Home » PPOB Adalah: Pengertian dan 7 Tips Sukses Menjalankannya

PPOB Adalah: Pengertian dan 7 Tips Sukses Menjalankannya

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Mungkin bagi orang awam, istilah tersebut masih belum banyak dipahami atau digunakan. Apalagi jika tidak pernah melakukan pembukaan usaha atau bisnis pribadi.

Sesuai dengan namanya, PPOB akan dipakai membantu setiap golongan masyarakat. Tentu yang bermaksud untuk membayar pakai sistem perbankan. Semua bank di Indonesia sudah bisa memakai sistem pembayaran tersebut.

Beberapa contoh pembayaran dapat dilakukan disini yaitu tagihan listrik, pulsa, internet sampai air. Selain itu jika mau membayar cicilan mobil dan motor juga bisa. Melihat fungsinya, maka terbilang bermanfaat.

Faedah utama lain yang disukai yaitu tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Melainkan pihak pengguna dan masyarakat biasa ikutan terbantu. Anda dapat membayar kebutuhan apapun hanya pada satu tempat.

Keuntungan inilah penyebab kenapa kemudian dipakai oleh pebisnis sampingan untuk membuka usahanya. Bahkan banyak dilakukan oleh mahasiswa atau murid sekolah, Alasannya karena hanya butuh laptop, printer beserta koneksi internet saja.

Tips Kelancaran Menjalankan Bisnis PPOB

PPOB Adalah

Jika Anda ingin menjalankan bisnis memakai Payment Point Online Bank, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Melainkan membutuhkan beberapa tips bersifat khusus sebagai pendukung. Tujuannya demi mendukung keberhasilan usaha Anda.

  1. Siapkan Modal

Trik pertama untuk menjalankan bisnis Payment Point Online Bank yaitu siapkan modal. Seperti yang kita ketahui, disini membutuhkan gadget seperti komputer atau laptop ditambah dengan sebuah mesin printer.

Printer yang akan kita pakai disini berguna untuk mencetak nota atau struk pembayaran. Karena sekarang perkembangan zaman semakin maju, banyak juga vendor hanya membutuhkan smartphone sehingga lebih terjangkau.

Modal lain yang kita butuhkan disini berupa deposit uang senilai Rp. 100.000. Modal awal yang dikeluarkan ini sendiri harus dicatat pada nota atau buku. Tujuannya supaya penggunaan tercatat dengan baik.

  1. Cari Vendor

Anda juga perlu cari vendor atau partner yang akan dipakai dalam kegiatan bisnis tersebut. Khusus untuk negara kita, sudah cukup diuntungkan. Terutama karena terdapat banyak vendor bagus berkualitas terbaik.

PPOB adalah bisnis yang membutuhkan persiapan paling matang dalam urusan pemilihan vendor. Anda harus mencatat apa saja kelebihan serta kekurangan suatu vendor. Lalu menentukan mana yang akan menguntungkan Anda.

Usahakan untuk selalu memilih vendor yang bisa membuat untung semua pihak. Bukan hanya Anda melainkan para konsumen yang berdatangan. Hasilnya mereka puas sehingga tetap menggunakan jasa Anda seterusnya.

Salah satu ciri vendor terbaik lainnya yaitu memiliki server yang stabil. Tidak pernah mengalami down sehingga bisa menjalankan kegiatan setiap detik. Server tidak boleh sampai down karena konsumen malah pergi.

pengertian PPOB 2

  1. Pilih Lokasi

Kalau kita melihat golongan dari bisnis ini, sebenarnya dapat masuk pada kategori online. Terutama karena semua kegiatan transaksi dilakukan secara virtual. Tapi demi mendukung kegiatan usaha, wajib pilih lokasi.

Payment Point Online Bank membutuhkan tempat nyata yang sudah tercatat secara resmi. Hal ini lebih berpotensi dipilih oleh konsumen apalagi terdapat pada maps online. Peluang kesuksesan terjamin lebih tinggi.

Karena masih tergolong bisnis rumahan, maka boleh memilih kediaman sendiri sebagai tempat usaha. Depan rumah menjadi peluang yang baik. Terutama karena memakai bangunan sendiri tanpa perlu membayar sewa.

  1. Buat Strategi Marketing

Meski memiliki potensi luar biasa, bukan berarti tanpa perjuangan bisa langsung sukses. Melainkan membutuhkan teknik tersendiri agar berhasil. Misalnya dengan membuat strategi marketing atau pemasaran.

PPOB adalah bisnis yang memiliki saingan cukup tinggi dan banyak. Bahkan pada sebuah daerah, bisa terdapat belasan atau puluhan vendor bertebaran. Makanya membutuhkan marketing yang baik agar berpotensi dipilih.

Banyak orang malas membayar kebutuhan secara langsung. Maka dari itu Anda dapat membuat marketing dengan cara memberi layanan secara langsung. Tidak lain dengan mendatangi konsumen ke rumah atau kediamannya.

  1. Memanfaatkan Pangsa Pasar

Harus kita pahami kalau pada dasarnya usaha ini memiliki pangsa pasar luas. Tidak heran jika memanfaatkan pangsa pasar akan menjadi kunci utama. Semua golongan masyarakat kemungkinan besar membutuhkan jasa tersebut.

PPOB adalah bisnis yang mencakup golongan kaya, menengah maupun miskin. Bahkan ibu rumah tangga, pekerja maupun pelajar pasti membutuhkan. Bahkan paling tidak satu bulan sekali akan melakukan transaksi pembayaran.

Contoh yang dapat kita lihat pastinya pembayaran listrik dan cicilan kendaraan bermotor. Kalau harus menuju ATM atau tempat pembayaran langsung terasa merepotkan. Makanya memakai PPBO sebagai pilihan.

  1. Kemudahan Sistem

Selanjutnya Anda akan bekerja tanpa kesulitan karena disini memiliki kemudahan sistem. Disini tidak membutuhkan banyak data atau langkah rumit. Melainkan hanya membutuhkan ID dari konsumen atau pengguna.

Tidak heran jika mampu menyebut PPOB adalah transaksi bersifat ringan. Nantinya segala macam tagihan atau cicilan yang dibayar keluar pada layar komputer. Terlihat jelas jumlah tagihan beserta biaya administrasi.

Konsumen juga akan terbantu kalau kelupaan maupun tidak tahu besaran tagihan. Pelanggan akan tenang karena dibantu dengan baik. Makanya bila Anda menjalankan bisnis ini, menjadi jembatan pelanggan ke outlet resmi.

  1. Komisi Tinggi

Terakhir, Anda harus memanfaatkan semua komisi tinggi di dalamnya. Transaksi apapun yang dilakukan oleh konsumen, pasti harus membayar. Nilainya tergantung dengan besaran transaksi, mulai dari 1-5%.

Meski kalau dari luar komisi Payment Point Online Bank kelihatan itu terbilang kecil, tapi itu hanya dilakukan satu kali. Bayangkan saja memiliki ribuan konsumen. Maka nilai keuntungan komisi jumlahnya banyak.

Saat masih baru buka, memang terdapat potensi kesulitan. Tapi jika menjalankan strategi marketing yang baik, pasti jasa laku keras. Setiap hari puluhan atau ratusan pelanggan akan berdatangan untuk bertransaksi.

Melihat keuntungan tersebut, ada potensi tinggi dijadikan sebagai pilihan rakyat kecil. Terutama yang berusaha membuat bisnis sendiri, karena memang merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Tidak menutup kemungkinan kalau PPOB adalah pilihan bisnis yang selalu dipilih.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!