Home » 7 Langkah Awal Usaha Baby Shop Kecil Kecilan

7 Langkah Awal Usaha Baby Shop Kecil Kecilan

Bisnis penyediaan perlengkapan bayi masih menjadi usaha yang patut diperhitungkan karena menawarkan banyak keuntungan. Apalagi target pasar dari usaha ini juga sangat luas, jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja. Kalau belum memiliki modal besar, maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha baby shop kecil kecilan sebagai awalan.

Tentu pada awalnya calon pengusaha ini masih bingung terkait bagaimana caranya membuka usaha baby shop kecil kecilan. Apalagi jika awalnya belum pernah berkecimpung sama sekali di dunia seperti ini. Pastinya hal ini akan sedikit membuat kesulitan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menyimak pembahasan terkait langkah awal membuka usaha ini.

1. Menyusun Strategi

Pertama adalah menentukan strategi awal terkait bagaimana usaha ini ingin dibuat dan dijalankan nantinya. Rencana atau strategi ini merupakan langkah awal yang harus disusun sesat sebelum memulai suatu usaha. Karena ini merupakan salah satu modal untuk bisa menentukan langkah kedepannya. Kalau tidak ada rencana, maka kemungkinan bisnis akan melenceng kemana-mana.

2. Memperhitungkan Modal

Tentunya modal tidak hanya berupa rencana bisnis saja, tapi juga berupa uang yang bisa digunakan untuk pembiayaan nanti kedepannya. Sebelum memulainya pastikan untuk terlebih dahulu memperhitungkan modal yang dimiliki. Jadi jangan sampai ketika membuat usaha ini terjadi over budget pada modal, karena tentu hal ini akan berpengaruh buruk nantinya.

usaha baby shop kecil kecilan 2

3. Menentukan Produk Apa Saja yang Ingin Dijual

Produk bayi itu sangat banyak, karenanya ketika ingin memulai usaha ini ada baiknya untuk memilah terlebih dahulu produk apa yang ingin dijual. Karena sedikit sulit apabila ingin menjual semuanya, apalagi kalau modal yang dimiliki pas-pas an. Oleh sebab itu ada baiknya memilih beberapa produk terlebih dahulu yang menjadi fokus utama bisnis ini.

4. Menetapkan Lokasi yang Strategis

Tempat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan selanjutnya, namun hal ini berbeda ketika ingin fokus melakukan jualan secara online saja. Kalau ingin melakukan secara offline, maka lokasi strategis menjadi suatu keharusan. Namun kalau ingin menjual fokus secara online saja, maka cukup tempat yang lega untuk menyimpan segala produk ini.

5. Melakukan Kegiatan Promosi

Promosi, promosi, dan promosi, jangan pernah putus untuk melakukan hal ini. Karena kalau promosi berjalan dengan baik maka bukan tidak mungkin lebih banyak konsumen yang terjaring. Itu artinya lebih banyak lagi pembeli potensial, dan kemungkinan produk laku lebih besar.

Buatlah promosi bisnis secara online supaya lebih murah, dan manfaatkan sosial media dengan maksimal.

6. Memahami Tren

Tren yang sedang digemari oleh ibu-ibu jaman sekarang menjadi kunci lainnya ketika hendak melakukan usaha ini. Misalnya, ternyata sekarang ibu-ibu sudah kembali lebih menyukai popok kain dibanding popok sekali pakai. Tentu akan sangat disayangkan jika ketinggalan informasi tersebut, dan malah menyediakan lebih banyak popok sekali pakai.

BACA JUGA:

7. Menyiapkan Jenis Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Tadi dikatakan bahwa pengusaha bisa memilih terlebih dahulu produk apa yang ingin dijual. Untungnya pada usaha ini jenis produknya sangatlah beragam, dan semuanya memiliki target konsumen yang luas. Dimulai dari yang biasa digunakan seperti popok sekali pakai, popok kain, dan juga susu, serta pakaian bayi. Lalu ada barang yang sifatnya aksesoris seperti topi, dan tas.

Tidak hanya itu saja pengusaha juga bisa menjual perlengkapan menyusui seperti alat untuk memompa dan menampung asi. Karena banyaknya produk itulah pengusaha harus pintar memilih produk mana yang ingin dijualnya, dan paling tepat untuk usaha baby shop kecil kecilan ini. Pastikan untuk memilih yang paling tepat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!