Home » Referral Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya Untuk Marketing

Referral Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya Untuk Marketing

Mungkin banyak yang mengenal bahwa referral adalah hal yang biasa digunakan untuk menyebarkan produk, jika mendapat pelanggan akan mendapat reward. Sebenarnya ini adalah salah satu strategi marketing yang ampuh digunakan untuk meningkatkan branding atau penjualan.

Strategi ini bukan hanya diterapkan pada aplikasi yang sudah banyak beredar yaitu aplikasi reward dan lain sebagainya. Namun bisa juga digunakan untuk perencanaan marketing bagi bisnis, baik itu dalam bentuk penjualan produk atau peningkatan brand.

Pengertian Referral Adalah, Berikut Penjelasannya

Banyak orang mengatakan bahwa strategi referral itu adalah strategi pemasaran terbaik dalam sebuah digitalisasi marketing. Karena dalam referral bukan hanya Anda yang bekerja untuk mencari pelanggan tapi Anda juga mendorong pelanggan untuk mencari pelanggan lain.

Referral adalah strategi marketing yang mendorong konsumen untuk mengajak konsumen baru. Strategi ini juga sering disebut dengan strategi saling undang, dengan menyebarkan kode referral atau undangan akan membantu mempromosikan brand. Sudah banyak brand yang menerapkan konsep marketing ini.

Dengan begitu Anda menjadi punya kumpulan orang marketing yang dibayar dengan reward tertentu dan mereka akan mencari pelanggan dengan sendirinya. Namun Anda harus memberikan reward yang bisa mendorong keinginan untuk pelanggan.

Hal ini dilakukan agar semangat dalam melakukan pemasaran. Selain itu pebisnis juga tidak perlu menggunakan strategi pemasaran lainnya karena setiap pelanggan akan menggunakan strategi pemasaran sendiri dalam mencari pelanggan.

Bahkan marketing ini menjadi paling terbaik karena ketika merekomendasikan barang biasanya pelanggan akan memasarkan produk ke teman dekat mereka. Salah satu keunggulan referral adalah kepercayaan konsumen.

Biasanya orang yang mendapat rekomendasi dari orang-orang terdekat itu mempunyai kemungkinan membeli produk lebih tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang pada umumnya lebih percaya pada kenalan pribadi dari pada toko atau sebuah brand.

Mengenal Cara Kerja Referral Adalah

Sebelum membuat strategi marketing ini harus di cari terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari strategi marketing saling undang ini. Simak berikut langkah dan cara kerja pembuatan referral marketing.

  1. Buatlah Kode Referral

Pertama dalam menerapkan strategi marketing referral adalah dengan membuat kode referral. Kode ini bisa berupa satu untuk semua pelanggan atau bisa berbeda-beda untuk setiap pelanggannya.

Kode referral ini bisa dikatakan sebagai tiket untuk pelanggan jika ingin mendapatkan reward atau hadiah. Kode ini juga bisa menjadi acuan atau ukuran yang menentukan seberapa banyak pelanggan dalam mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

  1. Minta Pelanggan untuk Menyebarkan Kode Referral

Dalam menyebarkan kode referral tentunya harus ada dorongan agar pelanggan bisa semangat untuk menyebarkan kode tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan menuliskan syarat-syarat tertentu dan hadiah apa yang akan didapatkan oleh pelanggan ketika berhasil melakukan misinya.

Dalam kode referral ini sangatlah beragam tidak hanya dalam bentuk uang saja. Kamu bisa juga dengan menggunakan potongan free ongkir atau diskon harga atau membagikan barang secara gratis misalnya ketika mencapai target tertentu.

  1. Memberikan Reward atau Hadiah

Setelah pelanggan berhasil mendapatkan pelanggan baru dan sudah mencapai misinya maka Anda wajib memberikan reward sesuai dengan janji yang sudah Anda buat sebelumnya. Pemberian reward ini harus sudah Anda atur dalam syarat dan ketentuan yang sebelumnya dibuat bisa langsung ke rekening pelanggan atau dalam transaksi lainnya.

Jangan sampai mengecewakan pelanggan yang sudah susah payah mencari pelanggan baru dengan menggunakan kode referral marketing. Pastikan semua orang mendapatkan reward dan hadiah sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat sebelumnya dengan pelanggan.

Kelebihan Referral Marketing yang Perlu Diketahui

Sebenarnya menggunakan strategi referral marketing ini ada banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah strategi marketing ini bisa dilakukan bahkan tanpa modal sekalipun, untuk mengetahui lebih lanjut simak berikut ini kelebihannya :

  1. Target yang Jelas

Target dalam strategi marketing referral ini bahkan sangat jelas karena Anda hanya perlu menyebarkan kode ke pelanggan. Kemudian Anda hanya perlu menunggu para pelanggan ini melakukan strategi marketing mereka sendiri.

Pelanggan Anda akan melakukan promosi pada orang-orang terdekat orang-orang yang sudah jelas ada di dekat mereka. Anda tidak perlu lagi mencari target pasar secara luas karena orang-orang yang mempunyai kode referral sudah bekerja untuk Anda.

  1. Kepercayaan Lebih Tinggi

Ketika Anda mendapatkan rekomendasi dari teman dekat Anda apa yang Anda rasakan? Anda akan lebih mudah percaya pada orang tersebut. Kebanyakan orang akan lebih mudah percaya pada orang-orang terdekat Anda yang merekomendasikan barang tertentu.

Tujuan marketing referral adalah mencapai hal tersebut, ketika pelanggan merekomendasikan brand Anda atau produk Anda kepada orang-orang terdekat mereka. Secara otomatis orang-orang terdekat itu akan lebih mempercayai rekomendasi yang diberikan, cara ini sebenarnya berdasarkan pada strategi klasik dari mulut ke mulut.

BACA JUGA: Strategi Remarketing Untuk Meningkatkan Penjualan

  1. Gratis

Strategi marketing referral ini bisa dilakukan dengan cara gratis tanpa mengeluarkan reward atau hadiah apapun, caranya dengan meningkatkan produk dan kualitas layanan. Karena sebenarnya strategi marketing ini secara dasar atau klasik itu adalah strategi dari mulut ke mulut.

Ketika Anda merekomendasikan produk atau brand kepada orang lain maka Anda sudah melakukan strategi referral sebenarnya tanpa sadar. Inilah yang harus Anda terapkan pada saat strategi marketing dan menjalankan bisnis Anda.

Utamanya dengan cara meningkatkan kualitas dan memaksimalkan layanan agar tidak ada orang yang kecewa dan membuat orang terus merekomendasikan produk. Jika kualitas terjaga orang-orang akan melakukan tugas marketing tanpa perlu diminta.

Menggunakan strategi marketing referral dalam menjalankan bisnis bisa menjadi salah satu pilihan yang harus Anda pertimbangkan. Alasannya karena strategi marketing referral adalah yang terbaik diantara strategi marketing yang lainnya karena mempunyai banyak keunggulan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!