Home » Bisnis Franchise Adalah? Yuk Simak Pengertian Waralaba & Contohnya

Bisnis Franchise Adalah? Yuk Simak Pengertian Waralaba & Contohnya

Tertarik untuk membuka usaha franchise atau waralaba? Sebelum terjun jauh kedalam ada baiknya kamu mencari tahu apa itu franchise dan contoh usaha yang bisa kamu pilih. Jika kamu belum tahu harus mencari informasi kemana, artikel ini bisa saja membantu.

Apa itu Bisnis Franchise?

Franchise Adalah

KFC, McDonalds, Burger King adalah salah satu contoh bisnis franchise yang ada di dunia. Meski tahu contohnya namun ada beberapa orang yang tidak mengetahui apa itu franchise. Mungkin juga kamu yang membaca artikel ini.

Jadi franchise adalah jenis bisnis yang dioperasikan dari individu yang berbeda-beda namun memiliki sebuah brand yang sama. sehingga ketika dilihat, brand tersebut terasa sangat besar karena ada dimana-mana. Baik lokal maupun internasional.

Berdasar pada Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau yang dikenal dengan  franchise adalah sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan Asosiasi Franchise Indonesia memaknai bahwa franchise adalah sebuah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Istilah-Istilah yang Ada Di Dalam Usaha Franchise

waralaba adalah

Dalam usaha franchise terdapat beragam istilah serta definisi-definisi yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa diantaranya:

  • Franchisor

Franchisor merupakan pihak si pemberi waralaba yang bersifat individu atau perorangan. Franchisor ini akan bertugas memberikan hak-hak terhadap pihak lain agar menggunakan atau memanfaatkan hak dari suatu brand serta material yang masih ada hubungannya dengan brand tersebut.

  • Franchisee

Sedangkan Franchisee merupakan pihak yang menerima waralaba dimana ia diberikan hak dalam memanfaatkan hak dari kekayaan intelektual dan semua penemuan dari brand tersebut.

  • Franchise Fee

Franchise fee adalah biaya awal yang dikeluarkan di muka sebelum bisnis mulai berjalan. Biasanya biaya ini meliputi

  • Biaya lisensi untuk bisa menggunakan brand yang telah diwaralabakan dengan jangka waktu tertentu.
  • Biaya hak untuk bisa menggunakan pedoman operasional dalam waralaba selama jangka waktu yang ditentukan.
BACA JUGA:  UU Perlindungan Konsumen dan Manfaat Pentingnya

Tak hanya itu, kamu juga perlu memastikan bahwa semua biaya sudah mencakup:

  • Biaya survey ke lokasi
  • Desain outlet dari waralaba
  • Informasi inventory
  • Pencarian pemasok atau supplier
  • Rencana bisnis
  • Penyelenggaraan pelatihan awal
  • Supervisi dan eksekusi peluncuran bisnis Anda
  • Royalty Fee

Terakhir ada royalty fee yang merupakan biaya yang harus dibayarkan setelah bisnis waralaba kamu dimulai. Harga ini biasanya telah ditetapkan oleh pihak franchisor dan harus dibayarkan setiap bulannya.

Kebijakan yang menyangkut royalti fee ada banyak, namun biasanya hadir dalam bentuk persentase. Bentuk persentase ini biasanya berporos pada penghasilan yang telah diterima oleh pihak pelaku franchise, tentunya dengan menggunakan unsur perpajakan.

Contoh Usaha Franchise Di Indonesia Dengan Modal Kecil 

bisnis Franchise Adalah

Setelah mengetahui apa itu franchise serta istilah-istilah yang ada di dalamnya, pembahasan selanjutnya akan masuk kepada contoh usaha franchise yang ada di Indonesia.

  • Franchise Ayam Geprek 

Contoh usaha franchise yang pertama adalah outlet atau kedai ayam geprek. Ini merupakan jenis franchise makanan yang bisa dikatakan tidak pernah mati dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Selain profitnya masih cukup tinggi, waralaba ayam geprek ini juga tidak terlalu mengeluarkan banyak modal. Franchise ayam geprek ini biasanya menggunakan sistem bagi hasil serta pure waralaba.

Salah satu franchise ayam geprek yang terkenal di Indonesia adalah Geprek Bensu  yang saat ini telah terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

  • Franchise Minuman Kekinian 

Selain dari sektor makanan, juga ada franchise minuman kekinian yang digandrungi oleh banyak anak muda yaitu Bubble Tea. Tak jauh beda dengan yang sebelumnya, bisnis waralaba minuman kekinian tidak memerlukan banyak modal namun untung yang didapatkan tidak main-main.

BACA JUGA:  Bisnis Plan Adalah? Berikut Contoh dan Tips Membuatnya

Salah satu franchise Bubble Tea yang patut untuk kamu coba adalah Gulu-Gulu yang berada di bawah naungan Sour Sally Group. Franchise Gulu-Gulu ini menyediakan dua layanan yaitu Outlet Island dan Booth.

  • Franchise Kedai Kopi 

Masih dari sektor minuman, kali ini ada kedai kopi yang bisa kamu jadikan pilihan ketika ingin membuka usaha franchise. Bisnis ini masih cukup menjanjikan mengingat penikmat kopi sangat besar di Indonesia.

Rekomendasi waralaba kopi yang bisa kamu pilih adalah Torabika milik PT. Mayora Indah. Selain pepeknya masih sangat tinggi, modal yang kamu keluarkan untuk membuka waralaba ini lumayan terjangkau.

BACA JUGA: Cara kerja bisnis agency

  • Franchise Kebab

Makanan khas Timur Tengah ini rupanya juga bisa menjadi rekomendasi waralaba yang lumayan menjanjikan. Ini karena kebab sangat digemari oleh banyak kalangan baik anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.

Salah satu waralaba kebab yang cukup terkenal di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi. Selain prospeknya masih tinggi, modal yang kamu perlukan untuk bergabung dengan waralaba ini tidak begitu besar.

Itulah pembahasan lengkap seputar pengertian franchise lengkap dengan contoh-contoh usahanya. Terima kasih sudah membaca.

Bagikan artikel: