Home » Ingin Membuka Usaha Bengkel Las? Persiapkan Modal dan Peralatan Berikut

Ingin Membuka Usaha Bengkel Las? Persiapkan Modal dan Peralatan Berikut

Berbagai jenis pilihan usaha bisa membuka peluang yang menguntungkan. Salah satunya peluang usaha yang menjanjikan adalah usaha bengkel las yang sampai saat ini masih terus dibutuhkan di masyarakat.

Sebelum memulai usaha jasa yang satu ini tentu harus memenuhi semua peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Kali ini akan dibahas apa saja alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis bengkel las dan perkiraan modalnya.

Kebutuhan Peralatan dan Modal

Persiapan untuk memulai usaha memang harus dilakukan secermat mungkin. Apalagi saat harus mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan.

Tentu harus ada perhitungan modal yang matang dan pemilihan produk yang tepat agar bisnis bisa berjalan lancar. Berikut adalah beberapa jenis alat yang akan dibutuhkan untuk membuka bengkel las:

  • Gerinda tangan: Digunakan untuk memotong dan menghaluskan permukaan yang baru saja selesai dilas. (Rp200.000,00)
  • Mesin potong besi: Alat yang dipakai untuk memotong besi. Alat ini digunakan untuk menyesuaikan ukuran besi dengan desain produk yang dipesan oleh konsumen. (Rp750.000,00 hingga Rp1.800.000,00)
  • Mesin las listrik: Alat yang menjadi sumber aliran energi untuk mengelas. Disebut juga sebagai las inverter dan dijual dengan daya yang berbeda. Harga mesin akan dipengaruhi daya yang tersedia. (Mulai dari Rp650.000,00)
  • Kompresor: Alat yang digunakan untuk mengecat produk setelah proses pengelasan selesai. Kompresor akan digunakan bersama spray gun untuk mewarnai produk yang dilas. (Rp1.400.000,00 hingga Rp3.000.000,00)
  • Spray gun: Alat yang digunakan untuk menyemprotkan cat ke produk yang akan diwarnai. (Mulai dari Rp260.000,00)
  • Bor Listrik: Alat yang digunakan untuk melubangi atau memotong material. (Mulai dari Rp300.000,00)
  • Genset: Bukan merupakan alat wajib namun dibutuhkan agar bisa menyelesaikan pekerjaan meskipun saat mati listrik. (Mulai Rp900.000,00)

Berdasarkan rincian alat dan perkiraan harganya ini bisa disimpulkan bahwa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha bengkel las paling tidak sebesar Rp5.000.000,00.

Biaya ini bisa digunakan untuk membeli peralatan dasar dalam memulai bisnis bengkel las. Namun akan dibutuhkan modal yang lebih besar seiring dengan perkembangan bisnis.

usaha bengkel las

Tips Pembelian Alat

Demi mengoptimalkan ketersediaan modal, maka penting sekali untuk menjalankan strategi pembelian alat yang tepat.

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan peralatan bengkel las. Hanya saja harus dilakukan pembelian secara cermat supaya pemakaian modal efektif dan bisnis bisa dimulai dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips pembelian alat bengkel las:

1. Utamakan Kualitas

Hal pertama yang penting untuk dilakukan saat membeli perlengkapan bengkel las adalah melihat kualitas alat. Pastikan alat yang akan dibeli memiliki kualitas yang bagus.

Jika alat memiliki kualitas yang bagus maka daya pakainya juga akan bagus dan bisa bertahan lama.

2. Cari Perbandingan Harga

Usahakan untuk mencari perbandingan harga terlebih dahulu sebelum membeli alat. Coba cari alat di beberapa toko atau bisa juga berburu di toko online.

Cari harga terbaik yang bisa membantu mengoptimalkan penggunaan modal. Jika bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama bagusnya maka kenapa tidak?

BACA JUGA:

3. Pertimbangkan Barang Second

Apabila ketersediaan modal memang terbatas, tak masalah untuk membeli alat second atau bekas pakai.

Ada beberapa mesin yang bisa dibeli dalam kondisi bekas dan memang bisa digunakan dengan layak. Selama masih bisa dipakai dengan baik maka akan lebih menguntungkan untuk membeli barang second.

Usaha bengkel las ini bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Jenis bisnis ini masih dibutuhkan oleh masyarakat dan jasa yang ditawarkan akan selalu dicari.

Pastikan untuk menggunakan modal sebaik mungkin agar cash flow bisa berjalan lancar sesuai harapan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!