Home ยป 9 Contoh Usaha Mikro yang Menguntungkan, Patut Anda Coba

9 Contoh Usaha Mikro yang Menguntungkan, Patut Anda Coba

Bagi Anda yang mau mencoba menggandakan sumber penghasilan, mungkin Anda bisa mencoba merambah dunia UMKM. Banyak contoh usaha mikro dengan modal relatif kecil yang bisa Anda geluti.

Banyak orang, yang sudah mendapatkan uang yang lumayan dari satu sumber penghasilan merasa belum cukup. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk menggandakan sumber penghasilan, agar sumber uang tidak hanya datang dari satu sumber saja.

Mungkin, di antara orang-orang tersebut, salah satunya adalah Anda yang sudah memiliki modal, namun belum memiliki ide untuk melakukan usaha apa yang bisa dilakukan. Karena usaha itu bukan perkara modal saja, namun juga kecocokan.

Contoh usaha mikro yang bisa dijalankan sesegera mungkin sangat beragam. Bahkan beberapa bisa Anda mulai dari rumah. Agar lebih tepat langkah saat menjalankan usaha mikro, Anda perlu sedikit mengetahui tentang usaha mikro.

Mengenal Usaha Mikro Leibih Jelas

Usaha mikro adalah usaha yang dimiliki oleh pribadi dengan modal awal tidak lebih dari 1 milyar rupiah. Namun, perhitungan modal ini belum termasuk dengan bangunan dan tanah yang digunakan untuk usaha.

Sedangkan untuk kategori pendapatan, usaha mikro omzet per tahunnya, tidak lebih dari 300 juta rupiah. Serta jumlah pekerja dari usaha mikro ini satu sampai empat orang saja.

Bisnis dengan skema usaha mikro ini, sangat diandalkan oleh negara, karena banyak membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga ini bisa membantu negara untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Beberapa Contoh Usaha Mikro

Berbekal modal yang sudah ada, serta keinginan kuat untuk membuka usaha dengan tujuan menggandakan sumber penghasilan, mungkin contoh usaha mikro yang akan kami uraikan di sini bisa membantu Anda memberikan referensi usaha yang akan Anda jalankan.

Inilah beberapa contoh usaha yang bisa Anda mulai, sesegara mungkin:

Walaupun makanan di angkringan terkesan murah, namun jika ditotal dalam satu harinya angkringan dapat memberikan omset yang lumayan untuk anda. Apalagi jika lokasinya strategis.

Modal awal alat masak, alat makan, gerobak, dan bahan mentah untuk diolah. Jika angkringan Anda ramai terus, untuk balik modal tidak perlu memakan waktu yang lama.

  • Laundry

Usaha ini, pada dasarnya memanfaatkan kemalasan orang untuk melakukan aktivitas mencuci pakaian. Anda tinggal membuat harga yang sesuai dengan pasar dan keuntungan yang hendak Anda ambil dari usaha jenis ini.

Modal awal tentu saja mesin cuci, setrika, dan tempat. Sedangkan untuk operasional yang Anda butuhkan adalah deterjen, dan pewangi pakaian. Ini adalah salah satu contoh usaha mikro yang sudah dilakukan banyak orang.

  • Peternakan

Jika Anda suka berinteraksi dengan hewan dan tidak jijik saat memegangnya, Anda cocok untuk bisnis ini. Usaha peternakan itu luas, Anda bisa memilih untuk beternak unggas, hewan kecil, atau ikan.

Misalnya dari unggas Anda bisa memulai ternak ayam dengan mengambil telur atau dagingnya. Sedangkan hewan kecil Anda juga bisa mulai dengan pembesaran kambing untuk dijual saat hari raya kurban.

Atau Anda juga bisa beternak ikan. Ikan yang saat ini masih menjadi primadona, misalnya ikan lele. Dalam contoh usaha mikro ini yang harus Anda perhatikan adalah pemberian makan dan kebersihan kandang, agar hasil yang dicapai maksimal.

  • Jual Makanan Rumahan

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, Anda bisa memulai dengan menjual masakan rumahan dengan membuka tempat makan di depan rumah. Contohnya Anda bisa menjual makanan masak kepada tetangga anda. Atau menjual kue buatan anda.

Seiring perkembangan Anda pun dapat menerima orderan catering, yakni pesanan makanan dalam jumlah yang besar. Baik itu untuk acara kantor, pernikahan maupun ulang tahun.

  • Agen Perjalanan

Anda suka jalan-jalan? Agen perjalanan mungkin bisa menjadi referensi bagi anda. Anda tinggal menyiapkan akomodasi bagi para pelancong yang hendak pergi liburan. Seperti mobil, hotel, dan tiket masuk tempat wisata.

Keuntungan bisa diambil dari selisih total akomodasi. Anda perlu pintar-pintar mencari akomodasi termurah, namun tetap membuat nyaman pelancong.

Contoh Usaha Mikro di Bidang Pertanian

Memulai usaha di bidang pertanian bisa dilakukan dari sisi manapun. Anda bisa memulai dari penjualannya, budidayanya, ataupun pengolahan hasil pertanian untuk dijual dalam bentuk yang berbeda dari bahan asalnya.

Pilihan contoh usaha mikro di bawah ini bisa membantu Anda untuk memilih usaha pertanian apa yang cocok untuk Anda memulai usaha.

  • Pengolahan Hasil Pertanian

Apabila di sekitar Anda banyak petani yang menanam buah, Anda bisa memulai untuk melakukan pengolahan. Misalnya Anda membuat manisan dari buah nangka, pepaya, atau rambutan.

Setelah melakukan pengolahan, Anda bisa menjualnya dengan selisih harga bahan baku ditambah operasional dan tambahkan juga sepuluh persen sebagai keuntungan anda.

  • Pemeliharaan Jamur Tiram

Jamur tiram, merupakan jamur yang memiliki banyak peminat, karena rasanya yang nikmat ketika dibuat tumis atau dihidangkan sebagai jamur crispy.

Contoh usaha mikro ini modalnya tidak terlalu besar. Apalagi jika Anda sudah memiliki tanah dan bangunan untuk melakukan proses pemeliharaan jamur tiram hingga masa panen.

  • Jual Beli Rempah

Rempah adalah hal yang membuat nama Indonesia naik di mata internasional. Sejak zaman dahulu banyak orang dari belahan dunia lain datang ke Indonesia khusus untuk mencari rempah saja.

Tentu ini bisa menjadi peluang yang besar bagi anda, apalagi jika tempat tinggal Anda banyak rempah macam cengkeh, kayu manis, vanili yang harga perkilonya selalu di atas harga bahan pokok.

  • Toko Alat Pertanian

Toko pertanian, bisa menjadi peluang bagi Anda yang hendak memulai usaha di bidang pertanian. Para petani pun membutuhkan cangkul, pupuk, pestisida. Jika Anda bisa menyediakan itu semua, potensi keuntungan akan menanti anda.

Hal yang harus diperhatikan adalah saat Anda menjual, tentunya harga harus bersaing agar pelanggan Anda tidak lari ke tempat lain mencari harga yang lebih cocok.

Demikianlah beberapa contoh usaha mikro yang dapat mulai Anda jalankan sesegara mungkin. Selain untuk menambah penghasilan anda, membuka usaha mikro juga membantu negara mengurangi pengangguran, dan pajak yang disetor membantu pembangunan.

error: Content is protected !!