Home » 19 Daftar Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Cara Usaha Dengan Modal Kecil

19 Daftar Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Cara Usaha Dengan Modal Kecil

Anda yang sedang mencari usaha namun bingung mau usaha apa, artikel ini akan membahas tentang peluang usaha, pengertian, ide, analisa, dan contoh peluang usaha yang menjanjikan dan modal kecil yang bisa memberikan anda gambaran.

Tidak semua peluang usaha harus anda garap. Pilihlah usaha yang sekiranya anda mampu dan memiliki prospek bagus. Selain itu, kami juga membahas bagaimana cara usaha modal kecil. Jadi buat anda yang tidak memiliki modal besar, anda masih tetap mendapatkan passive income dari usaha yang anda bangun.

Pengertian Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha

Menurut Wikipedia, peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanaan, maupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai. Peluang usaha ada banyak sekali jenisnya, tergantung dari segi mana anda ingin lakukan, online atau offline.

Bisnis dan peluang usaha tidak selalu membicarakan tentang seberapa banyak modal yang kita miliki, namun seberapa pandai kita dalam melihat peluang. Jika anda sudah melihat peluang, anda bisa langsung menggarap potensial bisnis tersebut bersama tim atau anda sendiri.

Filosofi dari peluang usaha atau bisnis tidak hanya membicarakan omset dan keuntungan saja, tapi juga umur bisnis tersebut dan prospek dimasa mendatang. Semakin bagus prospeknya maka semakin bertahan lama bisnis anda. Bahkan anda berkesempatan untuk scaling up bisnis yang anda jalani.

Analisa Peluang, Keuntungan, Resiko dan Persaingan

peluang usaha yang menjanjikan

Sebelum memaparkan gambaran bagaimana peluang, keuntungan, resiko, dan persaingan sebuah usaha, anda harus menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin anda garap. Apakah itu bergerak di dunia online atau offline. Baru setelah itu anda bisa menjabarkan SWOT.

SWOT adalah adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Membuat bagan SWOT akan membantu anda menganalisa seberapa worth it nya bisnis tersebut anda jalankan.

Analisa Peluang usaha

  • Strengths memberikan pemaparan tentang kekuatan atau keunggulan bisnis anda. Apakah bisnis anda adalah produk market fit, peluang repeat ordernya besar, mudah dijalankan, modal kecil, atau sebagainya.
  • Weaknesses adalah gambar dari kelemahan usaha yang anda jalani. Kelemahan tersebut bisa berupa susahnya mencari supplier, harga bahan pokok yang dinamis, perlu keterampilan khusus dalam memasarkan, dan sebagainya.
  • Opportunities merupakan peluang bisnis usaha yang anda bangun. Semisal apakah usaha anda bisa scaling up hingga seluruh Indonesia, peluang mengakuisisi pasar dengan cepat, atau yang lainnya.
  • Threats adalah ancaman dalam usaha anda. Ancaman tersebut bisa datang dari internal atau eksternal. Anda harus menganalisa bagaimana ancaman tersebut bisa datang dan bagaimana pula solusinya. Anda tidak bisa menghindari ancaman, tapi bisa meminimalisir ancaman tersebut.

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil 1

Sebenarnya untuk mendapatkan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil itu relatif gampang. Sebenarnya ada banyak sekali ide yang bisa anda jalankan. Kami akan memberikan ide tersebut, tinggal anda memilih salah satu ide yang ingin anda jalankan.

Pastikan modal anda sudah cukup terlebih dahulu sebelum menjalankan ide tersebut. Modal tidak hanya berbicara tentang uang saja, tapi juga tentang ilmu dan sumber daya yang anda miliki.

Jika anda merasa tidak bisa menjalankannya sendiri, anda bisa mengajak kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama akan membuat anda lebih mudah berkembang dan bergerak Namun tentu saja dibalik itu semua ada beberapa kekurangan yang harus anda pertimbangkan.

  • Menggali Bakat Sendiri

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil

Pertama yang bisa anda lakukan ialah menggali bakat yang terpendam di diri sendiri. Setiap orang pasti memiliki privilege nya masing masing. Nah jika anda memiliki privilege berupa bakat menulis, anda bisa menjadi seorang penulis. Jika anda memiliki kemampuan dalam menganalisa, anda bisa menjadi seorang konsultan.

Bagaimana cara menemukan bakat yang ada di dalam diri sendiri? eksplor dan pelajari hal hal baru. Secara tidak langsung bakat yang terpendam anda akan muncul dengan sendirinya. Pastikan juga bakat tersebut bisa menjadi passion, dan dari passion bisa menjadi uang.

  • Bekerja Sama Dengan Pihak Lain

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil 2

Selain dari menggali bakat yang terpendam dari diri sendiri, anda juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain. Tentu ini menjadi solusi buat anda yang ingin membuka usaha modal kecil. Dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain, anda bisa menjalankan bisnis dengan mudah karena saling melengkapi satu sama lain.

Bagaimana cara melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam urusan bisnis? caranya cukup mudah. Anda tinggal menawarkan diri untuk menjadi bagian dari rantai usaha mereka. Semisal anda bisa masuk di bagian marketing, supplier, sales, bagian produksi, atau yang lainnya.

Daftar Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan Online dan Offline

daftar ide peluang usaha

Di bagian ini kami akan membahas tentang usaha yang menjanjikan di masa depan. Pilih salah satu ide usaha tersebut dan kembangkanlah. Pastikan sebelum anda mulai membangun usaha, anda sudah harus mengetahui SWOT nya terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftarnya.

Menjadi Reseller

usaha modal kecil

  • Tipe: Bisnis Rumahan
  • Jenis: Usaha Online/Offline
  • Permodalan: Modal Kecil

Peluang usaha online pertama yang bisa anda coba ialah dengan menjadi reseller. Reseller adalah orang yang menjual barang dari hasil kulakan entah dengan menambahkan nilai ataupun tidak. Dengan menjadi reseller kita tidak perlu repot repot memproduksi barang ataupun jasa.

Selain itu kelebihan reseller ialah anda tidak perlu susah susah branding seperti yang dilakukan oleh pembuat produk. Anda tinggal membeli barang di supplier, kemudian menjualnya kepada masyarakat secara langsung. Berapa keuntungan yang bisa diambil? anda bisa mengambil keuntungan 20 – 50% dari harga produk.

Menjadi Dropshipper

usaha modal kecil

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil

Mencari ide dan peluang usaha? coba aja menjadi dropshipper. Dropshipper adalah suatu sistem bisnis, di mana seseorang bisa berjualan tanpa perlu memiliki stok barang terlebih dahulu. Jadi anda bisa berjualan tanpa harus stock barang, seperti seorang reseller.

Lalu bagaimana konsepnya? jadi jika ada orang yang order ke anda, tugas anda hanyalah meneruskan order tersebut ke penjual utama. Harga jual yang anda berikan ke pelanggan anda bisa anda ubah sesuka hati. Dan menariknya lagi, anda tidak perlu membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis menjadi seorang dropshipper.

usaha modal kecil

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil

Jika anda ingin mencari usaha modal kecil untung banyak, anda bisa mencoba menjadi affiliate marketing. Affiliate marketing adalah orang yang memasarkan produk orang lain, jika terjadi penjualan, orang yang mempromosikan tersebut akan mendapatkan komisi.

Komisi yang diberikan kepada affiliate marketing berbeda beda, tergantung produk dan vendor penyedianya. Biasanya anda akan mendapatkan komisi sekitar 5 – 40% dari harga produk. Jika anda bermain affiliate marketing produk digital, maka anda bisa mengantongi lebih banyak komisi lagi. Jadi peluang usaha ini patut untuk dipertimbangkan.

Penulis Artikel

usaha modal kecil

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil

Peluang usaha yang belum banyak pesaing, mungkin anda bisa mencoba untuk menjadi penulis artikel. Tidak semua orang, content creator, blogger, memiliki waktu untuk menulis artikel. Jadi anda jika tipe orang yang memiliki imajinasi luas dan suka menulis, mungkin anda bisa menjadi seorang penulis artikel.

Bagaimana cara memasarkan jasa tulis artikel? anda bisa mencoba promosi lewat Facebook, Forum, atau marketplace terkait. Target pemasaran anda ialah blogger atau perusahaan yang membutuhkan penulis artikel. Dijamin peluang usaha ini masih belum banyak pesaing dan memiliki prospek yang sangat luas.

Jualan Produk Digital

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Sebagian dari anda mungkin asing dengan produk digital. Apa sih produk digital itu? produk digital ialah produk yang tidak memiliki wujud fisik, namun dapat diakses dan digunakan secara digital. Produk digital ini ada banyak ragam contohnya, semisal seperti karya seni digital, plugin, template, atau yang lainnya.

Berjualan produk digital pun juga tidak membutuhkan skill khusus. Cukup paling tidak menguasai teknik marketing saja, anda sudah bisa menjalankan bisnis digital ini. Pastikan produk yang anda jual harus market fit, jadi akan lebih mudah untuk dipasarkan.

Jasa Kursus Online

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil

Punya skill khusus dan banyak portofolio? tak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa kursus online. Dimanapun anda berada, entah itu di kota ataupun desa, selama anda memiliki skill mengajar, maka anda bisa membuka kursus online. Ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di desa.

Semisal jika anda pandai dan mampu memberikan solusi terkait pertanian, anda bisa membuka kursus pertanian. Begitu juga dengan skill anda yang lainnya. Ingat ilmu itu sangat mahal, jadi jangan takut untuk membuka kursus online. Yang terpenting anda merasa bahwa ilmu anda sangat berharga untuk dibagikan.

Membuat Toko Online

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Peluang usaha yang menjanjikan selanjutnya ialah dengan membuka toko online. Sebelum anda membuka toko online, pastikan anda sudah memiliki produknya terlebih dahulu. Atau jika belum, anda bisa merangkap bisnis toko online dan affiliate marketing, dropshipper, atau jasa.

Untuk membuat toko online sendiri sangat mudah kok. Anda bisa membuka toko online di marketplace atau membuat toko online dengan website anda sendiri.

Jika anda ingin gabung dengan marketplace, anda bisa memilih marketplace terkenal yang banyak digunakan oleh users. Namun jika anda memutuskan untuk membuat website, maka anda harus build website dari awal atau menggunakan jasa pembuatan website.

Menjadi Influencer

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil

Punya banyak follower? mungkin menjadi seorang influencer cocok buat anda. Syarat untuk menjadi influencer ialah anda memiliki nama dan dapat mempengaruhi audien. Semisal anda dapat menjual produk atau barang sesuatu, open endorse, atau yang lainnya.

Untuk menjadi influencer memang cukup sulit, namun ini menjadi usaha yang menjanjikan karena tidak akan pernah ada matinya. Anda bisa menjual produk anda sendiri ataupun menjual produk orang lain.

  • Bisnis Adsense

usaha yang menjanjikan

Bisnis Adsense banyak dijadikan tujuan utama oleh para blogger ataupun pemain Youtube. Dengan menampilkan iklan dari advertiser melalui perantara pihak ketiga (Adsense), anda bisa mendapatkan uang dari setiap klik iklan yang dihasilkan oleh visitor blog atau Youtube anda.

Syarat diterima sebagai publisher Adsense juga tidaklah sulit kok. Cukup buat konten yang bermanfaat untuk khalayak umum, maka secara otomatis anda akan lebih mudah untuk diterima Adsense.

Usaha Minuman Kekinian

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Peluang usaha offline yang bisa anda coba salah satunya ialah usaha minuman kekinian. Mengikuti trend dengan menjual minuman yang viral menjadi ide bisnis menarik. Tidak hanya trendy saja, anda juga harus memperhatikan minuman yang anda jual memang benar benar enak dan memiliki value lebih di mata masyarakat.

Minuman kekinian yang bisa anda jadikan ide bisnis ialah boba, thai tea, kopi, susu, dan lain sebagainya. Untuk membuka usaha ini, anda bisa gabung dengan franchise yang telah ada. Modal usahanya pun juga relatif kecil, yaitu disekitaran angka 3 sampai 5 jt.

Usaha Makanan yang Unik

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Selain minuman, anda juga bisa mengembangkan ide bisnis makanan yang unik. Untuk bisnis makanan yang unik ini, anda tidak perlu gabung dengan franchise, tapi cukup buat brand anda sendiri. Ini menjadi solusi buat anda yang sedang mencari peluang usaha di rumah.

Sebelum membikin usaha makanan unik, pastikan produk yang hendak anda launching harus bener bener disukai oleh masyarakat. Selain itu, makanan tersebut juga memiliki bahan baku yang mudah ditemukan disekitar rumahmu. Pertimbangkan juga kerumitan dalam membuat.

Usaha Konveksi

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Contoh peluang usaha lainnya yang bisa anda coba ialah usaha konveksi. Bisnis konveksi adalah bisnis pembuatan baju dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya anda mendapatkan pelanggan dari sebuah organisasi, club, instansi pemerintah, instansi sekolah, atau bahkan penjual baju eceran.

Percaya atau tidak, bisnis konveksi ini banyak dicari. Mengingat dunia fashion sangat luas, anda bisa bermain di bidang ekspor ataupun menggarap pasar lokal fashion.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kemenperin, Indonesia menguasai ekspor fashion 1.9% dengan total valuasi ekspor hingga 13.29 miliar USD. Melihat data yang fantastis ini, usaha konveksi masih berpeluang besar bersaing di pasar lokal ataupun Internasional.

Content Creator

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler/Rumahan
  • Jenis: Usaha Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Seorang content creator bisa mendapatkan penghasilan dari banyak channel, mulai dari endorse, jualan produk sendiri, pengiklan, review produk, dan masih banyak lagi. Content creator adalah seorang pembuat konten yang menghibur atau mengedukasi para audiensnya. Jadi anda bisa menjadi seorang content creator, asal memiliki kreatifitas yang tinggi.

Content creator itu emang bahas apa saja sih? ada banyak macamnya. Agar lebih mudah, anda bisa membahas sesuatu yang anda sukai dan kuasai. Jika audiens anda sudah banyak, maka income akan datang dengan sendirinya. Content creator bisa aktif di blog, Tiktok, Facebook, ataupun Instagram.

Frozen Food

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Peluang bisnis rumahan yang bisa anda coba dengan modal kecil ialah bisnis Frozen Food. Makanan beku atau frozen food banyak sekali dicari oleh rumah tangga yang ingin instan dalam menyajikan makanan. Jadi bisa dibilang frozen food akan sangat banyak dicari oleh masyarakat.

Usaha frozen food ada apa aja? anda bisa melengkapi persediaan frozen food seperti kentang, nugget, sosis, ayam, ikan, daging, dan makanan yang dibekukan lainnya. Frozen food bisa bersaing dengan supermarket atau minimarket yang jual frozen food. Bahkan anda bisa open reseller atau grosir untuk penjualan frozen food.

Usaha Catering

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Reguler/Rumahan
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Uraian peluang usaha yang potensial selanjutnya ialah dengan membuka usaha catering. Pemilik hajatan, reunian, seminar, gathering, dan event tentu akan membutuhkan konsumsi untuk peserta yang hadir. Jadi bisa dipastikan kebutuhan catering akan selalu ada di setiap acara kumpul kumpul.

Hal yang harus anda siapkan sebelum membuka usaha catering ialah pastikan tim produksi anda sudah siap. Masakan yang anda buat tidak perlu enak enak, yang terpenting mampu memberikan kepuasan pada konsumen. Dan barulah anda bisa memasarkan usaha catering anda dengan membuka testing gratis atau promo awal launching.

Percetakan dan Digital Printing

usaha yang menjanjikan 15
himalayanprint.com
  • Tipe: Usaha Reguler/Rumahan
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil/Sedang/Besar

Contoh peluang usaha yang belum banyak pesaing ialah percetakan dan digital printing. Bisnis ini mempunyai pasar yang sangat luas, tidak hanya sebatas para remaja saja tapi juga instansi, perusahaan, organisasi, dan bahkan klub sepak bola pasti membutuhkan jasa percetakan digital printing.

Percetakan digital printing melayani cetak dan custom desain poster, banner, plakat, souvenir, stiker, dan lain sebagainya. Cara pemasaran yang bisa anda pilih untuk jasa ini ialah melalui cara konvensional terlebih dahulu. Anda bisa memasang banner, spanduk, iklan koran, atau bahkan website untuk memasarkan jasa di sekitar kota anda.

Jasa Pembuatan Website

usaha yang menjanjikan 11

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Ide usaha modal kecil yang bisa anda coba ialah membuka jasa pembuatan website. Jika anda memiliki skill desain website dan sedikit ilmu coding, tak ada salahnya untuk membuka jasa pembuatan website. Karena jasa ini sangat banyak dicari oleh para perusahaan, blogger, organisasi, instansi, dan lain sebagainya.

Keuntungan membuka jasa pembuatan website ialah banyak yang membutuhkan, anda bisa mendapatkan uang setiap bulannya dari klien yang memperpanjang kontrak website, mendapatkan komisi affiliate dari hosting, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pembuatan website juga lumayan menarik, di tahun pertama, per klien anda bisa mengantongi Rp. 500.000 per website.

Jasa Periklanan

usaha yang menjanjikan

  • Tipe: Usaha Rumahan
  • Jenis: Usaha Offline/Online
  • Permodalan: Modal Kecil – Sedang

Memiliki kemampuan advertising dan dunia periklanan? uraian peluang usaha yang potensial selanjutnya ialah membuka jasa periklanan. Jasa ini membutuhkan seorang yang handal dalam menganalisa pasar, mengoperasikan platform untuk mengiklan, dan copywriting yang bagus. Jika anda memiliki ketiga skill tersebut, anda bisa langsung membuka jasa periklanan.

Biasanya seorang agency periklanan menawarkan jasa periklanan di website, Google, ataupun media sosial lainnya. Bayaran untuk menggunakan jasa ini bermacam macam, tergantung project yang anda garap. Terkadang agency periklanan tidak hanya merangkap sebagai periklanan konvensional, tapi juga SEM dan SEO.

  • Tipe: Usaha Reguler
  • Jenis: Usaha Offline
  • Permodalan: Modal Sedang/Besar

Usaha yang menjanjikan untung besar yang terakhir ialah bisnis waralaba. Bisnis franchise memberikan keuntungan yang berbeda beda, tergantung dari produk apa yang anda beli franchise nya. Bisanya sebelum membeli franchise, anda diberikan perhitungan potensial franchise tersebut. Mulai dari balik modal, prospek, hingga keuntungannya.

Emang apa saja bisnis waralaba yang potensial namun modalnya kecil? anda bisa membeli franchise minuman boba, kebab, burger, thai tea, dan franchise lainnya yang berbentuk booth. Anda tidak harus memiliki lahan luas, cukup membeli franchise anda sudah mendapatkan booth yang bisa dipasang di depan rumah anda.

Demikian adalah pemaparan tentang contoh usaha modal kecil untung besar, cara analisis SWOT, dan penjelasan lengkap dari ide usaha. Membuat usaha pasti mulai dari awal, jadi anda tak perlu khawatir ketinggalan dengan pengusaha lain. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan pasar yang anda garap akan jenuh.

Seorang pengusaha harus pandai dalam berinovasi. Jadi meskipun usaha anda sudah lancar, anda harus tetap melakukan inovasi, merubah model bisnis bila diperlukan, scale up, dan akuisis pasar secara berkala. Hal ini dilakukan supaya bisnis anda bisa hidup terus menerus.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!