Home » Digital Marketing, Pengertian, Contoh dan Strategi Terbaik Menjalankannya

Digital Marketing, Pengertian, Contoh dan Strategi Terbaik Menjalankannya

Sekarang ini kemajuan teknologi sudah sangat masif, dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan yang didukung dengan teknologi salah satunya adalah digital marketing. Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan dunia digital dan juga internet.

Tujuannya tentu mempercepat semua pergerakan yang dilakukan di dalam dunia pemasaran. Karena sekarang ini kegiatan pemasaran di Indonesia masih lebih banyak menggunakan metode offline, sehingga hasilnya belum terlalu maksimal.

Teknologi Digital Marketing untuk Bisnis

digital marketing adalah

Materi digital marketing ini sebenarnya sudah sering digaungkan, hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Hal pertama yang perlu dipahami dalam digital marketing ini adalah pemanfaatan teknologi yang maksimal.

Tentunya pemanfaatan teknologi ini meliputi semua platform yang sering digunakan untuk bisa menarik perhatian pelanggan seperti media sosial, iklan, email, dan masih banyak lagi. Selain itu teknologi juga membantu dalam proses memaksimalisasi seluruh saluran digital yang digunakan.

Jadi teknologi digital marketing untuk bisnis memang sudah mulai digiatkan mengingat ini sudah masuk industri 4.0. Sebenarnya perlu diketahui kalau digital marketing ini sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia bisnis, karena memang digital marketing ini sudah ada sejak tahun 1990.

Penggunaan ini tentunya perlu digiatkan mengingat kegiatan bisnis sekarang ini tidak hanya berorientasi offline saja, melainkan sudah merambah ke online. Jadi dunia seperti ini harusnya sudah bukan menjadi barang baru lagi karena sudah memberikan banyak contoh dan keunggulan.

Contoh Digital Marketing

contoh digital marketing

Seperti yang dikatakan tadi kalau contoh digital marketing ini sebenarnya sudah ada banyak di sekitar kita, hanya saja memang jarang yang mau mulai memanfaatkannya. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti takut biaya yan tinggi, ataupun tidak terlalu familiar dengan metodenya.

Padahal digital marketing ini tidak terlalu sulit dipahami, dan juga jauh lebih efektif dibanding marketing offline. Oleh karena itu di sini akan diberikan terlebih dahulu contohnya supaya masyarakat bisa lebih memahami dengan baik, dan kemudian mulai menerapkan semuanya.

1. Penggunaan Sosial Media

Contoh yang pertama adalah menggunakan sosial media sebagai tempat untuk melakukan kegiatan promosi. Sosial media ini dinilai sebagai salah satu sarana yang paling cepat, dan paling mudah dalam pemanfaatannya karena tidak terlalu membutuhkan banyak uang.

Selain itu ada banyak cara yang bisa digunakan juga di sosial media, seperti memposting foto dan promosi ke akun bisnis, endorsement, dsb. Oleh sebab itu penggunaan sosial media ini merupakan contoh sekaligus teknik marketing digital yang wajib dicoba.

2. Pembuatan Website

Supaya bisa terlihat lebih professional, maka website merupakan salah satu contoh dari pemasaran digital yang bisa dicoba. Karena melalui website, tidak hanya pelanggan saja yang bisa melihat produk yang dimiliki oleh perusahaan tapi juga klien.

Dengan website juga bisnis akan lebih mudah untuk dijangkau, karena dari situ pelanggan dapat melihat portofolio perusahaan, produk, promosi, dsb. Apalagi website juga bisa diolah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik perusahaan supaya lebih professional.

3. Memanfaatkan SEO

Bisa dibilang ini adalah kunci dari segala kegiatan digital marketing yang dilakukan. Karena SEO bertujuan agar website atau apapun yang dibuat oleh konsumen di internet dapat ditemukan dengan mudah oleh sistem mesin pencari.

Sebenarnya ada dua tipe yakni SEO, dan SEM. Namun sebagai permulaan tidak ada salahnya untuk menggunakan SEO terlebih dahulu karena SEO tidak berbayar, dan hasilnya juga sudah lumayan untuk yang baru memulai.

4. Memasang Iklan di Halaman Online

Bagi yang memiliki dana lumayan, dan ingin agar produknya lebih cepat dilihat maka tidak ada salahnya untuk mulai memasang iklan di halaman internet. Karena dengan menggunakan cara yang satu ini akan lebih mudah dalam menjangkau konsumen.

Apalagi kalau memasang di halaman internet yang memang memiliki banyak pengguna seperti instagram atau facebook, maka konsumen yang terjaring akan lebih banyak. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menggunakan teknik yang satu ini juga kalau dananya sudah cukup.

5. Pemasaran dengan Menggunakan Email

Mungkin banyak yang berpikir kalau ini cara lama, padahal cara ini tergolong mudah, murah, dan masih sangat efektif digunakan sampai sekarang. Karena, semua orang pasti membutuhkan email untuk membuat sesuatu di internet.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengirimkan pemasaran yang dimiliki seperti penawaran produk, promosi, dsb melalui email. Karena karakter yang dimiliki oleh email juga tidak terbatas seperti sosial media lainnya.

6. Video Marketing

Terakhir menggunakan video marketing, yang dinilai sebagai salah satu cara ampuh dalam memasarkan produk. Karena tidak semua orang memahami tulisan tentang pemasaran produk yang diberikan, jadi video kadang dibutuhkan.

Pembuatan video marketing ini juga tidak terlalu sulit, jadi siapa saja bisa membuatnya. Asalkan isinya jelas, dan tepat dengan sasaran maka pasti target konsumen bisa langsung mengerti dan memahami isi video.

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Tentunya dalam menjalankan kegiatan ini diperlukan yang namanya strategi, yang pastinya bertujuan agar kegiatan ini dapat berhasil. Tenang saja strategi yang diperlukan tidak terlalu sulit, jadi pengguna tidak perlu khawatir.

Menentukan Titik Awal Digital Marketing

Banyak orang yang meremehkan hal ini, padahal menentukan titik awal dari digital marketing sangatlah penting. Kebanyakan pengusaha tidak mengerti bagaimana cara melakukkannya, karena tidak bisa menentukan  KPI (key performance indicator). 

Untuk melakukannya, maka penting untuk bisa memahami terlebih dahulu apa yang sedang terjadi di lingkungan usaha. Pada bagian inilah riset pasar akan mengambil peranan yang sangat penting.

Karena dengan melakukan riset pengusaha bisa mengetahui apa yang dicari oleh konsumen, dan mengetahui pergerakan kompetitornya. Dengan begitu menentukan titik awal digital marketing menjadi lebih mudah.

Menyusun Strategi

Dalam menyusun strategi ini tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Seperti mengukur performa dan efektivitas strategi, budget, dsb.

Respon audiens dan juga calon konsumen terhadap iklan yang dilakukan juga perlu untuk dipertimbangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan KPI, misalnya melihat jumlah audiens di website, dsb.

Untuk melakukan kegiatan ini sebenarnya sudah banyak platform yang tersedia seperti google analytics. Jadi menyusun strategi ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Memanfaatkan Sosial Media dengan Maksimal

Sudah memiliki sosial media yang mumpuni, rasanya sangat sayang apabila hal itu tidak dimanfaatkan dengan benar-benar optimal. Apalagi memanfaatkan sosial media dengan optimal bukanlah sesuatu yang sulit, dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sosial media ini hadir tidak hanya untuk membuat konsumen mengenal produk yang dimiliki oleh perusahaan saja. Lebih dari itu sosial media bisa digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen supaya dapat terjalin dengan erat.

Jadi dengan begitu, konsumen akan merasa kedekataan yang terjalin dengan perusahaan adalah hubungan yang special dan tidak akan pindah ke lain hati. Akhirnya selain mendapatkan konsumen baru, sosial media juga dapat bermanfaat untuk mempertahankan konsumen yang lama.

Menentukan Tujuan Digital

Sebenarnya tujuan utama dari digital marketing tidak berbeda jauh dengan marketing yang awam dilakukan. Jadi langkah untuk menentukan tujuan ini adalah terlebih dahulu menentukan tujuan mengapa bisnis ini dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan proses ini tidak bisa dijadikan sebagai langkah yang berdiri sendiri, karena tujuan utamanya adalah mendukung tujuan bisnis yang dimiliki. Penting untuk diketahui bahwa tujuan ini sangat luas cakupannya dan tidak hanya penjualan saja.

Secara garis besar terdapat tiga tujuan utama yaitu penjualan, penarikan ketertarikan konsumen (Brand awareness), dan juga tingkat engagement. Sehingga penting untuk sedari awal menentukan tujuan digital.

Menentukan Prioritas

Dalam digital marketing ada yang namanya channel digital dan biasanya banyak yang bertanya apakah ada channel digital tertentu yang harus diproitaskan dibanding yang lainnya. Menentukan hal tersebut sebenarnya didasari oleh lokasi dari bisnis tersebut.

Karena ada beberapa bisnis yang cocok dengan channel seperti media sosial, namun ada juga yang masih cocok untuk menggunakan email. Namun salah satu yang bisa digunakan hampir semua bisnis adalah search engine.

Search engine ini merupakan channel yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis lama maupun bisnis baru. Pemanfaatan dari channel ini akan memberikan banyak keuntungan terhadap penggunanya, karena SE itu seperti salah satu hal terpenting dalam pencarian di dunia digital.

Membangun Hubungan dengan Konsumen

Konsumen memegang peranan penting terkait dengan keberhasilan hal ini, jadi jangan inginnya selalu untung saja tanpa memikirkan bagaimana hubungan yang terjalin dengan konsumen. Lakukan pendekatan tidak hanya saat ingin menawarkan produk saja.

Hal ini bertujuan untuk mempertahankan konsumen  yang lama, dan juga menjaring konsumen yang baru. Tentu saja semakin banyak konsumen, maka akan membuat branding product menjadi lebih baik dan jangkauan menjadi luas.

Oleh karena itu jangan sampai malas untuk membangun hubungan dengan konsumen, dan hanya menghubungi saat sedang ingin melakukan promosi saja. Tetap lakukan dengan baik, dan buat konsumen menjadi nyaman.

Tugas Digital Marketing

tugas digital marketing

Sebenarnya digital marketing ini memiliki tugas yang tidak terlalu sulit. Hanya saja memang dibutuhkan kesabaran, dan juga ketepatan strategi untuk memastikan kalau digital marketing ini berjalan sesuai dengan keinginan.

  • Pertama adalah seorang digital marketing harus mampu merancang dan merencanakan kegiatan marketing berbasis digital yang paling sesuai dengan perusahaannya. Tujuannya agar kemungkinan berhasil lebih besar.
  • Membuat konten yang menarik supaya dapat mendapatkan lebih banyak perhatian konsumen.
  • Memperhatikan sosial media yang dimiliki apakah sudah menjangkau target pasar sesuai dengan keinginan  atau belum.
  • Melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari, dan mengoptimalkan SEO dengan tepat serta semaksimal mungkin.
  • Mendapatkan seorang affiliate marketer apabila memang dibutuhkan supaya proses pemasaran dapat lebih cepat, dan dapat menjangkau lebih banyak lagi konsumen.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sebenarnya tugas digital marketing ini bukanlah sesuatu yang sulit. Tapi memang dibutuhkan sebuah ketelatenan, dan tidak hanya itu saja dibutuhkan juga seseorang yang update dalam hal ini.

Karena strategi pemasaran digital ini berkaitan dengan kehidupan manusia yang cenderung berubah-ubah. Oleh karena itu jangan sampai konten yang ditawarkan merupakan konten lama dan haruslah yang terbaru.

Dengan begitu barulah digital marketing dapat diterima dengan baik oleh konsumen dan juga masyarakat. Hal ini sebenarnya berkaitan juga dengan strategi yang tadi dibahas sebelumnya untuk menemukan jenis pemasaran digital apa yang baik.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!