Home » Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal dan Analisa Usahanya

Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal dan Analisa Usahanya

Menjalankan sebuah bisnis memang sangat menyenangkan bagi orang yang memang menyukai bidang tersebut. Selain itu, sangat banyak jenis bisnis yang dapat dijadikan pilihan seperti bisnis es batu kristal yang bisa dijalankan di rumah. Memang bisnis ini termasuk sebagai salah satu bisnis rumah yang tentunya tidak membutuhkan modal yang banyak.

Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal

Sebelum memulai bisnis es batu kristal tentu seseorang harus mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan. Dengan tujuan agar usaha yang dijalankan tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan penghasilan yang menguntungkan. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan pembahasan lengkap mengenai cara memulai bisnis tersebut:

1. Pemilihan Tipe Mesin

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memilih tipe mesin yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan es. Salah satu tipe mesin yang dapat dijadikan pilihan oleh pemilik usaha yakni mesin MKS-IM25 dengan kisaran harga Rp 10.000.000 – Rp 11.000.000.

2. Proses Pengantaran

Pada proses pengantaran, pemilik usaha harus menyiapkan kendaraan yang akan digunakan nantinya. Jenis kendaraan yang dipersiapkan sebaiknya memiliki kapasitas  dalam hitungan ton. Selain itu, proses packing pun harus diperhatikan sehingga tingkat kehigienisan es tetap terjaga. Dengan begitu, es tersebut tidak mudah mencair hingga sampai di tempat tujuan.

3. Penentuan Target

Bisnis es kristal tentu mempunyai target pasar untuk menawarkan usaha tersebut. Dimana target pasar yang dimaksud tersebut adalah penjual minuman yang berada di berbagai lokasi. Bukan hanya itu, pemilik bisnis kuliner atau usaha warung makan tentu membutuhkan es tersebut. Dengan begitu, pemilik usaha es kristal bisa memberikan penawaran kepada pemilik bisnis kuliner.

bisnis es batu kristal

Kelebihan Es Batu Kristal

Es tersebut tentu memiliki kelebihan yang menjadi alasan seseorang lebih memilih untuk digunakan. Dimana kelebihan yang dimiliki dari es kristal ini memang sangat banyak seperti lebih praktis dengan ukuran yang kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai kelebihan es kristal yang membedakan dengan es lainnya:

1. Ukuran yang Praktis

Dengan memiliki ukuran yang praktis sehingga tidak menyulitkan seseorang untuk memecahkan es tersebut menjadi bagian kecil. Dimana seseorang bisa menggunakan es tersebut secara langsung untuk dimasukkan ke dalam minuman. Memang es ini banyak dimanfaatkan oleh penjual minuman maupun pemilik warung makan.

2. Higienis

Kebersihan merupakan hal utama yang menjadi alasan konsumen memilih es tersebut. Bagaimana tidak, air yang dijadikan bahan dasar dalam proses pembuatan es ini tentu merupakan air mineral. Seperti yang diketahui bahwa air mineral sudah terjamin kebersihannya sehingga berdampak kepada es yang terjamin higienis.

3. Proses Pengemasan Terbaik

Proses pengemasan es ini tentunya sangat terbaik. Mengapa demikian? Karena es kristal tersebut akan dikemas dengan menggunakan plastik. Adapun plastik yang digunakan merupakan plastik yang bening dan sudah terjamin kebersihannya. Dengan begitu, kualitas dari es tetap terjaga dan tentunya tidak mencair hingga sampai di tempat tujuan.

BACA JUGA:

4. Harga Relatif Murah

Harga yang ditawarkan untuk membeli es kristal ini memang cukup murah. Dimana konsumen bisa membelinya dalam porsi Rp5.000 hingga puluhan ribu. Selain itu, untuk porsi Rp5.000 ini tentu konsumen sudah mendapatkan es yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Penentuan setiap porsi es tentu berdasarkan dengan hitungan timbangan kg.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara memulai bisnis es batu kristal dengan mudah di rumah. Memang bisnis yang satu ini sangat menjanjikan bagi para pengusaha. Bagaimana tidak, keuntungan yang diberikan tentu sangat banyak untuk setiap penjualan. Adapun kelebihan dari es kristal karena memiliki bentuk yang kecil-kecil.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!