Home » Memahami Apa Itu Customer Segment Serta Manfaatnya untuk Bisnis

Memahami Apa Itu Customer Segment Serta Manfaatnya untuk Bisnis

Memahami istilah customer segment adalah sebuah keharusan bagi para pemasar atau pemilik bisnis. Namun sayangnya masih banyak pelaku usaha yang belum familiar dengan istilah tersebut.

Dalam berbisnis tentu Anda memiliki sebuah produk yang akan dijual. Tentunya semua pebisnis berharap produk tersebut bisa terjual dalam jumlah yang banyak. Bahkan jika bisa semua orang harus membelinya.

Namun tentu hal ini sangatlah sulit untuk dicapai. Bahkan bisa dibilang sangat mustahil suatu produk bisa dibeli dan digunakan oleh semua orang. Oleh karena itu Anda memerlukan segmentasi pelanggan.

Dengan adanya segmentasi pelanggan, akan sangat membantu dalam pembuatan strategi pemasaran. Bagi Anda yang ingin memahami lebih dalam tentang hal ini silahkan pahami penjelasan berikut.

Memahami Pengertian dari Customer Segment

Customer Segment

Pada dasarnya sebuah produk diciptakan untuk menyelesaikan suatu persoalan tertentu. Bahkan dalam hukum ekonomi, penawaran suatu produk akan beriringan dengan permintaan yang datang dari pelanggan.

Oleh karena itu sebuah bisnis akan sangat kesulitan jika tidak memahami segmentasi pelanggan. Sebab segmentasi pelanggan ini akan sangat menentukan permintaan pelanggan yang mencakup kebutuhan maupun keinginan.

Begitu pentingnya segmentasi pelanggan hingga hal ini menjadi salah satu komponen penting dalam bisnis model canvas. Bagi Anda yang bergelut di bidang bisnis pasti sudah tidak asing dengan hal ini.

Segmentasi pelanggan sendiri berarti pengelompokan pelanggan berdasarkan pada kriteria tertentu. Kriteria yang digunakan untuk mengelompokkan pelanggan disesuaikan berdasarkan kebutuhan pemasaran. Hingga akhirnya akan didapatkan beberapa kelompok pelanggan.

Setelahnya, strategi pemasaran akan disesuaikan dengan customer segment yang telah dibuat. Dengan begitu diharapkan strategi pemasaran yang dibuat bisa berjalan optimal dan menghasilkan penjualan yang signifikan.

Contoh dari segmentasi pelanggan sangat mudah untuk dilihat pada jenis bisnis fashion atau pakaian. Strategi pemasaran produk fashion pria pasti akan berbeda dengan produk fashion wanita.

Kelompok pria dan wanita tersebut nantinya bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari pakaian untuk anak-anak, dewasa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga dan berbagai kelompok lainnya.

Semakin spesifik Anda memahami calon pelanggan Anda, akan semakin mudah dalam menentukan strategi untuk memenangkan hatinya. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk membeli produk Anda.

Jenis Customer Segment yang Perlu Dipahami

Bisa dipahami bahwa pembagian segmentasi untuk pelanggan bisa sangat banyak. Mungkin hal ini akan cukup membingungkan Anda ketika pertama kali melakukannya. Namun hal tersebut merupakan kondisi yang wajar.

Namun semakin dalam Anda memahami pelanggan, akan semakin mudah untuk melakukannya. Untuk memudahkan Anda dalam membuat segmentasi pelanggan, Anda bisa memulainya berdasarkan beberapa jenis berikut ini.

  1. Demografis

Jenis pertama yang perlu Anda pahami untuk membuat segmentasi pelanggan adalah berdasarkan demografis. Demografis sendiri berarti data kependudukan yang meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan hingga pekerjaan.

Selain itu Anda juga bisa membuat pengelompokan berdasarkan besaran pendapatan hingga status pernikahan. Dengan bantuan ini, Anda akan semakin mudah dalam memahami pelanggan secara spesifik.

  1. Geografis

Customer segment juga bisa dibuat berdasarkan sebaran geografis. Hal ini bisa meliputi tempat tinggal pelanggan, lingkungan di sekitar bisnis, kondisi cuaca dan berbagai kondisi geografis lainnya.

Sebab kondisi geografis bisa sangat mempengaruhi perilaku belanja seseorang. Seperti contoh orang-orang yang tinggal di daerah dingin akan cenderung mencari produk untuk menghangatkan diri mereka.

  1. Psikografis

Anda juga bisa membuat segmentasi pelanggan berdasarkan aspek psikologis yang dimiliki oleh pelanggan. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi aspek psikologis seseorang dalam melakukan kegiatan pembelian barang.

Hal ini meliputi nilai yang dimiliki, minat terhadap sesuatu, gaya hidup dan lainnya. Dengan memahami aspek psikografis akan mempermudah Anda dalam memahami pertimbangan pelanggan ketika melakukan pembelian produk.

Keuntungan Customer Segment Dalam Bisnis

Pentingnya segmentasi pelanggan dalam menjalankan sebuah bisnis tentu bukanlah tanpa alasan. Sebab ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membuat segmentasi pelanggan seperti berikut ini.

  1. Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang ampuh adalah strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Tentunya untuk mampu membuat hal ini Anda perlu memahami pelanggan sebaik mungkin.

Dengan membuat segmentasi pelanggan, Anda akan semakin mudah dalam membuat strategi pemasaran. Sehingga strategi pemasaran yang dihasilkan benar-benar berjalan efektif sesuai dengan asumsi pelanggan Anda.

  1. Membantu Anda Dalam Berinteraksi Dengan Pelanggan

Saat ini proses penjualan harus berjalan secara dua arah. Anda sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan bentuk pemasaran satu arah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

Dengan memiliki customer segment, Anda bisa menentukan cara berkomunikasi yang paling tepat kepada pelanggan. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap brand Anda.

Memahami segmentasi pelanggan juga sangat membantu Anda dalam merepos komplain yang diberikan oleh pelanggan. Sehingga komplain tersebut bisa segera diselesaikan tanpa menjadi masalah yang lebih besar.

BACA JUGA: Apa Itu Selling dan Perbedaan dengan Marketing

  1. Menetapkan Harga Produk

Segmentasi pelanggan juga sangat berguna dalam menentukan harga produk. Sebab dengan segmentasi pelanggan Anda bisa memahami berapa besar kemampuan pelanggan Anda untuk membeli sebuah produk tertentu.

Karena tidak bisa diungkiri bahwa persoalan harga masih menjadi salah satu isu penting di masyarakat. Jangan sampai harga produk Anda terlalu mahal atau murah sehingga menurunkan minat para pelanggan.

Sudah sepantasnya bagi pebisnis untuk memikirkan pelanggan. Sebab pelanggan adalah pihak yang membeli produk dan mendatangkan keuntungan pada pebisnis. Keliru dalam memahami pelanggan akan berakibat buruk pada bisnis.

Salah satu cara untuk memahami pelanggan adalah dengan membuat segmentasi pelanggan yang jelas. Dengan adanya customer segment tersebut, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!