Mungkin banyak yang mengenal bahwa referral adalah hal yang biasa digunakan untuk menyebarkan produk, jika mendapat pelanggan akan mendapat reward. Sebenarnya ini adalah salah satu strategi marketing yang ampuh digunakan untuk meningkatkan branding atau penjualan.
Strategi ini bukan hanya diterapkan pada aplikasi yang sudah banyak beredar yaitu aplikasi reward dan lain sebagainya. Namun bisa juga digunakan untuk perencanaan marketing bagi bisnis, baik itu dalam bentuk penjualan produk atau peningkatan brand.
Pengertian Referral Adalah, Berikut Penjelasannya
Banyak orang mengatakan bahwa strategi referral itu adalah strategi pemasaran terbaik dalam sebuah digitalisasi marketing. Karena dalam referral bukan hanya Anda yang bekerja untuk mencari pelanggan tapi Anda juga mendorong pelanggan untuk mencari pelanggan lain.
Referral adalah strategi marketing yang mendorong konsumen untuk mengajak konsumen baru. Strategi ini juga sering disebut dengan strategi saling undang, dengan menyebarkan kode referral atau undangan akan membantu mempromosikan brand. Sudah banyak brand yang menerapkan konsep marketing ini.
Dengan begitu Anda menjadi punya kumpulan orang marketing yang dibayar dengan reward tertentu dan mereka akan mencari pelanggan dengan sendirinya. Namun Anda harus memberikan reward yang bisa mendorong keinginan untuk pelanggan.