Home » Agribisnis Adalah Bisnis Pertanian, Ini Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Agribisnis Adalah Bisnis Pertanian, Ini Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Agribisnis adalah sebuah bisnis yang memanfaat produk pertanian dari hulu ke hilir. Kegiatan bisnis pertanian ini bertanggung jawab pada berbagai kegiatan pasca panen, hingga proses pengolahannya.

Bahkan, kegiatan bisnis satu ini juga bertanggung jawab hingga pemasaran produk pertanian. Seperti yang kita ketahui bahwa pertanian di Indonesia cukup besar.

Masih banyak sekali lahan pertanian yang dikelola secara aktif. Sayangnya, masih banyak petani dan pelaku usaha lainnya yang belum memaksimalkan potensi hasil pertanian tersebut.

Oleh sebab itu, saat ini di berbagai kampus dan lembaga pendidikan Indonesia menyediakan bidang keilmuan agribisnis. Tujuannya adalah agar kelak pemanfaatan produk pertanian di Indonesia lebih maksimal.

Bagi Anda yang masih awam dengan istilah ini dan belum mengetahui seberapa besar prospeknya di Indonesia. Maka kami akan menjelaskannya di bawah ini.

BACA JUGA:  7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Secara bahasa, agribisnis diambil dari bahasa inggris yaitu agribusiness. Agri memiliki arti pertanian dan business memiliki arti usaha yang berorientasi pada keuntungan.

Agribisnis juga dapat diartikan sebagai pandangan ekonomi dalam usaha penyediaan pangan yang bersumber dari pertanian. Objek yang digunakan pada bisnis ini adalah berupa tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!