Home » Cara Usaha Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal dan Analisa Peluangnya

Cara Usaha Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal dan Analisa Peluangnya

Dewasa ini, terdapat beberapa jenis peluang usaha dalam berbagai bidang yang dapat dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi untuk dipraktikkan secara langsung. Walaupun begitu, terdapat aspek penting seperti analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal yang perlu diketahui dahulu sebelum mencoba. Namun sayangnya, masih sedikit yang mengetahui tentang informasi analisa tersebut.

Secara garis besar, analisa usaha budidaya ikan nila memiliki persamaan seperti analisa beberapa usaha lainnya meliputi persoalan modal dan laba. Selain itu, terdapat analisa lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui dahulu seperti persoalan peralatan apa saja yang perlu dibeli. Untuk lebih lanjut dan detail, silakan simak uraian berikut ini:

1. Modal Awal

Pertama-tama, setiap calon pengusaha budidaya ikan ini perlu untuk mengetahui dan memahami perkiraan jumlah uang yang diperlukan untuk modal awal. Setiap calon pengusaha tidak perlu merasa khawatir karena jenis usaha ini dapat dicoba dengan jumlah modal awal sekitar Rp3 juta. Modal tersebut sudah dapat digunakan untuk membeli peralatan untuk budidaya.

2. Keunggulan

Sebelum memutuskan untuk mencoba jenis usaha ini, perlu diketahui dahulu bahwa terdapat beberapa keunggulan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Selain memiliki keunggulan dalam aspek modal awal yang tidak terlalu banyak, terdapat pula keunggulan dalam aspek proses budidaya yang mudah. Ditambah lagi, berbagai peralatan usaha yang diperlukan itu mudah ditemukan.

budidaya ikan nila di kolam terpal
infoikan.com

3. Peralatan

Terkait dengan analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal, perlu diketahui secara detail tentang peralatan yang diperlukan sejak awal.

Jenis usaha ini dapat dikatakan memerlukan peralatan yang cukup banyak mulai dari pompa air, pembersih kolam, paralon, hingga jaring khusus. Selain itu, diperlukan pula peralatan lainnya untuk menyimpan pakan nila.

4. Biaya Tidak Tetap

Terdapat aspek penting lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk diketahui terlebih dahulu dan masih terkait dengan operasional keuangan usaha ini.

Namun sayangnya, perkiraan biaya secara tidak tetap ini dapat mencapai nominal yang lebih besar sampai sekitar Rp5 juta sesuai kondisi. Biaya tersebut dapat meliputi biaya pembelian bibit hingga pakan ikan.

youtube

5. Proses Budidaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal dapat menawarkan kelebihan dalam aspek proses budidaya.

Hal ini dikarenakan sejak awal proses budidaya ikan ini dikenal lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan budidaya yang lainnya. Bahkan proses budidaya dapat dilakukan secara fleksibel ketika waktu luang.

6. Tenaga Kerja

Tidak dapat dimungkiri bahwa dalam kondisi terutama jika usaha ini bukan merupakan pekerjaan utama, diperlukan beberapa tenaga kerja untuk membantu.

Oleh karena itu, setiap calon pengusaha perlu memikirkan sejak awal apakah benar-benar diperlukan bantuan dari tenaga kerja tambahan atau tidak. Ditambah lagi, diperlukan perhitungan tepat terkait gaji yang akan diberikan.

BACA JUGA:

7. Laba Bersih

Terakhir, masih berkaitan dengan aspek keuangan, setiap calon pengusaha budidaya ikan ini perlu mengetahui perkiraan laba usaha yang akan diperoleh.

Walaupun memerlukan modal yang dikenal tidak terlalu besar, jenis usaha ini tetap dapat memberikan perkiraan jumlah laba bersih yang menarik.

Memanfaatkan informasi tentang analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal seperti pada uraian di atas dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Selain itu, informasi analisa tersebut dapat menghindarkan pengusaha dari adanya ketidakcocokan ataupun kerugian karena tidak mempersiapkan secara matang.

Ada analisa terkait modal awal dan ada yang terkait kemungkinan tenaga kerja.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!