Home » Testimoni Adalah: Ini Pengertian, Manfaat dan Tips Mendapatkannya

Testimoni Adalah: Ini Pengertian, Manfaat dan Tips Mendapatkannya

Testimoni adalah sesuatu yang mungkin sudah tidak asing bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia marketing. Akan tetapi, sebagian orang awam masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah testimoni yang biasa terlihat pada website layanan jasa atau produk tertentu.

Perlu Anda ketahui, Testimoni merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting ketika Anda menawarkan sebuah layanan jasa atau produk. Dengan adanya testimoni biasanya seorang calon customer akan menjadi lebih percaya.

Karena, orang-orang cenderung akan lebih percaya jika mendengarkan review langsung dari para pembeli sebelumnya. Karena ketika mendengarkan review dari pemilik usaha tentunya secara logika pemilik usaha akan memberikan review yang bagus.

Sepertinya tidak ada satu orangpun yang memberikan review jelek untuk usahanya sendiri. Pastilah setiap orang memberikan review yang baik Jika ditanya mengenai kualitas dari barang atau jasa yang ditawarkan.

Testimoni adalah sesuatu yang bisa dikatakan cukup sederhana akan tetapi sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Misalkan saja ketika Anda berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada, sebuah testimoni akan sangat mempengaruhi minat pelanggan.

Jika toko Anda memiliki testimoni yang jelek biasanya orang-orang akan cenderung berpikir dua kali ketika akan membeli. Akan tetapi jika toko Anda mendapatkan testimoni atau review yang baik, pembeli akan merasa lebih yakin ketika tertarik dengan barang yang Anda jual.

Testimoni Adalah? Berikut Pengertian Lengkapnya

Tidak sedikit orang yang masih belum tahu mengenai istilah dari testimoni. Secara sederhana testimoni dalam dunia pemasaran dapat diartikan sebagai penilaian dari para konsumen yang telah membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa.

Sebagai contoh, Anda membeli sebuah produk kecantikan dari toko kosmetik secara online. Setelah produk sampai Anda memberikan penilaian mengenai pengalaman Anda berbelanja di Toko tersebut pada menu ulasan.

Ulasan atau review yang Anda berikan tersebut merupakan sebuah testimoni. Di mana Anda menjelaskan mengenai pengalaman melakukan pembelian produk kecantikan pada sebuah toko online.

Testimoni tentunya bentuknya bermacam-macam. Anda bisa melakukan penilaian pada kualitas produk, kualitas layanan, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang harus menjadi catatan ketika akan memberikan testimoni adalah jangan menjatuhkan toko. Pastikan setiap ulasan yang Anda berikan merupakan sebuah fakta.

Karena Terkadang ketika Anda memberikan sebuah ulasan jelek kepada sebuah toko online maka bisa berakibat sangat buruk bagi toko tersebut. Oleh karena itu, tindakan memberikan sebuah ulasan tidak sesuai dengan kenyataan merupakan hal yang tidak patut untuk dilakukan.

Bahkan beberapa orang melakukan cara curang untuk menjatuhkan lawan bisnisnya. Salah satu hal yang paling umum dilakukan yaitu adalah dengan membeli produk dari pesaing.

Kemudian memberikan review buruk untuk mempengaruhi pelanggan lainnya. Cara seperti ini jelas sangat tidak dibenarkan, sangat disarankan jika Anda harus bersaing dalam sebuah bisnis maka bersainglah dengan cara yang sehat.

Manfaat Testimoni Dalam Dunia Bisnis

Testimoni adalah sesuatu yang sangat berguna dalam dunia bisnis, ini merupakan salah satu strategi marketing sederhana dan juga gratis. Biasanya para calon customer akan merasa ragu untuk membeli produk yang belum memiliki testimoni dari orang lain.

Itulah mengapa, sangat penting untuk memiliki sebuah testimoni yang baik dari customer. Dengan memiliki testimoni yang baik, ini akan memberikan dampak positif terhadap usaha Anda, berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh testimoni.

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Salah Satu hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan ketika akan membeli sebuah produk baru yaitu adalah review atau testimoni dari orang lain. Biasanya orang-orang akan merasa yakin ketika melihat review yang baik dari orang lain.

  • Media Pemasaran yang gratis

Keuntungan selanjutnya dari testimoni adalah bisa dijadikan sebagai media pemasaran yang gratis. Untuk mendapatkan sebuah testimoni Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, dan karena biasanya akan diberikan secara cuma-cuma dari pelanggan Anda.

  • Bahan Materi iklan

Ketika Anda kebingungan untuk mendapatkan materi iklan baik di media sosial atau iklan berbayar lainnya, testimoni bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Cukup dengan membagikan testimoni sebagai iklan, sudah mampu menarik perhatian calon pembeli.

  • Sebagai bahan evaluasi

Testimoni yang diberikan oleh konsumen juga merupakan bahan yang sangat baik Untuk melakukan evaluasi. Karena tentunya ketika mendapatkan penilaian buruk dari pelanggan pasti ada sebabnya.

Dari penilaian buruk tersebut Anda bisa melakukan evaluasi untuk kedepannya. Ini sangat berguna bagi bisnis Anda ada agar tidak mendapatkan testimoni yang buruk dari pelanggan-pelanggan selanjutnya.

Tips Untuk Mendapatkan Testimoni Positif dari Konsumen

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya testimoni adalah sesuatu yang sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan testimoni positif dari para konsumen.

  • Berikan layanan terbaik

Salah satu hal yang akan sangat mempengaruhi penilaian konsumen yaitu adalah pelayanan yang Anda berikan. Oleh karena itu ketika pelanggan datang ke toko pastikan bahwa pelanggan tersebut dilayani dengan baik.

Ini juga berlaku jika Anda berjualan secara online. Jika ada pelanggan yang bertanya melalui chat, pastikan untuk menjawab dengan cepat.

Biasanya para pelanggan online akan sangat suka ketika dilayani dengan cepat. Ketika Anda meninggalkan kesan positif biasanya orang-orang akan memberikan penilaian yang positif juga setelah membeli produk Anda.

  • Berikan hadiah atau bonus terhadap konsumen untuk memberikan testimoni positif

Cara selanjutnya untuk mendapatkan testimoni yang positif dari pelanggan yaitu adalah memberikan hadiah atau bonus. Anda tidak perlu memberikan bonus dalam jumlah yang terlalu besar yang terpenting adalah Anda menghargai setiap testimoni yang diberikan.

  • Menanggapi testimoni negatif dengan kata-kata yang sopan

Ketika Anda mendapati seorang konsumen memberikan testimoni negatif maka jangan membalasnya dengan kata-kata yang kasar. Coba tanyakan apa masalahnya mengapa memberikan testimoni negatif dan coba diajak berdiskusi dengan memberikan solusi penyelesaian yang saling menguntungkan.

BACA JUGA: Teknik Storytelling dan Manfaatnya Dalam Dunia Pemasaran

Testimoni Adalah Sesuatu yang Sangat Penting Dalam Bisnis

Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis atau usaha tertentu pastikan untuk bisa mendapatkan testimoni yang baik dari para konsumen. Ketika Anda mendapatkan testimoni yang buruk tentunya akan sangat mempengaruhi calon pelanggan selanjutnya.

Salah satu kunci kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis yaitu adalah marketing. Marketing memang terlihat sederhana akan tetapi ada banyak hal kompleks di dalamnya.

Jika Anda pelajari hampir setiap perusahaan besar pasti memiliki strategi marketing nya masing-masing. Tidak sedikit perusahaan besar yang mengeluarkan uang banyak untuk membayar orang yang handal dalam dunia marketing.

Ini membuktikan jika marketing adalah hal yang sangat luar biasa dan tidak boleh dilupakan atau dipinggirkan ketika ingin sukses dalam membangun sebuah bisnis. Ini merupakan salah satu alasan mengapa testimoni yang merupakan bagian dari marketing menjadi sangat penting.

Sebagai contoh saja, hampir setiap perusahaan dan selalu berusaha meningkatkan pelayanan agar mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen. Testimoni adalah salah satu senjata yang ampuh untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa dari bisnis yang Anda lakukan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!