Home » Perbedaan Sales dan Marketing dan Hal Penting yang Perlu Diketahui

Perbedaan Sales dan Marketing dan Hal Penting yang Perlu Diketahui

Dalam dunia bisnis tentunya perbedaan sales dan marketing tentu merupakan hal yang sudah lumrah untuk diketahui. Akan tetapi belum semuanya paham mengenai perbedaan mendasar antara kedua bidang tersebut, khususnya dalam hal promosi produk atau jasa.

Sebenarnya antara kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebab memang antara kedua hal tersebut memiliki fungsi yang juga berbeda, akan tetapi memang saling berkaitan satu dengan yang lainnya sebagai salah satu hal yang wajib dipahami dengan mendasar.

Kualitas pemahaman dari dua hal tersebut bahkan secara tidak langsung bisa memberikan fungsi yang baik bagi orang yang ingin menekuni bidang pemasaran. Jika pemahaman terhadap dua fungsi tersebut bertolak belakang maka pengguna akan merasa cukup kesulitan untuk adaptasi terhadap hal tersebut.

Misalnya jika seseorang tidak mengetahui perbedaan sales dan marketing secara umum. Maka secara tidak langsung dua bidang ini dianggap sama, sehingga pola pembagian job juga akan simpang siur dan tidak akan berjalan dengan maksimal.

Berikut ini merupakan beberapa hal terkait fakta pentingnya mengetahui perbedaan antara dua bidang tersebut.

Alasan Pentingnya Memahami Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing 5
sandtonchronicle.co.za

Satu hal yang penting untuk diketahui mengenai alasan kuat mengapa Anda harus tahu tentang perbedaan dua aspek yang saling berhubungan tersebut. Sehingga bisa melakukan aplikasi penggunaan baik sebagai orang yang mempunyai usaha atau juga orang yang berprofesi terhadap urusan pemasaran.

Jika Anda merupakan salah seorang yang memang berkecimpung dalam dunia bisnis, serta agenda bisnis yang digunakan juga besar maka tentu sudah harus memahami tentang perbedaan sales dan marketing. Sebab jika hal tersebut tidak dipahami maka secara tidak langsung kinerja pemasaran tidak akan optimal.

Hal tersebut juga berlaku bagi anda yang sedang menekuni atau juga akan terjun dalam dunia pemasaran. Maka secara otomatis anda harus mengasah skill yang berbeda jika memilih salah satu diantara bidang tersebut, mengapa? Karena dua hal ini memiliki pola kerja yang berbeda walaupun dalam tujuan yang sama yakni pemasaran.

Apalagi saat berkembangnya media yang bertambah besar maka kebutuhan dua aspek ini memang tengah dibutuhkan oleh semua perusahaan. Oleh sebab itulah anda juga harus paham mengenai segala kemungkinan yang akan terjadi.

Perbedaan Sales dan Marketing dari Sisi Sales

Perbedaan Sales dan Marketing
Hal pertama yang mungkin bisa dipahami dahulu ialah mengenai arti dari sales secara spesifik. Sales secara umum merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan kualitas penjualan sehingga diharapkan segala macam produk dan jasa bisa mencapai fungsi maksimal.

Sales sendiri memiliki lingkup kerja yang berbeda dibandingkan marketing. Walaupun fungsi dan tujuan sama untuk meningkatkan kualitas penjualan, akan tetapi sales lebih berfokus bagaimana aplikasi rencana pemasaran bisa terealisasi dengan baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dari sisi aspek penjualan perbedaan sales dan marketing juga sangat menonjol pada tujuan utama promosi barang atau jasa. Tujuan utama dari sales ialah memasarkan barang sebanyak mungkin sehingga target yang sedang ditujuh bisa dilaksanakan dengan baik sesuai harapan perusahaan.

Oleh sebab itulah maka banyak sekali cara yang dilakukan oleh sales agar mampu meraih atensi pasar yang luas. Mereka biasa melakukan cara dalam mempromosikan produk dengan segala kelebihan yang ada atau juga bisa meningkatkan penjualan dengan cara memberikan diskon besar.

Perkembangan dunia sales semakin pesat dengan berbagai aspek serta ruang lingkup yang terjadi di lapangan. Berbagai cara juga telah dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk sebanyak mungkin, inilah yang menjadi alasan mengapa sales merupakan profesi utama yang bisa menunjang kualitas perusahaan.

Bahkan bisa dikatakan bahwa sales merupakan profesi pertama dalam pemasaran yang cukup penting untuk diperhatikan. Sebab pekerjaan yang ditargetkan sangat berat dengan berbagai konsekuensi jika gagal terealisasi, akan tetapi bonus besar akan didapatkan jika sukses mencapai target.

Perbedaan Sales dan Marketing dari Sisi Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing

Setelah memahami beberapa macam jenis aspek bidang dari sales maka langkah selanjutnya ialah memahami apa itu yang dimaksud dengan marketing. Secara umum marketing adalah rencana atau strategi yang biasa digunakan untuk memberikan kualitas paling baik terhadap barang atau jasa sehingga konsumen akan terus merasa puas.

Ada beberapa hal terkait tugas pokok dari seorang marketing. Pertama adalah membuat pola produk yang bagus, ukuran harga yang sesuai, tempat yang strategis, strategi pemasaran yang baik, target konsumen, hingga bukti barang secara fisik.

Semua hal terkait produk serta tugas pokok dari marketing ini selanjutnya akan direalisasi dan dievaluasi dengan ketat oleh pihak perusahaan agar saat diaplikasikan dilapangan tidak ada kendala yang cukup signifikan. Kualitas marketing akan diuji secara baik oleh berbagai hal terkait strategi yang akan dilakukan.

Untuk itulah seorang marketer atau orang yang berprofesi sebagai marketing tentu harus mempunyai data yang falid. Kualitas data ini tentu akan lahir jika seorang marketer bisa melakukan analisa, evaluasi dan berbagai riset untuk menunjang semua tahapan tersebut dengan baik.

BACA JUGA: Mekanisme Kerja Point Of Sales

Dari berbagai penjelasan diatas maka secara simple perbedaan antara duan bidang tersebut bisa dilihat dari pembagian job atau pekerjaan secara spesifik. Jika marketing bertugas untuk merancang strategi maka sales merupakan profesi yang bertugas mengaplikasikan strategi tersebut dilapangan dengan berbagai cara yang berbeda-beda.

Kedua aspek dalam dua bidang tersebut semua memang bertujuan untuk mensukseskan promosi dan penjualan barang. Perbedaan sales dan marketing harus dipahami secara detail, baik pada sisi perusahaan atau juga sebagai profesi, sehingga fungsi dari kedua bidang tersebut akan saling menyempurnakan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!