Home » Landing Page Adalah? Berikut Jenis dan Cara Terbaik Optimasinya

Landing Page Adalah? Berikut Jenis dan Cara Terbaik Optimasinya

Sederhananya, landing page adalah halaman pertama ketika orang mengklik sebuah tautan, itu merupakan definisi sesuai namanya. Jadi itu bisa menjadi laman pendaratan apa saja, mencakup home page, posting-an blog, produk, dan lain sebagainya.

Namun dalam istilah marketing, yang dimaksud dengan landing page bukan sekedar laman biasa, melainkan halaman khusus di mana itu bertujuan untuk menerima dan mengonversi lalu lintas dari iklan/kampanye bisnis/merek apapun.

Jadi pengunjung tidak hanya berakhir mengunjungi website tertentu tanpa menyarankan mereka melakukan aksi. Dalam hal ini home page bisa dibilang bukan landing page karena itu tidak khusus dirancang untuk mengonversi traffic suatu pemasaran.

Jika berhubungan dengan pemasaran, maka landing page yang dimaksud merupakan halaman dengan rancangan khusus untuk tujuan kampanye/iklan tertentu. Itu khusus dibuat untuk meningkatkan konversi dari sebuah produk/layanan.

Landing Page Adalah Konsep Khusus Penting Pemasaran!

Landing Page Adalah

Halaman khusus ini merupakan laman web yang berdiri sendiri, di mana dibuat khusus untuk tujuan jualan online, kampanye pemasaran atau periklanan. Itu secara spesifik memang ditujukan sebagai arahan untuk CTA (call to action) para pengunjung.

Halaman tersebut digunakan untuk berbagai tahap dalam pemasaran, mulai dari perkenalan pengguna di pasar target terhadap sebuah merek, sampai tahapan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang bersedia membayar/membeli.

Penggunaan landing page pada tahapan apapun dalam pemasaran akan membantu marketer atau pemilih bisnis untuk tujuan. Dengan keberhasilan mengubah pengunjung menjadi prospek, itu sudah mencapai tahap pertama yang sukses untuk menciptakan hubungan baik.

Dengan bantuan halaman arahan ini, laman situs perusahaan akan dirancang untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Beberapa hal berikut menjadi contoh tindakan yang mungkin pengunjung lakukan setelah klik landing page:

  1. Melakukan pembelian
  2. Membantu membawa prospek lain dengan mengisi form
  3. Menghubungi pemilik laman
  4. Mengirimkan chat kepada pemilik bisnis
  5. Berlangganan buletin atau mendaftarkan email
  6. Mendaftarkan diri ikut acara yang ditawarkan
  7. dll

Intinya, semua tindakan konversi ini akan mencapai tujuan dasar yang sama, yakni mendorong pengunjung untuk menjadi pelanggan dan bersedia membayar. Target akhir pemasaran dan iklan apapun tentunya adalah konversi dan pembelian.

Ini membuat landing page adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran online untuk blogger maupun perusahaan besar. Pemilik usaha online, bisa dibilang sangat membutuhkannya, terlebih jika dimanfaatkan dengan baik.

Jenis Landing Page Paling Umum

Landing Page Adalah

Jika pebisnis atau marketer menggunakan teknik pemasaran ini, maka tujuan kampanye atau pengiklanan bisa tercapai, itu bahkan cukup membantu. Berikut ini beberapa jenis landing page yang dapat digunakan untuk online marketing.

  1. Lead Generating Landing Pages

Halaman ini akan berusaha mengubah pengunjung situs web yang ditargetkan menjadi prospek untuk bisnis terkait dengan mengumpulkan informasi pribadi mereka, berupa nama, nama perusahaan, email, nomor telepon, pekerjaan, media sosial, dan sejenisnya.

Melalui informasi ini, pemilik laman dapat bekerja untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Landing page adalah sarana yang digunakan untuk membuat daftar pelanggan email, atau meningkatkan penjualan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Click-Through Landing Pages

Halaman ini menyajikan informasi tentang diskon, promosi, atau penawaran dengan maksud meyakinkan pengguna untuk segera bersedia membeli. Page ini cenderung dirancang lebih sederhana dan banyak digunakan untuk siklus pembelian.

  1. Explainer Landing Pages

Lebih dikenal sebagai landing page infomersial, di mana itu akan bergantung pada isi konten bisnis yang cukup banyak untuk menarik pengguna agar bersedia mengambil tindakan atau langkah selanjutnya.

Untuk menarik pengguna, halaman ini bertindak seperti infomersial dengan menghadirkan banyak manfaat, fitur, dan isi konten yang meyakinkan. Itu lebih mengarah pada informasi dan pengetahuan mendidik bagi pengguna.

Menggunakan jenis ini, tujuan landing page adalah bagian kampanye ideal agar pengguna memberikan informasi pribadi terperinci atau melakukan pembelian besar, banyak digunakan bisnis untuk promosi kursus pendidikan atau produk/layanan mahal.

  1. Product Detail Landing Pages

Opsi pemasaran ini lebih sering digunakan dalam industri retail, di mana landing page akan berisi detail produk untuk memberi pengunjung setiap informasi tentang suatu produk. Tujuannya supaya pengguna yang tertarik langsung ke produk dan langsung membeli.

Untuk memilih format landing page sesuai dengan bisnis, maka itu kembali lagi pada taktik pemasaran dan tujuan keseluruhan kampanye/iklan. Tersedia berbagai jenis landing page di pasaran yang bisa diterapkan menunjang konversi pembelian produk/layanan.

Cara Terbaik Mengoptimalkan Landing Page

Landing Page Adalah

Karena tujuan landing page adalah mengkonversi pengunjung menjadi prospek hingga bersedia melakukan pembelian, pembuatannya perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini praktik terbaik untuk landing page yang sukses.

  1. Membuat Judul yang Menarik

Sangat perlu mengembangkan judul yang akan segera menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka ingin terus membaca. Ini menjadi perhatian pertama mereka data membuka halaman, jadi judul wajib diutamakan.

  1. Menyampaikan Nilai Penawaran dengan Efisien

Menyampaikan nilai penawaran secara ringkas dan efektif sangat penting, usahakan itu hanya perlu waktu sekitar 3-5 detik jika ingin konversi punya peluang lebih tinggi. Pengujung biasanya hanya butuh satu kedipan untuk memutuskan stay atau pergi.

  1. Membuat Poin/List

Cara ini membuat pengujung lebih cepat mengerti dan tidak mudah bosan. Pembaca tidak menyukai paragraf panjang, melainkan list/poin ringkasan singkat dari penawaran. Itu dapat menarik mereka lebih tertarik untuk berkonversi.

  1. Membuat Formulir

Sesuaikan isian form dengan tujuan pembuatan landing page. Untuk awareness merek, formulir yang singkat tentang informasi dasar seperti nama dan alamat email sudah cukup. Semakin banyak isian maka prospek semakin dekat pada tahap pengambilan keputusan.

BACA JUGA: Kelebihan Dari Viral Marketing

  1. Menghapus Navigasi Situs

Kurangi gangguan pengunjung saat mereka berada di landing page, termasuk menghapus setiap navigasi agar mereka tidak meninggalkan halaman, melainkan hanya fokus pada konten yang ada, daripada terganggu oleh tautan menarik lainnya.

  1. Menambah Gambar/Video

Tambahan gambar/video bagus akan menarik pengunjung, jadi pastikan untuk menyertakannya dan gunakan video/gambar yang relevan karena orang-orang lebih cenderung untuk tetap berada di halaman jika itu bagus.

Secara berkala, pengujian dan perubahan kecil wajib dilakukan guna menjaga kesesuaian pemasaran dan penjualan, mengingat bahwa tujuan landing page adalah menjangkau semakin banyak orang untuk melihat dan mengkonversinya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!