Home » 5 Ide Memanfaatkan Lahan Sempit untuk Bisnis di Rumah

5 Ide Memanfaatkan Lahan Sempit untuk Bisnis di Rumah

Populasi manusia di jaman modern ini memang berkembang sangat pesat sekali sehingga lahan sekarang kian sempit. Namun bagi pebisnis cerdas lahan sempit tidaklah menjadi masalah dalam menjalankan sebuah usaha. Berikut ada beberapa ide memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis sehingga dapat terus berkarya dalam memperoleh penghasilan:

1. Usaha Ayam Hias

memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis

Ide memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis yang pertama bisa diterapkan adalah dengan membudidaya ayam hias. Memang keberadaan ayam hias ini menjadi prioritas tersendiri bagi para pecintanya. Terkadang permintaan pasar juga banyak sehingga harga yang ditawarkan dari jenis khusus juga tinggi dan bervariasi.

Terkait dengan kandang ayamnya sendiri tidak memerlukan lahan luas karena pelaku usahanya dapat membangun kandangnya di samping atau belakang rumah. Selain itu ukuran ayam-ayam hias juga tidak begitu besar dan tidak pula banyak gerakan. Dengan demikian menjalankan usaha satu ini sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha yang punya lahan sempit.

2. Ternak Ikan Hias

memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis
tirto.id

Keberadaan ikan hias memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya karena motifnya yang unik dan menarik. Menjalankan budidaya ikan hias sendiri tidaklah membutuhkan banyak lahan karena dapat menggunakan terpal berbentuk persegi atau melingkar. Selain itu dapat juga memanfaatkan tembok belakang atau samping rumah untuk penopang wadahnya.

Namun untuk membudidaya ikan hias ini para pelaku usaha harus mempunyai jiwa telaten yakni mulai dari pembibitan dan pembesaran. Pastikan para pelaku usaha juga mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan yang benar. Jadi pada intinya membuka usaha ini merupakan langkah pasti dalam memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis di jaman milenial ini.

3. Berternak Ikan Lele

memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis

Membudidaya ikan lele memang sangat mudah dilakukan oleh siapapun karena perawatan ikannya yang tidak begitu rumit. Bagi seseorang yang hanya mempunyai lahan sempit dapat memulai usaha ternak ikan lele di samping atau belakang rumah. Terkait dengan lahannya sendiri tidaklah membutuhkan tempat luas ukuran 20 x 20 meter juga sudah cukup.

Selain itu untuk wadah airnya sendiri bisa menggunakan terpal dengan ketebalan tertentu agar tidak mudah sobek. Terkait dengan pakan lele juga mudah ditemukan di toko-toko tertentu dna bisa juga menggunakan pakan alami. Namun, untuk urusan membudidaya lele harus sabar dan konsisten agar mendapatkan banyak pelanggan.

4. Ternak Bebek Petelur

memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis

Menjalankan budidaya ternak bebek petelur juga menjadi solusi para pebisnis dalam memanfaatkan lahan sempit. Terkait dengan kandangnya sendiri dapat dibuat dengan menggunakan bambu yang disusun rapi. Untuk memulai bisnis bebeknya dapat dengan mengisi sebanyak 50 – 100 ekor pada kandang yang telah disekat-sekat.

Terkait dengan pakannya sendiri juga mudah dan harga pakan terjangkau serta mudah ditemukan. Setelah para bebek bertelur, maka langkah selanjutnya adalah mengolah telur tersebut menjadi telur asin. Kemudian untuk pemasaran telurnya dapat melalui pedagang makanan atau dengan menerima orderan melalui pemasaran media sosial online.

BACA JUGA:

5. Budidaya Sayuran Hidroponik

memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis

Lahan perkotaan pada masa sekarang memang sudah semakin sempit dan tidak memungkinkan dalam menanam sayuran di tanah. Namun ada sebuah sistem bernama hidroponik yang akan memberikan jawaban akan lahan sempit di kota. Keberadaan sistem ini mempermudah dalam menanam sayuran dengan memakai media paralon dan air.

Demikianlah ulasan terkait dengan ide memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis yang dapat diterapkan bagi para pelaku usaha. Selalu konsistenlah dalam menjalankan sebuah bisnis karena keberhasilan akan didapatkan dengan ketekunan dan kerja keras.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!