Istilah marketing communication alias komunikasi pemasaran mungkin masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hanya mereka yang berkecimpung di dunia pemasaran mengerti mengenai istilah tersebut.
Sebenarnya, saat ini komunikasi pemasaran banyak digunakan di perusahaan-perusahaan dalam negeri karena memiliki efektivitas tinggi. Perusahaan yang menggunakan teknik komunikasi pemasaran ini bisa meningkatkan penjualan dengan sangat baik.
Komunikasi pemasaran mengacu pada target pasar sebuah perusahaan, dan untuk mencapainya digunakan berbagai macam cara. Misalnya melalui iklan, pemasaran langsung, maupun melakukan branding.
Meskipun terlihat simpel, sebenarnya ada konsep penting dan harus dilaksanakan agar penggunaan komunikasi pemasaran bisa berhasil. Penetapan strategi tepat dengan skill pendukung akan meningkatkan peluang keberhasilan.
Apa yang Dimaksud Marketing Communication?
Sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi promosi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai komunikasi pemasaran ini. Secara singkat marketing communication adalah segala pesan dari perusahaan untuk berkomunikasi dengan pasar.
Pesan disampaikan dengan menggunakan berbagai media, seperti iklan, branding, pengemasan, kegiatan PR, presentasi penjual, sponsor, dan lainnya. Sasaran utama adalah pembeli potensial.
Marketing communication biasanya memiliki segmen pasar yang disasar, misalnya wanita usia 20-30 tahun. Bukan hanya memastikan produk terjual, tapi juga memastikan konsumen akan membeli kembali.