Home » Bisnis Rongsokan HP dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Bisnis Rongsokan HP dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Berpikir untuk memulai bisnis baru memang akan terasa membosankan tetapi ada juga ide bisnis sederhana yang menguntungkan. Salah satu yang bisa dimulai adalah bisnis rongsokan HP yang sering dianggap sepele oleh banyak orang padahal sangat menguntungkan. Berhenti berpikir HP rusak kemudian akan masuk kiloan karena uang nantinya sangat sedikit sekali.

Sampah elektronik seperti rongsokan HP ini sangat banyak keberadaannya karena memang penggunaan HP yang terus meningkat. Orang lebih sering menjual rongsokan satu ini ke tempat kiloan padahal masih bisa dipakai untuk bisnis yang lebih besar lagi. Simak ulasan lebih jauh terkait bisnis unik satu ini yang bisa memberikan keuntungan besar!

bisnis rongsokan HP

Prinsip Dasar yang Dipakai

Meskipun tidak mengenal berbagai komponen HP dengan baik, ada prinsip dasar yang sebenarnya cukup mudah berkaitan dengan bisnis ini. Ada peluang sangat besar menunggu apalagi ketika sudah berani memanfaatkan internet sebagai media pemasaran nantinya.

Satu bongkah HP yang rusak sebenarnya sering tidak rusak sepenuhnya, hanya ada satu atau dua komponen inti yang rusak. Komponen ini jika dibeli harganya akan sangat mahal bahkan dirasa merugikan pemiliknya, karena itu HP akan lebih baik dijual rongsokan.

Jadi, komponen yang rusak hanya beberapa saja, paling sering biasanya pada bagian LCD, IC power, maupun CPU-nya. Kerusakan tidak menyeluruh sehingga memang masih ada beberapa komponen yang bisa diambil dan dimanfaatkan.

Bisnis rongsokan HP ini nantinya memanfaatkan bagian HP yang tidak memiliki kerusakan untuk kemudian dijual kembali. Banyak orang seperti teknisi HP yang mengincar komponen bekas HP untuk nantinya diambil dan ditambalkan pada HP rusak lainnya. Bisa jadi dari HP rongsokan sebanyak 3-4 buah bisa didapatkan satu buah HP baru yang berfungsi.

bisnis rongsokan HP

Trik Pengelolaan HP Rongsokan

Sebelum memulai bisnis satu ini, pahami terlebih dahulu trik yang sering digunakan oleh pebisnis besar untuk memperoleh keuntungan. Di berbagai media online, ada banyak orang yang menawarkan HP rongsokan padahal secara rasional, HP tersebut sudah tidak berfungsi. Banyak orang masih mencari barang tersebut untuk kepentingan bisnisnya.

Beberapa mungkin mencari HP matot (mati total) untuk nantinya diservis sendiri hingga bisa hidup lalu dijual kembali. Ada juga orang yang memeriksa terlebih dahulu HP rongsokannya dan melihat bagian mana dari HP yang rusak kemudian diservis hingga hidup lagi. Keduanya memang akan dijual kembali untuk mendapat keuntungan dari penjualan tersebut.

HP rongsok juga kerap kali dipakai untuk bahan pembuatan konten di YouTube baik itu sebagai tutorial atau konten lainnya. Ada beberapa jenis HP yang memang terkenal karena keberadaannya yang sedikit serta gaya HP jadul atau vintage. HP tersebut biasanya punya pasarnya sendiri di kalangan kolektor yang memang nanti hanya untuk pajangan saja.

Jika sudah tidak masuk kategori tersebut, biasanya HP akan dirombak sendiri dan dicek komponen yang masih berguna lalu diambil. Cara terakhir yang juga menguntungkan meski hanya sedikit yaitu memasukkan HP ke pasar kiloan untung dijual.

BACA JUGA:

Peluang Bisnis

Ada peluang besar dalam menjalankan bisnis rongsokan HP dengan menyasar tukang servis elektronik sebagai pelanggan. Mereka kerap mencari komponen HP tertentu untuk dipakai sebagai “tambal” saat memperbaiki ponsel lainnya.

Bisnis ini juga tidak selalu memasarkan HP rongsokan milik sendiri apalagi jika seseorang sudah punya reputasi dan pasar tetap. Nantinya bisa membangun kepercayaan dan menjual HP rongsokan dari pihak ketiga sesuai dengan kesepakatan.

Menjalankan bisnis seperti bisnis rongsokan HP satu ini memang tidak mudah apalagi jika baru merintis dari awal. Meski begitu bisnis elektronik bekas akan terus ada dan berkembang kedepannya jadi selalu ada kesempatan untuk berkembang.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!