Home » Paid Per Click Adalah: Pengertian dan Kelebihannya, Publisher Wajib Tahu

Paid Per Click Adalah: Pengertian dan Kelebihannya, Publisher Wajib Tahu

Paid per click adalah salah satu sumber penghasilan bagi Anda yang saat ini tengah mengelola website. Meski terkesan sama dengan pay pe click, keduanya jelas hal yang sangat berbeda.

Sebagai seorang blogger atau pengelola website pribadi, Anda bisa mendapatkan uang dari internet. Sumber penghasilannya adalah dari iklan yang dimuat pada halaman website Anda atau sponsorship.

Iklan dalam dunia website terdiri dari beberapa jenis, misalnya adalah berdasarkan impresi, berdasarkan klik, atau bahkan berdasarkan pengunjung yang membeli barang atau jasa. Jenis-jenisnya juga dibedakan.

Ada iklan biasa yang sering Anda lihat pada website umum. Ada juga iklan affiliate yang merupakan program kerja sama antara pemilik website dan pemilik produk atau jasa.

Tapi di antara semua sumber penghasilan dari website, paid per click menjadi favorit para blogger. Hal ini dikarenakan beragam kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan jenis iklan lain.

Mengenal Pengertian Paid Per Click Adalah

Paid per click merupakan besarnya biaya yang dibayarkan kepada publisher, jika ada pengunjung mengklik iklan di websitenya. Sederhananya adalah harga satu klik dari iklan yang ada di website.

Bayaran per klik iklan ini tidak selalu sama setiap waktu. Sebab, harganya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Jenis Produk dalam Iklan

Jenis produk dalam iklan menjadi salah satu faktor besar kecilnya harga paid per click. Ada produk yang memiliki harga per satu klik tinggi dan ada juga bernilai rendah.

Beberapa jenis iklan bernilai tinggi di antaranya adalah iklan asuransi, iklan trading, game online, dan lain sebagainya. Kebanyakan mereka menawarkan jasa yang memiliki risiko di dalamnya.

Sayangnya sebagai pemilik website, Anda tidak dapat menentukan jenis iklan yang muncul. Sebab, iklan ini akan disesuaikan berdasarkan algoritma tertentu.

  1. Jenis Iklan

Faktor lain yang mempengaruhi harga paid per click adalah jenis iklan pada website. Jenis iklan dibedakan menjadi iklan display, in article, side bar, dan lain sebagainya, setiap jenis iklan tersebut memiliki harga yang berbeda.

Biasanya, iklan in article memiliki harga yang lebih tinggi karena banyak dilihat oleh audiens dan lebih menarik. Kemungkinan di kliknya juga tinggi, sehingga pengiklan rela membayar mahal agar audiens pada bisnisnya semakin banyak.

  1. Negara Pengunjung

Sumber klik dari setiap negara juga memiliki harga yang berbeda. Klik dari luar negeri cenderung memiliki harga yang jauh lebih besar dibandingkan klik dari Indonesia.

Oleh sebab itu, pemilik website berusaha membuat website berbahasa inggris agar banyak mendatangkan pengunjung dari luar negeri. Dengan demikian, pendapatan Anda akan semakin meningkat.

Kelebihan Sistem Paid Per Click Adalah

Sistem paid per click tercipta karena adanya sistem pay per click yang digunakan sebagai sarana digital marketing. Sistem ini memili banyak keuntungan baik bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produknya dan publisher, berikut ini adalah berbagai kelebihan dari adanya sistem paid per click:

  1. Memberikan Bayaran Lebih Jelas

Bayaran yang diberikan kepada publisher pemilik situs website lebih jelas dan terperinci. Setiap klik pada iklan akan dikali dengan harga paid per cklicknya, sehingga lebih transparan.

Hal ini berbeda dengan jenis iklan affiliate yang hanya akan memberikan bayaran jika ada pengunjung website Anda membeli jasa mereka. Pasca beberapa pihak, laporannya bahkan tidak jelas dan terperinci.

  1. Membantu Pemilik Bisnis

Adanya sistem ini akan membantu pemilik bisnis dalam mengalokasikan dananya untuk audiens target, sebab pengiklan bisa memilih anggaran dana untuk berapa kali klik iklan. Misalnya mereka membayar untuk 20 ribu klik iklan dari audiens.

Maka, biaya yang mereka keluarkan hanya sebatas itu. Jika nilainya sudah tercapai 20 ribu klik, maka secara otomatis layanan tersebut berhenti, Anda harus memperbaruinya jika ingin mendapatkan audiens melalui iklan.

  1. Iklan yang Ditampilkan Rapi dan Menarik

Kelebihan selanjutnya dari Iklan paid per click adalah lebih menarik dan rapi. Sehingga, akan menarik audiens mengkliknya dan mencari tahu produk yang diiklankan.

Dengan demikian, baik publisher maupun pengiklan akan memperoleh keuntungan. Iklan bisa berupa gambar, teks, gif, bahkan video.

  1. Peluang Keuntungan Lebih Besar

Bagi publisher, paid per click memberikan keuntungan yang besar karena pengunjung akan tertarik mengklik iklan tersebut. Selain itu, letaknya yang strategis dan tidak mengganggu, memberikan pengalaman baik untuk pengunjung.

Secara tidak langsung, pengiklan juga akan diuntungkan. Sebab, akan semakin banyak calon konsumen yang tertarik dengan produknya.

Platform Penyediaan Paid Per Click Adalah

Bagi Anda pemilik website yang ingin mendapatkan pendapatan dari paid per click, caranya sangat mudah. Yaitu dengan mendaftar ke berbagai platform penyedia iklan sebagai berikut:

  1. Google Adsense

Platform pertama tentunya adalah Google Adsense. Platform ini sangat terkenal dan menjadi pilihan utama pemilik website untuk memonetisasi website miliknya.

Peluang memperoleh pendapatan tinggi dari platform ini sangat terbuka lebar. Sayangnya, pendaftaran untuk diterima menjadi publisher google cukup susah.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh website Anda. Di antaranya adalah jumlah pengunjung, kualitas konten, hingga kualitas websitenya.

  1. Mgid

Selain Google Adsense, Anda juga bisa menggunakan Mgid untuk mendapatkan penghasilan paid per click. Mgid membayar satu kliknya cukup besar, bahkan tidak kalah dari Adsense.

Sayangnya, konten iklannya sulit difilter. Sebab, kerap memunculkan ikalan dewasa yang kurang pantas untuk pengunjung di bawah umur.

  1. Artikel Instan Facebook

Selanjutnya untuk mendapatkan bayaran dari website melalui sistem iklan adalah artikel instan facebook. Anda bisa mendaftarkan website ke artikel instan dan memonetisasinya, iklan pada artikel instan berasal dari Facebook Ads.

Pendapatan yang bisa Anda terima cukup besar dan sangat potensial. Paid per click dan pay per click sebenarnya masih saling berhungan, tapi yang membedakannya, paid per click adalah bayaran yang akan diperoleh oleh publisher iklan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!