Home » 23+ Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan, Tanpa Modal & Cara Mulai Bisnis Online Bagi Pemula

23+ Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan, Tanpa Modal & Cara Mulai Bisnis Online Bagi Pemula

Kesuksesan dalam sebuah bisnis online kadang membuat beberapa orang tergiur untuk memulainya. Bisnis yang berbasis digital ini sangat mudah untuk dipelajari oleh siapa saja termasuk juga Anda yang pemula sekalipun.

Jika Anda tertarik, artikel ini akan membahas seputar cara memulai bisnis online untuk pemula serta berbagai macam ide dan peluang bisnis online yang mungkin bisa sangat membantu Anda.

Pengertian Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online 

Secara sederhananya, pengertian bisnis online adalah bisnis yang dilakukan menggunakan media elektronik dengan internet sebagai sarananya. Dengan begitu bisnis ini melaksanakan usahanya 90% sampai 100% secara online.

Dari mulai produksi, penyebaran, penjualan, dan kemudian pembelian 90% nya dilakukan secara online. Bisnis yang satu ini dinilai memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, salah satu alasannya karena bisnis ini lebih praktis dan mudah.

Peluang Bisnis Online

peluang Bisnis Online 

Apabila melihat dari perubahan jaman, maka bisnis ini akan sangat sesuai dan tentunya memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

Dari segi modal, maka peluang bisnis online ini sangat tinggi sebab modal yang dibutuhkan kecil namun bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Belum lagi bisnis ini juga memiliki jangkauan yang luas jika dibandingkan dengan bisnis pada umumnya.

Karena internet bisa menjangkau banyak konsumen dari seluruh penjuru dunia, kapanpun dan dimanapun. Bahkan pengiriman barang bisa dilakukan lintas benua jadi tentu kalau soal jangkauan bisnis ini jauh lebih luas.

Apalagi sekarang juga banyak perusahaan yang mencoba untuk beralih menggunakan metode online, jadi ini akan semakin membuat banyak peluang untuk bisnis onlinebahkan bagi pemula sekalipun.

Untuk lebih menguatkan lagi, survey membuktikan jika belanja online di Indonesia meningkat dengan sangat pesat mencapai 14%. Selain itu penggunaan handphone di Indonesia juga menempati posisi keempat dengan 58,6% dari total populasi.

Tentu itu merupakan angin segar untuk memulai bisnis ini, apalagi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa modal yang dibutuhkan kecil. Tidak hanya itu saja bisnis ini lebih praktis dan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan bisnis biasa.

Platform untuk Bisnis Online

bisnis online pemula

Sebelum anda terjun di bisnis online, ada beberapa platform yang bisa anda pakai untuk menghasilkan uang lewat bisnis online. Platform ini nantinya akan membantu anda memasarkan jasa atau produk yang ingin anda tawarkan kepada konsumen. Tentu saja setiap produk atau jasa memiliki platformnya masing masing.

Setidaknya ada 3 platform untuk bisnis online yang perlu anda ketahui. Sebelum memilih platform, anda harus mengidentifikasi jenis bisnis online apa yang ingin anda kerjakan. Baru kemudian anda memilih platform yang cocok.

  • Melalui Website

bisnis online pemula

Memasarkan produk layanan atau jasa melalui website menjadi salah satu cara marketing yang paling bagus. Kenapa? karena dengan memiliki website, kita bisa mengenalkan produk atau layanan kita ke pengguna internet secara luas.

Pemasaran bisnis online melalui platform website mampu menjaring lebih banyak customer. Selain itu, memiliki website juga menjadi bukti kredibilitas bisnis kita. Jadi bisnis kita akan lebih dipercayai oleh orang karena telah memiliki profile bisnis yang jelas.

  • Melalui Marketplace

bisnis online pemula

Platform kedua yang bisa anda coba ialah dengan menawarkan lewat marketplace. Pengertian marketplace disini tidak hanya sebatas jual beli barang seperti Tokopedia ataupun Shopee ya, tapi juga marketplace jasa seperti Fiverr, Projects, atau yang lainnya.

Biasanya para pencari jasa atau barang suka mencari apa yang mereka butuhkan lewat marketplace. Dengan adanya marketplace, pembeli akan lebih nyaman dan aman karena ada pihak ketiga yang mengawasi transaksi. Jadi penjual tidak akan bisa menipu.

  • Melalui Media Sosial

bisnis online pemula

Alternatif lain yang bisa anda coba untuk memasarkan bisnis online yang anda miliki ialah dengan menggunakan media sosial. Media sosial menjadi tempat berkumpulnya orang orang yang bisa menjadi target market anda. Tentu saja memasarkan lewat media sosial dengan teknik yang benar dapat memberikan lebih banyak customer.

Alasan kenapa orang menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis online nya ialah karena di medsos anda tidak kenakan biaya. Berbeda dengan menggunakan platform website ataupun marketplace, yang dimana anda harus mengeluarkan biaya perawatan dan admin.

Daftar Ide Bisnis Online

ide bisnis online

Setelah mengetahui bagaimana peluang yang dimiliki oleh bisnis ini, maka akan sangat disayangkan kalau tidak mulai untuk mencoba bisnis ini. Apalagi ada banyak daftar bisnis online yang bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.

Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini ada baiknya untuk terlebih dahulu melihat ide yang bisa dilakukan. Dengan begitu pengusaha juga memiliki persiapan yang matang dalam melakukan bisnis ini dan tidak asal terjun saja yang justru bisa menyebabkan kegagalan.

Bisnis Online yang Menjanjikan Modal Kecil dan Tanpa Modal

bisnis online tanpa modal

Ide bisnis ini bisa dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun. Jangan terkejut dengan hal ini, karena memang bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal jadi cocok untuk pemula yang baru ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal sama sekali.

Affiliate

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, blog
  • Keuntungan: Mendapatkan komisi jika terjadi penjualan

Jenis bisnis pertama yang bisa dipilih adalah bisnis affiliate yang merupakan bentuk dari bisnis kerjasama. Bisnis ini menerapkan penjualan dengan dasar komisi, jadi ketika seseorang berhasil menjual suatu produk, maka orang tersebut akan mendapatkan komisi.

Untuk besaran komisi, dan bagaimana ketentuannya itu didasarkan pada kerjasama yang sebelumnya sudah dilakukan dengan perusahaan. Jadi bisnis yang ditawarkan ini merupakan bisnis jasa, dan kebanyakan pemasaran di bisnis ini dilakukan secara online.

Bisnis ini dapat dilakukan oleh seseorang yang memang tidak memiliki barang ataupun jasa untuk dijual, jadi memutuskan untuk menjual produk orang lain.  Dengan membantu perusahaan yang memang sudah memiliki produk dan jasa, maka tentu penjualan akan lebih mudah.

Penulis Online

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, blog, marketplace
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa menulis artikel

Gaung dari bisnis ini baru-baru ini terkenal. Hal ini berhubungan dengan pembahasan sebelumnya tentang perusahaan yang mulai beralih untuk menjadi online.

Karena hal itu banyak yang akhirnya membutuhkan seseorang untuk membuat konten perusahaannya, dalam hal ini bentuknya adalah tulisan. Tentu tidak semua mampu melakukan hal ini, dan karena itu dibutuhkan penulis khusus untuk bisa membuat konten perusahaan.

Jadi kalau memang memiliki kemampuan menulis yang baik, dan paham tentang penulisan internet maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Apalagi bisnis ini dapat dilakukan tanpa modal, dengan hasil keuntungan yang sangat lumayan.

Dropshipper

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, blog, marketplace
  • Keuntungan: Mendapatkan komisi penjualan

Bagi yang bertanya bisnis online apa yang cocok untuk pemula, maka dropshipper merupakan jawaban yang tepat. Karena bisnis ini tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki produk, hanya tinggal memasarkan dan menjualkan saja produk milik orang lain.

Skema bisnis yang dimiliki di dropshipper ini sangatlah sederhana, jadi bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Modal utama yang dibutuhkan adalah internet, dan juga kemampuan untuk melakukan penjualan.

Untuk pilihan barang yang ingin dijual pengusaha tidak perlu khawatir, karena pilihannya sangat banyak. Jadi bisa dipilih yang sesuai dengan kemampuannya, sehingga penjualan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

  • Blogger

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil atau tanpa modal
  • Platform: Website, blog
  • Keuntungan: Iklan google adsense, jasa content placement, jual produk

Ide bisnis yang bisa dicoba adalah menjadi seorang blogger yang penghasilannya sekarang bisa mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah perbulannya.

Hal ini dikarenakan pendapatan blogger tidak hanya dari lalu lintas baca pengguna internet saja, tapi juga dari iklan dan endorse. Apabila sudah berhasil mendapatkan keduanya, maka tentu seorang blogger bisa mendapatkan lebih dari jutaan rupiah per bulannya.

Tentunya untuk bisa mencapai posisi tersebut, pengusaha harus konsisten. Namun begitu tenang saja, karena dilakukan secara online maka tidak akan mengganggu waktu sekolah sama sekali asalkan pinter membagi waktu.

  • Reseller

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil atau tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, blog, marketplace
  • Keuntungan: profit penjualan

Bisa dikatakan bahwa reseller merupakan peluang bisnis online yang bisa dilakukan oleh siapapun dan cocok untuk pelajar sekalipun. Sekilas memang bisnis ini sama dengan dropshipper, namun untuk biayanya bisnis ini sedikit lebih besar.

Hal ini dikarenakan saat harus menjual kembali, pengusaha harus terlebih dahulu menyetok barang yang ingin dijualnya. Karena itulah modal yang dibutuhkan untuk melakukan bisnis ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan dropship.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin bisnis ini dilakukan dengan modal kecil. Sebab pengusaha bisa mengakalinya dengan menjual produk dalam jumlah sedikit, dan barulah setelah mendapatkan keuntungan besar mulai menjual produk dengan jumlah besar.

  • Jasa Desain

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, blog
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa pembuatan desain

Bisnis online tanpa modal yg menjanjikan selanjutnya adalah menjual jasa desain yang dimilikinya kepada perusahaan ataupun orang lain yang membutuhkan. Untuk desainnya sendiri ada banyak jenis seperti gambar, video, dsb.

Karena itu bagi yang memiliki kemampuan dalam hal desain, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Apalagi bisnis ini juga dapat dilakukan tanpa modal sekalipun, dan semuanya dilakukan secara online jadi cocok untuk pelajar.

Jangan khawatir juga perihal klien, karena sekarang sudah banyak yang membutuhkan jasa desain ini. Jadi hal ini hanya didasarkan pada pengusaha saja, kalau ingin mendapatkan banyak klien maka harus lebih rajin mencari dan juga menyusun portfolio.

  • Freelancing

bisnis online tanpa modal

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa yang di kerjakan

Mencari kerja lepas atau freelancing di internet juga bisa dilakukan oleh siapapun. Untuk mencarinya juga bisa dilakukan di rumah saja, hanya dengan bermodalkan hp karena itu tidak akan memakan banyak waktu sama sekali.

Untuk jenis pekerjaannya tentu sangat banyak yang bisa dicoba, dari mulai penulis, desain, dan bahkan sekedar menginput data semuanya bisa ditemukan. Pengusaha hanya tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kemampuannya.

Tentu saja semua pekerjaan tersebut dapat dilakukan di rumah, karena itu bisnis ini cocok untuk pelajar. Ide bisnis online ini juga tidak membutuhkan modal sama sekali, oleh sebab itu akan sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja.

  • Digital Agency

peluang bisnis online

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil dan tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa yang di kerjakan

Digital Agency adalah sebuah agency dalam melakukan kegiatan digital marketing untuk membantu para konsumen mereka.

Pekerjaan utama Digital Agency ialah membantu customer dalam memasarkan produk. Semisal melalui cara SEO, SEM, Media Sosial Marketing, atau metode lainnya.

  • Advertising

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil dan tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa yang di kerjakan

Advertising atau pengiklan adalah inisiatif yang bisa diluncurkan perusahaan untuk kembangkan bisnis. Jika anda memiliki skill di dunia pemasaran atau advertising, anda bisa membuka jasanya.

Skill yang anda butuhkan untuk menjadi seorang advertising ialah SEM, SEO, dan Media Sosial Marketing. Bayaran yang anda terima beragam, tergantung projek yang anda ambil.

  • Youtuber

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil, modal besar dan tanpa modal
  • Platform: Youtube
  • Keuntungan: youtube adsense, jualan produk, afiliasi

Akhir akhir ini banyak orang yang mau menjadi Youtuber. Karir ini bisa anda pilih ketika anda bingung mencari cara menghasilkan uang lewat internet. Dengan hanya mereview produk, membuat konten kreatif, atau konten yang bersifat entertainment lainnya anda sudah bisa menghasilkan uang lewat internet.

Penghasilan Youtuber tidak hanya sebatas dari Adsense saja, tapi juga bisa dari komisi affiliate, endorse, jualan produk sendiri, atau yang lainnya.

  • Admin Media Sosial

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa admin media sosial

Tidak memiliki skill apapun selain bermain media sosial, tapi ingin mendapatkan uang dari internet? coba saja menjadi admin medsos. Menjadi seorang admin hanya bermodalkan ngerti cara mengoperasikan medsos dan memiliki smartphone.

Jobdesk seorang admin medsos beda beda, tergantung dari tempat anda bekerja. Biasanya sebatas memposting feed atau status di media sosial, berinteraksi dengan customer, dan lain sebagainya.

  • Jasa Pembuatan Website

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa pembuatan website, reseller hosting

Jika anda memiliki skill desain website dan coding, maka anda bisa menjadi seorang pembuat website. Tidak semua orang bisa membuat website, jadi ini menjadi peluang emas buat anda.

Untuk menawarkan jasa pembuatan website, anda bisa menggunakan platform marketplace atau website. Jika anda menggunakan marketplace, buatlah portofolio dan review yang bagus. Sedangkan jika anda menggunakan website, anda harus mengenalkan website anda ke publik

  • Jasa Install Plugin Website

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa install

Ide bisnis online lain yang bisa anda coba ialah dengan menawarkan jasa install plugin. Jasa ini banyak dicari oleh pemain blogger atau website.

Plugin adalah sekumpulan kode yang digunakan untuk menambah fitur pada website. Dengan membeli lisensi agensi suatu plugin, anda sudah bisa menawarkan jasa install. Biasanya harga dibanderol Rp. 100.000 – 200.000 per install.

  • Jual Produk Digital

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil dan tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee penjualan produk

Jualan produk digital yang memiliki lisensi, entah itu PLR ataupun MRR bisa anda coba. Produk digital ini bisa berupa template website, template powerpoint, gambar, plugin, atau yang lainnya.

Biasanya para pemain affiliate berbisnis produk digital. Entah dia memasarkan produk orang lain ataupun memasarkan produknya sendiri. Enaknya produk digital ialah tidak ada habisnya.

  • Jual Pulsa Online

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee penjualan

Jikalau anda memiliki server pulsa, coba saja untuk menjual pulsa secara online. Pulsa banyak dicari oleh orang orang, jadi bisa tuh anda membuat website khusus untuk jualan pulsa.

Agar bisa bersaing dengan marketplace, anda harus menambahkan metode pembayaran secara lengkap. Pasarkan website anda ke media sosial supaya dikenal banyak orang.

  • Selebgram dan Influencer

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee mempromosikan produk

Punya banyak pengikut di media sosial? kenapa ngga coba jadi selebgram saja. Dengan bermodalkan review produk atau endorse, anda bisa mendapatkan uang secara online.

Selebgram tidak harus menunjukan eksistensi diri anda, tapi bisa juga seorang admin fanspage. Jika follower anda sudah banyak dan engagement tinggi, anda bisa memonitize fanpage tersebut.

  • Jasa Top Up Game

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee penjualan

Peluang membuka jasa top up game juga bisa anda lakoni. Dengan mengambil untung 10 ribu per transaksi saja anda sudah bisa mendapatkan banyak untung. Semisal anda berhasil menjual 10x transaksi, anda berhasil mengantongi 100 ribu.

Untuk menawarkan jasa top up ini, anda bisa promosi di media sosial. Biasanya lewat Facebook dan Instagram. Pastikan promosi anda harus tertarget, supaya gampang laku.

  • Jasa SEO

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal, modal kecil dan modal besar
  • Platform: Website, blog
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa yang di kerjakan

Buat anda yang memiliki skill SEO, coba anda bisa membuka jasa SEO. Untuk membuka jasa SEO, anda membutuhkan resource yang lumayan besar, seperti PBN, penulis artikel, dan kemampuan menganalisa.

Jasa SEO banyak dipakai oleh pelaku usaha yang memiliki website atau blogger. Sebagai portofolio awal, anda bisa membuka jasa SEO dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu.

  • Jasa Backlink

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil, modal besar dan tanpa modal
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa backlink

Jasa backlink menjadi bagian dari jasa SEO. Untuk membuka jasa backlink, anda harus punya blog PBN atau blog EDU. Selain dari kedua itu, jika anda memiliki blog yang matrix nya bagus, anda bisa membuka jasa backlink dari situ.

  • Jasa Pembuatan Aplikasi

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee aplikasi yang di kerjakan

Memiliki kemampuan coding? coba aja untuk membuka jasa pembuatan aplikasi. Aplikasi yang berbasis mobile, android ataupun IOS sedang banyak dipakai. Jadi jasa ini kami rasa sangat relevant dengan kondisi sekarang ini.

  • Jasa Penerjemah

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial, platform freelance
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa penerkemahan

Menguasai bahasa asing? Coba saja untuk menjadi penerjemah. Meskipun sudah ada Google Translate, namun skill penerjemah masih tetap dibutuhkan. Karena akurasi terjemahan mesin dengan manusia tentu saja berbeda.

Ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa penerjemah. Sebelum membuka jasa, pastikan anda memiliki sertifikatnya terlebih dahulu. Supaya kredibilitas anda diakui.

  • Konsultan Online

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal
  • Platform: Website, media sosial
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa konsultasi

Apabila anda jago dengan suatu bidang, tak ada salahnya untuk menjadi seorang konsultan. Sebelum anda menjadi seorang konsultan, pastikan anda menguasai betul setiap permasalahan dan berpengalaman dibidang tersebut.

  • Membuka Kursus Online

bisnis online yg menjanjikan

  • Jenis bisnis: Bisnis online tanpa modal dan modal kecil
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee jasa kursus

Sama halnya dengan konsultan online, jika anda merasa sudah menguasai ilmu dengan mendalam, tak ada salahnya untuk membuka kursus online. Kursus online ini tentunya akan sangat membantu orang orang dalm mempelajari ilmu baru. Pastikan ilmu yang hendak anda sharing harus berbobot.

  • Online Shop

  • Jenis bisnis: Bisnis online modal kecil
  • Platform: Website
  • Keuntungan: Mendapatkan fee penjualan produk

Yang terakhir ialah membuka online shop. Cari supplier, jadi reseller, jual di internet. Begitulah kira kira konsep menjadi seorang seller dunia online. Syukur syukur anda memiliki produk sendiri, keunikan produk dan margin tentu lebih besar.

Anda bisa mencoba membuka toko online website, gabung ke platform marketplace, atau menawarkan produk lewat media sosial.

Panduan Tentang Cara Mulai Bisnis Online Untuk Pemula

Meskipun terdengar mudah namun cara mulai bisnis online tidak semudah dan segampang yang dibayangkan. Namun meski demikian, Anda tidak perlu berkecil hati, karena jika dilakukan dengan niat dan keseriusan tidak ada hal yang tidak mungkin.

Berikut adalah beberapa cara mulai bisnis online yang bisa Anda lakukan:

1. Tanamkan Mindset Dalam Diri

bisnis online mindset

Pertama tanamkan mindset dalam diri sebelum Anda memulai bisnis online bidang apapun itu. Buat diri Anda sadar bahwa dalam membangun bisnis semua hal harus dilakukan dengan serius dan tekun.

Berikan pengertian dalam diri bahwa rezeki sudah ada yang mengatur dan Anda hanya perlu berupaya lebih baik untuk meraihnya. Tak hanya itu, pikirkan juga tentang resiko bisnis online yang mungkin akan dihadapi dimasa mendatang. Jika midnest dalam diri Anda sudah terbentuk, maka Anda akan jauh lebih siap dalam menghadapi tantangan bisnis di masa mendatang.

2. Tentukan Target Market Dari Bisnis yang Akan Anda Jalankan

market bisnis online
simpletiger.com

Setelah mindset terbangun, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar untuk  bisnis online. Cara ini harus lebih dulu Anda pikirkan sebelum nantinya menentukan produk apa yang akan dijual.

Tentukan siapa saja orang yang akan menjadi target pasar Anda, apakah anak-anak, remaja, orang tua dan sebagainya. Jika Anda kesulitan silakan gunakan metode BUYER PERSONA.

Buyer Persona adalah sebuah profil dari semua orang yang kemungkinan akan menggunakan atau membeli produk Anda. Di dalam metode ini terdapat 4 hal yang perlu Anda ketahui yaitu:

cara bisnis online

  • Demografi: Usia, status material, jenis kelamin, jumlah anak, pendidikan, tempat tinggal, pekerjaan dan pendapatan.
  • Minat: Hobi, buku yang dibaca, komunitas, tokoh favorit, acara TV favorit, makanan, minuman favorit dsb.
  • Perilaku: Ponsel yang digunakan, akun sosmed yang digunakan, sistem operasi yang digunakan dan sebagainya.
  • Goal: Keinginan yang ingin dicapai, impian yang ingin dicapai serta masalah apa yang ingin dipecahkan.

3.  Tentukan Produk yang Akan Dijual

produk bisnis online
premieragile.com

Setelah mindset dan target market sudah ditentukan, langkah selanjutnya menentukan model bisnis yang akan Anda gunakan. Ada banyak peluang bisnis online yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan passion dan kemampuan Anda.

4. Membuat Produk  Atau Layanan yang Akan Dipasarkan

Setelah melewati ketiga cara diatas, langkah selanjutnya adalah membuat produk atau layanan yang akan dijual. Misal dari beberapa ide bisnis diatas Anda akan memilih ide bisnis jualan online. Maka hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan produk.

Dalam cara menyiapkan produk tersebut Anda juga harus berfikir apakah akan dibuat sendiri, apakan beli produk dari orang lain atau dengan sistem dropship. Setelah itu, Anda bisa melihat dari jenis produk yang akan dijual apakah merupakan jenis produk fisik, jasa maupun produk digital.

Dalam membuat produk usaha selalu memperhatikan kualitas, apalagi Anda baru akan memulai bisnis. Hal ini berlaku untuk produk yang Anda buat sendiri ataupun barang yang didapat dari supplier lain.

Untuk mendapatkan konsumen yang loyal, pelajari juga tentang branding berikut ini:

5.  Buat Website Untuk Toko Online Anda

web bisnis online

Untuk meningkatkan penjualan, Anda memerlukan media atau tempat beriklan yang kompatibel. Jika memungkinkan, Anda wajib membuat website untuk toko online yang Anda kelola.

Di era digital seperti sekarang ini website menjadi salah satu sumber kepercayaan konsumen terhadap toko Anda. Bahkan menurut survey, ada sekitar 56% orang tidak terlalu percaya terhadap sebuah toko online yang tidak menggunakan website.

6. Memasarkan Produk Dengan Tepat

pemasaran bisnis online

Setelah semua persiapan diatas sudah Anda lakukan, selanjutnya adalah mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran bisnis online bertujuan tidak hanya membuat dagangan Anda laku namun juga sebagai cara untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda.

Dalam menggunakan strategi pemasaraan Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengoptimalkan SEO
  • Memaksimalkan penggunaan media sosial
  • Memanfaatkan fitur Google Bisnisku
  • Jualan di Marketplace

7. Pertahankan Konsumen Setia Anda

bowlerhat.co.uk

Terakhir adalah mempertahankan konsumen setia Anda. Mereka biasanya adalah pembeli pertama dari prduk Anda dan merasa percaya dengan layanan atau produk yang Anda jual.

Meskipun dalam bisnis ini tujuan Anda adalah mencari konsumen baru, namun jangan lupakan konsumen lama Anda. Meskipun mereka konsumen, namun lambat laun mereka bisa menjadi salah satu tim marketing Anda dengan profit yang bisa mencapai 95%.

Karena biasanya konsumen jika sudah merasa cocok akan mengajak orang kain untuk menggunakan atau membeli barang atau jasa yang ia pakai. Makan dari itu, jangan lupakan konsumen tetap Anda.

Bagaimana? cukup mudah atau justru Anda kesulitan? Jika Anda membaca serta memahami setiap penjelasan diatas mungkin tidak ada yang terlalu sulit untuk dipahami. Karena inti dari semua itu ada persiapan yang matang dan konsistensi.

Semoga ulasan seputar cara memulai bisnis online untuk pemula dan berbagai macam peluang bisnis online yang menjanjikan  diatas dapat membantu Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis digital, Selamat mencoba semoga sukses.

Kesimpulan

Bisnis online ini merupakan bisnis yang sangat baik dalam hal prospek, modal, dan juga keuntungan. Oleh sebab itu bagi yang ingin memulai sebuah usaha dengan modal kecil namun keuntungan lumayan dapat mencoba bisnis yang satu ini.

Meskipun begitu, jangan sampai pengusaha menjadi serakah karena tentu semua keuntungan lumayan tersebut bisa didapatkan apabila bisnis ini dijalani dengan ketekunan. Barulah kemudian daftar bisnis online dapat mendatangkan hasil yang lumayan, dan bahkan lebih baik lagi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!