Home » Konsep Pemasaran: Pengertian, Jenis dan Hal Penting di Dalamnya

Konsep Pemasaran: Pengertian, Jenis dan Hal Penting di Dalamnya

Konsep pemasaran perlu dipikirkan matang-matang sebelum dieksekusi. Tujuannya agar proses yang dilakukan untuk pemasaran berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan dan tujuan dari perusahaan Anda.

Setiap perusahaan pastinya memiliki cara tersendiri untuk memasarkan produknya. Apapun caranya, pasti memiliki tujuan tertentu sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap perusahaan di masa mendatang.

Tentunya adanya pemasaran tidak akan jauh dari keuntungan yang diinginkan. Setiap pemasaran menginginkan pendapatan yang ditargetkan perusahaan tertentu dalam jangka waktu tertentu pula sesuai dengan perhitungan perusahaan.

Selain itu, tujuan adanya pemasaran juga untuk mengenalkan produk yang ditawarkan. Hal ini bisa membuat produk Anda dikenal dan diingat oleh masyarakat luas jika pemasarannya berhasil dilakukan.

Saat ini pemasaran sudah mulai beralih ke sistem digital atau sering dikenal dengan digital marketing. Meskipun demikian, konsep yang dilakukan baik secara konvensional maupun digital tetap harus dipahami.

Hal yang membuat berbeda hanyalah platform untuk proses pemasarannya. Sementara itu, teknik-teknik yang digunakan dalam proses pemasaran tidak akan jauh berbeda antar platform yang digunakan.

Pengertian Konsep Pemasaran yang Perlu Diketahui

konsep marketing

Proses pemasaran atau marketing menjadi bagian penting yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan tidak jarang jika pemasaran disamakan dengan penjualan, padahal kedua hal ini berbeda.

Pada dasarnya di dalam proses yang dilakukan antara marketing dan penjualan berbeda. Konsep dari pemasaran tidak selalu melakukan penjualan yang langsung memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Konsep marketing lebih berkaitan dengan adanya bisnis untuk melakukan identifikasi dan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Tentunya proses ini dilakukan untuk memberikan keuntungan kepada konsumen maupun perusahaan.

Setiap bisnis pastinya memiliki strategi marketing berbeda-beda sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini membuat konsep marketing lebih mengarah pada pemenuhan tujuan dari sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Secara sederhananya konsep marketing juga bisa diartikan sebagai serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan. Serangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat pembeli berminat terhadap yang ditawarkan.

Penjelasan lain tentang konsep marketing juga bisa berhubungan dengan kebutuhan pasar dan konsumen. Karena hal itulah di dalam proses pemasaran ada analisis perkembangan kebutuhan para penggunanya.

Jenis-Jenis dari Konsep Pemasaran

konsep pemasaran

Di dalam praktiknya, konsep marketing memiliki beberapa jenis yang perlu diperhatikan berdasarkan kriterianya. Berikut ini beberapa jenis dari konsep marketing yang perlu Anda pahami dengan baik.

  1. Needs atau kebutuhan

Dalam proses pemasaran maka harus disesuaikan dengan needs atau kebutuhan dari konsumen. Hal ini berhubungan dengan sesuatu yang penting bagi orang untuk dapat hidup sehat, stabil dan aman.

Ketika kebutuhan dasar tidak dapat dipenuhi, maka akan memberikan hasil yang buruk dan tidak sesuai harapan. Karena hal itulah penting untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan pelanggan akan produk yang ditawarkan.

  1. Wants atau keinginan

Selain adanya kebutuhan yang penting dalam proses pemasaran, maka Anda juga perlu memperhatikan keinginan dari konsumen tertentu. Keinginan menjadi sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakan oleh orang tertentu.

Artinya, dalam hal ini tidak perlu harus ada melainkan dibentuk oleh budaya tertentu. Anda bisa menyasar produk yang merupakan bagian dari “wants” pada kalangan tertentu yang memang menginginkannya.

  1. Demands atau permintaan

Satu hal yang harus diperhatikan dari pelanggan saat melakukan pemasaran adalah demands atau permintaan. Biasanya hal ini akan berhubungan dengan kebutuhan dan keinginan yang didukung kemampuan untuk membayar.

Mungkin hal ini tidak dimiliki oleh semua orang sehingga target pelanggan bisa menyasar kalangan tertentu. Jadi pemasaran Anda tidak akan sia-sia jika target marketnya sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Adanya tiga hal yang perlu diperhatikan bisa menjadi acuan pelaksanaan konsep marketing yang sesuai untuk dilakukan. Hal ini bisa memaksimalkan tujuan Anda dalam memasarkan produk yang tepat sasaran.

Bagian Penting Dalam Konsep Pemasaran

konsep marketing

Di dalam konsep marketing terdapat beberapa hal di dalamnya yang perlu diperhatikan di dalam prosesnya. Berikut ini beberapa bagian dari pemasaran yang penting untuk Anda pahami dengan baik.

  1. Konsep produksi

Konsep produksi berhubungan dengan bisnis yang berorientasi produksi akan mendominasi pasar. Selama adanya konsep produksi, maka bisnis utama yang berkaitan dengan masalah produksi, manufaktur dan efisiensi.

Perusahaan yang menggunakan konsep ini menganggap bahwa harga terjangkau menjadi disukai pelanggan. Konsep ini berhubungan dengan pendekatan meningkatkan pasokan karena mengurangi biaya di dalam prosesnya.

  1. Konsep produk

Hal ini berhubungan dengan asumsi pelanggan lebih menyukai produk yang berkualitas dan harga lebih tinggi. Tentunya tidak terlepas pula dari ketersediaan yang tidak mempengaruhi pembelian para pelanggan.

  1. Konsep penjualan

Konsep ini memang lebih fokus pada proses membuat penjualan produk yang sebenarnya. Adanya konsep ini memfokuskan pada penjualan yang terlepas dari kebutuhan pengguna dan kualitas produk.

  1. Konsep pemasaran

Perusahaan yang menganggap hal ini penting maka akan berfokus pada konsumen sebagai tujuan dari organisasi bisnis yang dijalankan. Semua aktivitasnya diarahkan untuk konsumen untuk pengembangan bisnis.

BACA JUGA: Management Pemasaran dan Berbagai Fungsi Pentingnya

  1. Konsep pemasaran masyarakat

Konsep ini relatif baru digunakan di kalangan pembisnis yang lebih menyoroti kebutuhan dan keinginan target pasar. Konsep ini lebih menekankan pada pentingnya kesejahteraan pelanggan dan masyarakat secara menyeluruh.

Konsep ini juga mengajar para pemasar untuk mempertimbangkan sosial dan etika ketika melakukan proses pemasaran. Tentunya harus diseimbangkan antara laba perusahaan dengan kepentingan publik secara menyeluruh.

Pentingnya proses pemasaran di dalam perusahaan akan mendukung kemajuan perusahaan. Karena hal itulah banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk konsep pemasaran yang akan digunakan dalam proses pemasaran.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!