Home » Analisis SWOT: Pengertian, Unsur Penting, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Analisis SWOT: Pengertian, Unsur Penting, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Analisis SWOT adalah metode paling sering dijumpai dalam kehidupan usaha dan bisnis. Jika Anda pelaku bisnis penting untuk memahami apa dan bagaimana penerapannya yang efektif supaya bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bisnis online maupun offline memerlukan metode analisa supaya Anda bisa lebih tepat pada saat memasang target. Anda dapat mengetahui bagaimana potensi pasar, produk, strategi bisnis yang dijalankan berpengaruh pada profit.

Metode analisa dalam bisnis meski masih dalam lingkup kecil membantu menekan segala kekurangan. Merubahnya menjadi kelebihan yang dapat memperkuat bisnis dan menjadikannya eksis di tengah ketatnya persaingan yang terjadi sekarang.

Ada berbagai cara analisa dapat digunakan secara mandiri sesuai kebutuhan untuk mengetahui fungsinya, Anda bisa mencoba menerapkan analisis ini supaya lebih maksimal. Berikut penjelasan lengkap beserta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Maksud Analisis SWOT Sesungguhnya

Analisis SWOT

  • Menurut Philip Kotler

Berdasarkan pandangan Philip Kotler adalah suatu proses evaluasi terhadap semua hal berkaitan dengan kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman. Setiap Individu maupun organisasi profit pasti memilikinya.

  • Menurut Pearce and Robinson

Menurut Pearce and Robinson, analisis SWOT merupakan bagian dari manajemen strategis. Manajemen ini mengkaji kelemahan dan kekuatan perusahaan yang akan berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian visi misi.

Lebih lanjut menurut Pearce dan Robinson, setiap kelemahan dan potensi kekuatan perusahaan dapat dijadikan sebagai acuan. Peluang dan ancaman ekstrem akan menghasilkan strategi alternatif jitu.

  • Menurut Yusanto dan Widjajakusuma

Menurut Yusanto dan Widjajakusuma, analisis SWOT adalah aspek dari dalam maupun luar perusahaan mengacu pada data dengan pola 3-1-5. Data berupa semua record kelebihan dan kekurangan sebuah perusahaan.

Pola data yang dimaksud adalah, data valid terkait pencapaian pada 3 tahun sebelumnya. Capaian target yang diharapkan pada tahun dilakukan analisa. Kemudian target kedepan di-setting dalam jangka waktu 5 tahun.

  • Menurut Freddy Rangkuti

Menurut Freddy Rangkuti, analisis SWOT adalah suatu upaya didasarkan pada logika guna mengoptimalkan peluang. Pada proses bersamaan dapat menekan kelemahan serta ancaman terhadap kinerja perusahaan.

Penjelasan lebih lanjut bahwa analisa kinerja tersebut nantinya akan dijadikan landasan sistematis untuk menyusun strategi. Tujuan utamanya adalah kemajuan perusahaan berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan.

  • Berdasarkan Rais

Berdasarkan Rais, analisis SWOT adalah metode terdasar untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah poin permasalahan yang ditinjau dari 4 sisi. Hasil dari proses analisa ini adalah bagaimana menekan kelemahan serta ancaman.

Dari semua pendapat ahli dapat disimpulkan bahwa analisa yang dilakukan oleh perusahaan memiliki tujuan untuk evaluasi potensi kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. Keempat faktor ini selalu ditemui dalam bisnis.

Unsur-unsur Pembangun yang Mempengaruhi Analisis Ini

Analisis SWOT

Analisis SWOT dibangun oleh unsur-unsur pendukung tujuan bisnis secara spesifik. Juga memasukkan identifikasi aspek internal maupun eksternal, berikut 4 unsur yang dilibatkan dalam analisa.

  1. Strength atau kekuatan

Semua potensi besar nampak pada sebuah perusahaan merupakan kekuatan. Modal yang dimiliki untuk membangun sistem dengan rapi dan menjadi jalan mudah untuk mencapai visi misi.

Unsur kekuatan setiap perusahaan berbeda. Contoh lokasi usaha strategis, penggunaan teknologi mutakhir terbaru, sumber daya manusia berkualitas dan memiliki pengalaman serta hasil produksi berkualitas tinggi.

Semua modal tersebut merupakan faktor paling berpengaruh terhadap berjalannya roda produksi hingga pencapaian profit. Bisa diandalkan ketika mengalami masa sulit karena adanya persaingan dunia usaha.

  1. Weakness atau kelemahan

Ada sisi kekuatan tentu ada kelemahan dibaliknya. Perusahaan harus terbuka dengan perkembangan dan perubahan jika ingin melihat sisi kelemahan, salah satunya melakukan perbandingan dengan perusahaan lain yang lebih maju.

Paling mudah untuk mengetahui kelemahan adalah mendengar atau membaca testimoni dari konsumen. Umumnya konsumen lebih jujur saat memberikan penilaian terkait layanan, kualitas produk dan sebagainya.

  1. Opportunity atau peluang

Peluang umumnya sudah diidentifikasi pada saat bisnis dimulai. Menjadi dasar bagi setiap pebisnis memanfaatkan situasi di sekitar untuk membuka usaha, memberikan produk dan layanan yang sedang dibutuhkan.

Tidak menutup kemungkinan saat sudah berjalan Anda menemukan ide, menjadi peluang baru, sebab dunia usaha sangat dinamis, perubahan dan perputaran trend begitu cepat. Minat konsumen juga cepat berubah.

  1. Threats atau ancaman

Ancaman harus masuk dalam daftar analisa Anda saat menjalankan bisnis. Sebab segala faktor risiko yang mempengaruhi produktivitas tidak dapat dihindari dan dapat datang dari mana saja.

Faktor Paling Berpengaruh dalam Melakukannya

Analisis SWOT

Proses analisa yang dilakukan dalam sebuah perusahaan atau organisasi digambarkan secara sistematis. Umumnya dibuat dalam bentuk tabel sehingga mudah ketika menghubungkan semua aspek di dalamnya.

Termasuk menarik faktor-faktor apa saja yang memiliki andil dalam analisis tersebut. Secara umum terdapat 2 faktor yang dapat dipelajari dalam analisis SWOT, berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Faktor Internal

Faktor internal maksudnya adalah semua aspek berpengaruh yang berasal dari dalam tubuh perusahaan. Jika dikaitkan dengan unsurnya maka faktor tersebut adalah kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness).

Faktor yang membawa pengaruh positif di antaranya adalah modal finansial kuat, kualitas sumber daya manusia, peralatan memadai dengan teknologi canggih. Modal finansial dapat digunakan dalam jangka minimal sampai 20 tahun.

Sumber daya manusia berkualitas di semua divisi, tenaga administrasi handal, teliti dan cekatan, pemasar yang selalu capai target. Kemudian tenaga produksi dengan jaminan kualitas memenuhi standar.

  1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal berasal dari aspek peluang dan ancaman, sudut pandang yang diambil adalah semua hal dari lingkungan sekitar. Perubahan tren bisnis yang sekaligus mempengaruhi minat dan daya beli konsumen.

Kondisi sosial, politik, perubahan perekonomian Negara, kebijakan pemerintah juga masuk dalam faktor eksternal. Mau tidak mau harus ditoleransi dengan memaksimalkan unsur kekuatan demi bisa bertahan.

Contoh ancaman yang perlu digaris bawahi adalah perubahan minat konsumen. Selain itu persaingan pendatang baru, kualitas sumber daya manusia menurun, teknologi usang, tema tidak up to date dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Analisis SWOT yang Benar

Analisis SWOT

Analisis ini memiliki manfaat besar bagi perusahaan tertentu. Baik dari skala kecil, menengah maupun besar. Berikut manfaat yang dapat diambil dari penerapan metode analisa dari 4 unsur tersebut, antara lain:

  1. Mengenali sisi kekuatan perusahaan, jadi apa potensi perusahaan sangat membantu dalam upaya pencapaian tujuan. Kekuatan tersebut dapat lebih detail teridentifikasi jika ditulis dan dirunut bersama dengan semua individu perusahaan tertentu.
  2. Dalam menjalankan proses analisis SWOT, setiap kelemahan harus ditulis secara berurutan dan terperinci. Semua pihak harus terlibat karena masing-masing memiliki sudut pandang berbeda. Setelah dipahami, kelemahan tersebut akan mudah mendapatkan solusi.
  3. Memiliki bisnis harus selalu update dengan segala perubahan. Sebelum trend dipimpin oleh pebisnis lain, Anda harus cepat mengambilnya. Manfaatkan peluang yang memang sudah terbaca untuk berinovasi dan berkreasi lebih baik.
  4. Mengantisipasi ancaman dengan menulis ancamannya secara sistematis, Anda sudah melakukan upaya penanganan setengahnya. Selebihnya cukup tindakan nyata dengan membentuk strategi baru, agar usaha dapat tetap berjalan dan bertahan ditengah persaingan.
  5. Dengan adanya analisa seperti ini membuat perusahaan dapat membangun relasi bisnisnya dengan baik demi kemajuan bersama. Itu karena setiap tingkatan strategi bisnisnya akhirnya bisa mewujudkan garis pandang terbaik untuk bisnisnya.
  6. Analisa keuangan semakin mudah berkat hal tersebut karena kasus defisit kantor yang sering terjadi oleh kurangnya pembenahan dan evaluasi dapat diminimalisir dengan baik. Jadi masing-masing perusahaan bisa mempelajari kesalahan sebelumnya.

Umumnya analisa yang menggunakan teknik ini hasilnya lebih terperinci. Itu karena dalam prosesnya selalu membuat sejumlah target khusus tertentu dalam periode waktu yang ditentukan sehingga hasilnya lebih baik dan sempurna.

Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Analisis SWOT

Sebagai gambaran penerapannya, Anda harus memerlukan kertas berukuran besar untuk menuliskan semua unsur bisnis. Contoh penerapan analisis SWOT dalam bisnis minuman kekinian adalah sebagai berikut.

  • Kekuatan yang dimiliki: lokasi usaha di tengah kota, tempat strategis, memiliki lahan parkir luas, setting tempat Instagramable, dekat area perkantoran. Didukung tenaga yang merupakan anak muda milenial kreatif.
  • Kelemahan, trend baru cepat tergantikan produk lain, perlu dukungan pemasaran melalui platform online, tuntutan konsumen terhadap inovasi bisnis. Misalnya bentuk kemasan, promo diskon, kemudahan layanan delivery.
  • Peluang, tempat menarik sebagai penarik minat selain menjual produk minuman, trend konsumen lebih suka fasilitas free wifi. Anda dapat memanfaatkannya dengan menyediakan ruang nyaman agar banyak pelanggan datang.
  • Ancaman, konsep mudah ditiru sebab bahan bakunya bisa didapat di mana saja, perubahan kebijakan selama pandemi covid-19 yang membatasi jam buka usaha. Pembatasan makan di tempat, hanya take away.

Dari hasil analisis di atas Anda dapat membuat perubahan sistem usaha dengan cepat. Paling menjadi perhatian adalah perubahan kebijakan pemerintah, jadi harus cepat membuat sistem pemasaran secara online.

Anda bisa menggunakan jasa delivery atau ojek online untuk menjangkau konsumen. Tantangan baru bagi usaha yang dijalankan adalah menyusun katalog, foto produk, promo, cara pembelian dengan sistem daring.

Arti Penting dari Analisis SWOT

Analisis SWOT

Melakukan analisa terhadap usaha yang dijalani sangat penting bagi kemajuan perusahaan, Anda dapat melihat sisi yang tidak disadari selama ini. Bisa jadi karena sudut pandang yang berbeda dengan kebanyakan orang.

Dari masukan orang lain, konsumen, lingkungan sekitar, staf karyawan dan sebagainya Anda dapat data yang valid. Baik itu berupa sisi positif maupun negative, keduanya dapat dimanfaatkan sebagai evaluasi menuju kesempurnaan.

Analisis SWOT membuka jalan rejeki baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Unsur peluang dapat menjadi referensi dalam menambah lini bisnis. Misalnya bisnis minuman boba, merambah produk dessert drink.

Dari analisa kelebihan dan kekurangan Anda dapat melengkapi mana yang masih memungkinkan. Sehingga lebih efisien memanfaatkan modal. Apabila kelemahan adalah pengadaan varian minuman kurang inovatif, bisa langsung mencari ide baru.

Begitu juga ketika mengalami kendala pemasaran karena pengurangan mobilitas dan kerumunan akibat pandemi. Anda bisa menerjunkan tenaga pemasar langsung untuk jemput bola. Seperti yang pernah dilakukan oleh Pizza Hut.

BACA JUGA: Trik Pemasaran Produk yang Mudah dan Efektif

Pengambilan keputusan lebih cepat, Anda bisa menyelamatkan aset dan profit perusahaan. Seperti diketahui banyak perusahaan retail terpaksa menutup gerai karena tidak dapat membayar biaya operasional dan gaji karyawan.

Sebelum hal serupa terjadi pada bisnis Anda, langkah lain bisa diambil lebih dulu, misalnya efisiensi cost operasional dengan menghemat listrik. Berjualan door to door, mengalihkan sistem jualan menjadi online.

Bisa juga menambah produk jualan relevan dengan kondisi terkini, misalnya masker dan hand sanitizer dengan tema toko Anda. Sehingga bisnis tetap eksis dengan penerapan analisis SWOT lebih cepat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!