Home » Social Media Marketing Adalah? Berikut Pengertian dan Pentingnya Untuk Bisnis

Social Media Marketing Adalah? Berikut Pengertian dan Pentingnya Untuk Bisnis

Social media marketing adalah salah satu bagian daripada digital marketing dan penting untuk Anda ketahui. Dalam menjalankan bisnis online rasa-rasanya perlu memahami seluk beluk pemasaran online. Karena untuk menggaet traffic pengunjung butuh strategi khusus dalam bisnis.

Bisnis online yang sekarang menjamur adalah menggunakan sosial media. Platform seperti facebook, Instagram, dan Youtube menjadi wadah yang paling banyak digunakan warganet. Platform medsos lebih familiar digunakan karena jumlah pengguna terbanyak dibanding medsos lain.

Perkembangan teknologi ditambah merebaknya pandemi Covid-19 membuat perubahan perilaku bisnis. Dalam bisnis konvensional Anda dituntut untuk memiliki toko berbentuk fisik, namun pada usaha daring Anda tetap bisa menjual produk melalui toko pada marketplace.

Akibatnya adalah masyarakat lebih cenderung berbelanja online ketimbang berbelanja ke toko. Karena selain lebih menghemat waktu, Anda juga dapat memperoleh tawaran-tawaran menarik. Terlebih belanja daring sudah menjadi kebiasaan juga pada zaman sekarang.

Perlu diketahui juga, saat ini social media marketing masih menjadi strategi pemasaran terefisien dan terjangkau. Berbisnis daring juga tidak mengenal skala, dengan modal kecil atau besar tetaplah bisa berbisnis. Maka penting untuk Anda mempelajari strategi usaha dalam medsos, agar dapat menarik banyak pelanggan.

Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Dengan Skala Kecil

social media marketing adalah

Untuk usaha rintisan skala kecil tentu ekspektasi seseorang pasti ingin memperbesar skrup bisnisnya. Menggunakan medsos dalam pemasaran jadi solusi utama karena dapat memberikan manfaat dan keuntungan. Berikut adalah tips-tips yang bisa diterapkan.

  1. Ciptakan Kredibilitas Pada Produk

Bangunlah kepercayaan pada usaha tidaklah seruwet dalam pikiran. Tidak perlu banyak followers pada medsos, cukup perlu menyambungkan produk jualan pada sasaran yang tepat. Caranya melalui menciptakan brand awareness.

BACA JUGA:  Sales Associate Adalah: Manfaat, Kemampuan dan Trik Memilihnya

Brand awareness adalah kemampuan pelanggan untuk secara langsung mengetahui dan mengingat satu brand hanya melalui proses melihat. Sesuatu dalam brand yang dilihat pun tidak sembarang, tips nya adalah menunjukan warna, logo, gambar, dan sesuatu menarik lain dan menggambarkan merek.

Ciptakanlah visibilitas pada produk agar merepresentasikan bisnis. Lakukan desain menarik pada website, blog, dan medsos sesuai produk jualan. Jika tidak memliki kemampuan desain grafis bisa menggunakan penyedia jasa professional.

  1. Jaring Konsumen Potensial

Ketahui produk jual secara baik, Anda kemudian bisa sesuaikan dengan target pasar dari barang jualan. Salah satu tempat jualan paling potensial adalah sosmed, seperti facebook dan Instagram. Kedua platform tersebut bisa digunakan untuk menarik konsumen baru.

Diketahui terdapat jutaan pengguna dari facebook dan Instagram, dengan menyelam baik dari sosmed tersebut peluang meningkatkan usaha menjadi cerah. Ekspansi bisnis bisa dilakukan selain daripada menyasar market lokal tentu bisa juga menyasar pasar luar negeri.

  1. Jaring Relasi Pada Sosmed

Koneksi adalah penting dalam medsos, merawat pelanggan dengan baik akan berbuah pada penjualan produk. Koneksi yang baik dalam berbisnis akan mempermudah Anda dalam melangkah ke tahap selanjutnya dalam pemasaran produk. Manfaatkan semua akses, dan tuai manfaatnya nanti.

  1. Share Konten Terakurasi

Strategi terbaik untuk mengelola pengunjung website adalah dengan edukasi konten. Melalui edukasi pada konten akan membantu pengunjung untuk mengarah pada pembelian barang. Gunakanlah teknik softselling agar calon pembeli diedukasi melalui informasi bermanfaat.

Lakukanlah perencanaan sebaik mungkin, salahsatu hal yang perlu diperhatikan yaitu jadwal posting konten. Buatlah produk terasa hidup dengan rajin melakukan posting, hasilnya warganet pasti lambatlaun tertarik untuk berkunjung.

  1. Analisis Kompetitor

Jangan pernah hiraukan pesaing dengan produk jualan yang serupa. Alasan sederhananya adalah mereka juga ingin melakukan yang terbaik sama seperti Anda. Pesaing perlu dimasukan dalam daftar penelitian. Amatilah aktivitas sosmed pesaing agar Anda bisa melakukan antisipasi.

BACA JUGA:  Kenali Apa Itu Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Tips Menjalankannya

BACA JUGA:

Alasan Pentingnya Menguasai Pemasaran pada Sosmed

Hal paling utama yang biasa menjadi permasalahan pada usaha rintisan adalah terkendala modal. Modal sedikit biasanya menjadi penghalang pebisnis untuk melakukan ekspansi bisnis besar-besaran. Akibat minimnya modal mengharuskan kehati-hatian dalam berbelanja dan sesuai kebutuhan.

Dengan menguasai strategi social media marketing diatas dengan baik bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Alasannya adalah dengan menguasai strategi usaha online tidaklah diperlukan dana berlebih. Poin plus nya adalah Anda juga mendapatkan akses pasar seluas-luasnya.

Keuntungan pertama yang didapat adalah masifnya pengguna pada jejaring social. Hari ini sudah terbentuk masyarakat digital, baik dari mereka pasti memiliki tiga sosmed utama yaitu facebook, Instagram, dan twitter. Jumlah pengguna medsos di Indonesia sendiri berjumlah 150 juta orang.

Alasan penting selanjutnya adalah kemudahan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sosmed adalah tempat dimana pelanggan dapat lebih mudah menerima beli produk. Alasannya sederhana saja, media yang tepat untuk menawarkan dengan cara menyenangkan dan gampang adalah medsos.

Didalamnya Anda bisa menciptakan koneksi sesuai dengan karakteristik calon pembeli. Caranya hanya dengan kirim pesan lewat direct message, membuat topik diskusi di twitter membuat tanya jawab pada Instagram Story dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan social media marketing juga diuntungkan dengan membuat banyak jenis platform dengan jenis konsumen berbeda. Caranya adalah dengan membuat daftar jelas tentang biodata pelanggan, seperti jenis kelamin, usia, hobi, atau tempat tinggal.

Semakin mendetail maka akan semakin baik. Informasi dalam daftar yang dibuat akan bermanfaat sekali karena memberikan wawasan. Entah itu wawasan tentang konsumen atau wawasan tentang jenis platform apa yang akan digunakan.

Untuk urusan pemasaran, social media marketing menjadi solusi andalan untuk melakukan promosi dengan budget murah tapi membuahkan hasil maksimal. Memahami seluk beluk dunia bisnis digital akan membuat usaha Anda berkembang dengan pesat.

Bagikan artikel: