Home ยป Apa yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha? Pengertian dan Cara Mendapatkannya

Apa yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha? Pengertian dan Cara Mendapatkannya

Anda yang sedang ingi berbisnis namun bingung mau usaha apa, artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan peluang usaha, pengertiannya adalah bagaimana, ide dan analisa yang bisa memberikan anda gambaran.

Tidak semua peluang usaha harus anda garap. Pilihlah usaha yang sekiranya anda mampu dan memiliki prospek bagus.

Jadi buat anda yang tidak memiliki modal besar, anda masih tetap mendapatkan passive income dari usaha yang anda bangun jika pemilihan usahanya tepat.

Daftar Isi

Apa yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha?

Pengertian Peluang Usaha

Menurut Wikipedia, yang dimaksud dengan peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanaan, maupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai.

Peluang usaha ada banyak sekali jenisnya, tergantung dari segi mana anda ingin lakukan, online atau offline.

Bisnis dan peluang usaha adalah tidak selalu membicarakan tentang seberapa banyak modal yang kita miliki, namun seberapa pandai kita dalam melihat peluang.

Jika anda sudah melihat peluang, anda bisa langsung menggarap potensial bisnis tersebut bersama tim atau anda sendiri.

Filosofi dari peluang usaha atau bisnis tidak hanya membicarakan omset dan keuntungan saja, tapi juga umur bisnis tersebut dan prospek dimasa mendatang.

Semakin bagus prospeknya maka semakin bertahan lama bisnis anda. Bahkan anda berkesempatan untuk scaling up bisnis yang anda jalani.

Analisa Peluang, Keuntungan, Resiko dan Persaingan

peluang usaha yang menjanjikan

Sebelum memaparkan gambaran bagaimana peluang, keuntungan, resiko, dan persaingan sebuah usaha, anda harus menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin anda garap.

Apakah itu bergerak di dunia online atau offline. Baru setelah itu anda bisa menjabarkan SWOT.

BACA JUGA:  Bisnis Kaos, 6 Tips Menjalankannya Bagi Pemula dan Cara Promosinya

SWOT adalah adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Membuat bagan SWOT akan membantu anda menganalisa seberapa worth it nya bisnis tersebut anda jalankan.

Analisa Peluang usaha

  • Strengths memberikan pemaparan tentang kekuatan atau keunggulan bisnis anda. Apakah bisnis anda adalah produk market fit, peluang repeat ordernya besar, mudah dijalankan, modal kecil, atau sebagainya.
  • Weaknesses adalah gambar dari kelemahan usaha yang anda jalani. Kelemahan tersebut bisa berupa susahnya mencari supplier, harga bahan pokok yang dinamis, perlu keterampilan khusus dalam memasarkan, dan sebagainya.
  • Opportunities merupakan peluang bisnis usaha yang anda bangun. Semisal apakah usaha anda bisa scaling up hingga seluruh Indonesia, peluang mengakuisisi pasar dengan cepat, atau yang lainnya.
  • Threats adalah ancaman dalam usaha anda. Ancaman tersebut bisa datang dari internal atau eksternal. Anda harus menganalisa bagaimana ancaman tersebut bisa datang dan bagaimana pula solusinya. Anda tidak bisa menghindari ancaman, tapi bisa meminimalisir ancaman tersebut.

Cara Mendapatkan Peluang Usaha

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil 1

Sebenarnya untuk mendapatkan usaha itu relatif gampang. Sebenarnya ada banyak sekali ide usaha yang menjanjikan yang bisa anda jalankan. Kami akan memberikan ide tersebut, tinggal anda memilih salah satu ide yang ingin anda jalankan.

Pastikan modal anda sudah cukup terlebih dahulu sebelum menjalankan ide tersebut. Modal tidak hanya berbicara tentang uang saja, tapi juga tentang ilmu dan sumber daya yang anda miliki.

Jika anda merasa tidak bisa menjalankannya sendiri, anda bisa mengajak kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama akan membuat anda lebih mudah berkembang dan bergerak.

BACA JUGA:  Usaha Penggilingan Bakso, Tips Menjalankan dan Analisa Keuntungannya

Namun tentu saja dibalik itu semua ada beberapa kekurangan yang harus anda pertimbangkan.

  • Menggali Bakat Sendiri

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil

Pertama yang bisa anda lakukan ialah menggali bakat yang terpendam di diri sendiri. Setiap orang pasti memiliki privilege nya masing masing.

Nah jika anda memiliki privilege berupa bakat menulis, anda bisa menjadi seorang penulis. Jika anda memiliki kemampuan dalam menganalisa, anda bisa menjadi seorang konsultan.

Bagaimana cara menemukan bakat yang ada di dalam diri sendiri? eksplor dan pelajari hal hal baru. Secara tidak langsung bakat yang terpendam anda akan muncul dengan sendirinya.

Pastikan juga bakat tersebut bisa menjadi passion, dan dari passion bisa menjadi uang.

  • Bekerja Sama Dengan Pihak Lain

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Modal Kecil 2

Selain dari menggali bakat yang terpendam dari diri sendiri, anda juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain. Tentu ini menjadi solusi buat anda yang ingin membuka usaha modal kecil.

Dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain, anda bisa menjalankan bisnis dengan mudah karena saling melengkapi satu sama lain.

Bagaimana cara melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam urusan bisnis? caranya cukup mudah. Anda tinggal menawarkan diri untuk menjadi bagian dari rantai usaha mereka. Semisal anda bisa masuk di bagian marketing, supplier, sales, bagian produksi, atau yang lainnya.

Seorang pengusaha harus pandai dalam berinovasi. Jadi meskipun usaha anda sudah lancar, anda harus tetap melakukan inovasi, merubah model bisnis bila diperlukan, scale up, dan akuisis pasar secara berkala. Hal ini dilakukan supaya bisnis anda bisa hidup terus menerus.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!