Home » 9 Elemen Strategi Marketing 4P dan Adopsi Pemasaran Terbarunya

9 Elemen Strategi Marketing 4P dan Adopsi Pemasaran Terbarunya

Dalam pemasaran, marketing 4P merupakan salah satu konsep jadul namun masih banyak digunakan hingga sekarang. Itu memiliki empat elemen kunci penting, di mana masing-masing ini merupakan bagian pemasaran yang bekerja sama membedakan barang/jasa pesaing.

Pemasar akan menjawab sejumlah pertanyaan terkait 4 faktor yang menjadi bagian marketing ini, di mana itu mencakup product, price, place, dan promo. Sering juga disebut strategi gabungan, karena melibatkan berbagai taktik sekaligus.

Mulai dari memetakan keinginan konsumen, hingga menemukan bagaimana cara membuat pelanggan tertarik dengan layanan/merek yang ditawarkan, merupakan bagian strategi menjalankan marketing legendaris ini.

Sudah diperkenalkan sejak tahun 50 silam, pemasaran barang atau jasa bisa sukses memenuhi kebutuhan konsumen ketika masing-masing faktor diperhatikan dengan seksama. Strategi pemasaran gabungan ini cukup efektif bagi merek jika melibatkan pelanggan di dalamnya.

Alasan Mengapa Marketing 4P Begitu Penting

marketing 4p dalam pemasaran

Memahami 4P bisa dibilang sangat penting untuk membedakan barang atau jasa di pasar sehingga bisa menemukan solusi terbaik melawan pesaing. Elemen ini akan sangat saling bergantung, maka untuk melalui prosesnya, pemasar harus paham. Berikut penjelasannya.

  1. Product (Produk)

Jadi terlepas dari jenis bisnis yang sebuah perusahaan, tentu itu akan memiliki hasil produk, baik itu barang/layanan. Produk tersebut dihasilkan dan sediakan untuk dijual kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan, atau memberikan pengalaman ke pengguna.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!