Home » Niche Market: Pengertian, Manfaat dan Panduan Dalam Menentukannya

Niche Market: Pengertian, Manfaat dan Panduan Dalam Menentukannya

Menentukan niche market merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang marketer dalam meraih banyak keuntungan bisnis. Strategi tersebut sudah banyak diterapkan oleh marketer dalam berbagai industri.

Saat ini sudah banyak orang mulai membuka bisnis sendiri. Sehingga persaingan semakin padat dan target pasar menjadi salah satu opsi untuk mengembangkan usaha tersebut agar semakin sukses.

Target pasar ini mempunyai konsep hampir mirip dengan generalis dan spesialis. Terutama jika masih pemula akan lebih baik bila membidik pasar lebih spesifik daripada langsung mencoba pasar besar.

Memahami Pengertian dari Niche Market

Pengertian dari Niche Market

Dapat diartikan sebagai target pasar dan konsumen yang lebih spesifik dari suatu industri. Dari target pasar tersebut seorang pebisnis kemudian akan melancarkan kegiatan penjualan produk atau jasa.

Strategi jenis ini cukup penting dilaksanakan dalam mengembangkan bisnis pada zaman modern. Hal ini didasari atas persaingan usaha yang semakin ketat baik dari bisnis baru atau bisnis lama.

Menentukan target pasar lebih spesifik akan mengantarkan Anda untuk menggapai keuntungan lebih besar. Hal ini lebih baik daripada membidik target pasar yang lebih luas.

Karena marketer juga akan kesulitan bila harus menjual produk atau layanan kepada semua orang. Tidak setiap orang membutuhkan produk atau layanan terkait misalnya saja pakaian anak-anak tentu tidak dipakai oleh orang dewasa.

Jadi untuk produsen pakaian anak-anak tentu akan menargetkan pasar anak-anak. Bisa juga membidik ibu rumah tangga yang sedang mencari pakaian untuk anak mereka sehingga tidak menjadikan orang dewasa lajang sebagai target pasar.

Pasar anak-anak dan orang dewasa cukup berbeda dalam hal spesifikasi. Spesifikasi tersebut meliputi harga, gender, usia dan lain-lain jadi marketer harus mampu menganalisa dengan baik sebelum menerapkan strategi.

Menerapkan niche market bukan berarti membuat bisnis membidik konsumen dalam lingkup sempit. Banyak orang berpikir meluaskan bisnis berarti melayani semua jenis konsumen yang mempunyai latar belakang, kebutuhan dan keinginan berbeda.

Melalui target pasar, bisnis dapat diarahkan pada segmen konsumen. Sehingga pebisnis justru mampu memahami konsumen dengan baik sehingga menghadirkan produk atau layanan yang sesuai.

Ada banyak keuntungan dari hal ini. Yakni tingkat layanan, pemahaman dan fokus yang Anda berikan kepada konsumen di segmen tersebut tidak dibidik oleh perusahaan generalis besar.

Manfaat yang dapat diperoleh dari Niche Market

Manfaat yang dapat diperoleh dari Niche Market
razorpay.com

Ketika sudah memutuskan untuk terjun dalam ceruk tertentu, maka perlu mengubah pola pikir seorang spesialis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh bila fokus pada segmen konsumen tertentu.

  1. Persaingan Tidak Terlalu Ketat

Ketika Anda sudah menentukan target pasar, maka persaingan pasar cukup berkurang. Hal ini berbeda dengan ketika Anda masih membidik pasar luas dalam bisnis.

Karena ketika sudah menentukan niche market maka akan lebih sedikit pebisnis yang terjun disitu. Namun seiring berjalannya waktu akan mulai banyak pebisnis membidik target pasar yang sama.

Sehingga Anda perlu mengasah kepekaan mengenai hal tersebut. Anda harus tetap mampu mengembangkan bisnis agar tidak kalah dalam persaingan usaha melalui strategi target pasar.

  1. Fokus Berbisnis

Ketika sudah menentukan target pasar, maka Anda akan lebih mampu fokus pada bisnis. Karena sudah jelas konsumen seperti apa yang menjadi sasaran pemasaran produk atau jasa.

Setelah mengetahui konsumen yang tepat, Anda bisa mengembangkan produk sesuai kebutuhan. Tidak lagi kebingungan akan melakukan inovasi pada bagian mana jika belum menemukan target konsumen.

  1. Mudah dikenal

Bisnis yang menerapkan strategi ini akan mudah dikenal oleh banyak orang. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya karena kompetitor jumlahnya lebih sedikit daripada saat tidak menentukan target pasar.

Dalam keadaan kompetitor sedikit, maka konsumen akan lebih peka terhadap keberadaan produk atau layanan milik Anda. Setelah mencoba produk atau layanan tersebut mereka bisa memberi rekomendasi pada orang lain bila merasa puas.

Dengan adanya rekomendasi dari konsumen maka bisnis Anda bisa semakin berkembang. Secara tidak langsung konsumen turut membantu dalam melakukan promosi efektif dan efisien.

Panduan dalam Menentukan Niche Market

apa itu Niche Market

Setelah menemukan teori mengenai segmen konsumen ini, maka perlu mengetahui cara penerapannya. Berikut panduan untuk melancarkan bisnis Anda melalui penggunaan target pasar.

  1. Identifikasi Celah

Langkah pertama dalam pelaksanaan target pasar ini adalah mengidentifikasi celah. Tidak perlu melihat apa yang dilakukan oleh bisnis lain dalam melakukan strategi pemasaran, cukup belajar mengenali celah.

Celah ini bisa berupa hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tidak harus memanfaatkan celah yang sudah dicoba oleh bisnis lain karena perkembangan zaman membuat banyak sekali perubahan.

Tujuan utama dari bisnis adalah menjual produk atau jasa kepada konsumen dan mendapatkan uang. Anda dapat menjadi berbeda dari bisnis lain dengan memanfaatkan strategi yang baik dan benar.

  1. Teliti Peluang

Setelah berhasil menemukan celah, Anda bisa mulai melihat peluang. Anda harus melihat apakah ide pemasaran mempunyai nilai investasi tinggi bila diterapkan dalam bisnis nyata dan menghasilkan uang.

Anda bisa memanfaatkan berbagai alat dalam hal ini, misalnya memanfaatkan alat online untuk menemukan peluang niche market. Seperti mencari keyword terkait yang banyak dicari orang melalui internet.

Baca juga: Pentingnya Packaging Produk Untuk Pemasaran

  1. Proposisi Merek dan Nilai

Setelah berhasil menemukan target pasar, Anda perlu menjadi kreatif. Perlu memikirkan cara untuk memberikan nilai tambah, memecahkan masalah dan memposisikan penawaran atas produk atau layanan bisnis.

Fokus utamanya adalah memikirkan solusi yang akan memenuhi kebutuhan konsumen. Bangun merek sehingga target pasar mudah melakukan identifikasi, promosikan identitas merek yang dekat dengan konsumen.

Saat ini industri mempunyai persaingan sangat ketat. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis tanpa terjebak dalam persaingan padat ialah niche market.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!