Home » Marketing Executive Adalah? dan Keterampilan Apa yang Harus Dimiliki?

Marketing Executive Adalah? dan Keterampilan Apa yang Harus Dimiliki?

Anda tentu pernah mendengar tentang marketing executive atau ME, yaitu sebuah profesi di bidang marketing dan menjadi target dari orang-orang yang bekerja di bidang ini. Sebab profesi satu ini sangat menjanjikan.

Bagi sebagian orang pekerjaan satu ini masih asing dan tidak mengenai apa saja pekerjaan serta kewajiban dari seorang ME. Akan tetapi, orang-orang tahu bahwa pekerjaan satu ini punya gaji besar sehingga dianggap profesi bergengsi.

Bagi Anda yang ingin berkarier di bidang ini tentu harus mengenal apa saja hal-hal terkait pekerjaan dan kewajibannya. Bukan hanya itu, seorang eksekutif pemasaran juga memerlukan keahlian khusus. Sebab tanggung jawab dari profesi ini sangat besar.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai profesi ini, kami ingin memberikan informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan ME, mulai dari pengertian hingga beberapa keahlian harus dimiliki.

Pengertian Marketing Executive yang Perlu Diketahui

Marketing Executive adalah 3

Secara sederhana Eksekutif pemasaran merupakan orang dengan tugas dan tanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran dari sebuah produk, merek, atau perusahaan. Tugasnya sangat beragam dan berkaitan penuh dengan promosi produk maupun jasa.

Tugasnya mencakup penguasaan SEO untuk memasarkan produk melalui konten artikel di internet, menemui calon klien, menganalisis target audience, hingga pembuat konten atau artikel digunakan untuk promosi.

Namun, tidak sama dengan pembuat konten pemasaran di internet atau media sosial maupun seorang promotor di bidang digital. Sebab marketing executive berfokus pada memaksimalkan keuntungan melalui strategi yang digunakan.

Kemudian strategi inilah yang digunakan oleh bagian marketing untuk pembuatan konten promosi di berbagai media, termasuk media digital. Strategi akan dijalankan oleh bagian marketing dan terus diawali ME agar berjalan dengan baik.

Bisa dikatakan bahwa ME dapat menjadi perencana sekaligus penggerak strategi yang sudah dibuat. Karena terkadang ME harus bergerak sendiri untuk menjalankan strategi buatannya, bukan hanya sekadar mendelegasikan tugas.

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive

Marketing Executive 1

Memiliki profesi sebagai ME tentu ada tugas dan tanggung jawab yang diemban. Semua kewajiban harus dijalankan agar bisa meraih tujuan, yaitu memberikan keuntungan bagi pemilik produk, brand, atau perusahaan. Berikut uraian beberapa tugas ME:

  1. Pembuatan Data Prospek Pelanggan

Salah satu tugas utama dari ME adalah menentukan atau mencari target pasar dari produk atau brand tertentu. Target pembeli harus ditentukan melalui data prospek sehingga tujuan pemasaran menjadi jelas.

Sumber data bisa didapat dari mana saja, misalnya referensi teman, keluarga, atau dengan melihat pelanggan perusahaan atau brand serupa. Selain itu, juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

  1. Pembuatan Rencana Penawaran

Data target pembeli yang dibuat marketing executive kemudian ditindaklanjuti dengan membuat rencana penawaran. Karena tujuannya sudah jelas, maka harus mulai melakukan follow up kepada target pasar tersebut.

  1. Lakukan Promosi

Setelah perencanaan promosi dibuat, dilanjutkan dengan langsung melakukan promosi yang dititikberatkan pada target pembeli. Bentuk promosi sangat beragam, bisa melalui media luring maupun daring.

Saat ini, kebanyakan promosi dilakukan menggunakan metode daring dengan memanfaatkan sosial media maupun iklan digital. Namun, pemasaran secara luring juga tetap diterapkan.

  1. Mencapai Target Penjualan

Tolak ukur keberhasilan kerja ME adalah dari hasil omset penjualan. Sebelum perencanaan mulai dibuat, biasanya ditentukan besar capaian ingin didapatkan sehingga hasil akhir diukur berhasil tidaknya dari target capaian ini.

Sebuah kegiatan promosi akan dinilai berhasil apabila bisa mencapai atau melampaui target. Namun, akan gagal apabila belum mencapai target diinginkan, jika hal ini terjadi harus dilakukan evaluasi kembali mengenai strategi promosi yang digunakan.

BACA JUGA:

Keterampilan yang Harus Dimiliki Marketing Executive

Marketing Executive 1

Untuk menjadi seorang ME tentu tidak bisa dicapai dengan mudah, perlu pendidikan yang sesuai juga keterampilan khusus. Jika Anda ingin menjadi seorang ME, maka beberapa keterampilan berikut harus dimiliki:

  1. Kemampuan Berkomunikasi

ME merupakan pekerjaan yang mengharuskan seseorang berurusan dengan banyak orang sehingga kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan. Anda harus tahu bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik menggunakan berbagai media.

Menghadapi berbagai klien dan konsumen menjadi hal yang harus dilakukan setiap hari sehingga harus tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Komunikasi dapat dilakukan secara verbal, tulisan, maupun media visual.

  1. Public Speaking

Anda juga harus memiliki kemampuan berbicara di depan umum jika ingin menjadi seorang marketing executive. Kepercayaan diri yang tinggi dan pengetahuan luas menjadi kunci agar bisa berbicara di hadapan orang banyak.

Sebab dengan cara berkomunikasi atau berbicara di depan umum, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa lebih efektif. Selain itu, juga mampu meningkatkan kepercayaan klien maupun konsumen.

  1. Kemampuan Menulis yang Baik

Tidak jarang seorang ME harus berhubungan dengan klien dan konsumen melalui media tulisan, terutama saat melakukan promosi. Kemampuan menulis yang baik akan sangat membantu dalam menjalankan tugas.

Anda bisa melakukan promosi barang atau jasa melalui tulisan, bisa berupa artikel maupun konten-konten di sosial media. Kemampuan ini harus terus diasah agar sesuai dengan perkembangan zaman.

  1. Memiliki Kemampuan Analisis dan Kreatif

Kemampuan analisis diperlukan untuk menentukan target pasar yang tepat juga dapat digunakan untuk mengamati dan mengetahui keinginan pasar. Dengan demikian dapat melakukan promosi produk dan jasa dengan baik.

Kreativitas sebenarnya dibutuhkan dalam segala bidang pekerjaan, apalagi yang berhubungan dengan promosi. Kreativitas tinggi dapat membantu memunculkan berbagai ide baru dan inovasi sehingga promosi berjalan semakin lancar.

Saat ini, kebutuhan akan tenaga ME masih sangat tinggi, sehingga sekolah tinggi maupun universitas membuka kesempatan besar bagi mahasiswa mempelajarinya di berbagai jurusan ilmu dan pendidikan.

Bagi Anda yang punya tujuan untuk menjadi ME, maka mulai dari sekarang harus mengembangkan diri dan terus menggali potensi diri. Terutama mengembangkan keahlian-keahlian yang dibutuhkan seorang marketing Executive.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!