harus dikenali dari awal yaitu adalah pesan apa yang ingin disampaikan kepada audiens. Anda harus tahu pokok dari cerita yang ingin Anda sampaikan.

  • Tentukan call to action

Salah satu hal yang sangat penting yaitu adalah mengetahui apa yang ingin kamu dapatkan dari cerita yang kamu sampaikan kepada orang lain. Sebagai contoh, kamu ingin membuat seseorang membeli produk tertentu.

Anda harus membuat sebuah alur cerita yang membuat seseorang menjadi lebih tertarik dan penasaran dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan mengetahui apa yang ingin Anda dapatkan dari mendengar akan sangat berguna bagi Anda untuk menyajikan cerita yang terstruktur.

Dalam dunia pekerjaan storytelling merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Storytelling adalah salah satu kemampuan yang banyak digunakan untuk berbagai macam profesi dalam dunia kerja.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!