Home » Tertarik dengan Bisnis Tambak Udang? Simak Peluangnya Berikut Ini

Tertarik dengan Bisnis Tambak Udang? Simak Peluangnya Berikut Ini

Udang merupakan salah satu jenis hewan yang digemari masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Selain menjadi konsumen, negara ini juga menjadi salah satu penghasil udang terbesar di dunia. Tak heran jika bisnis tambak di Indonesia cukup diminati karena melihat peluang usaha tersebut. Inilah, peluang sumber penghasilan dari bisnis tambak udang jenis vaname:

1. Konsumen yang Besar

Biasanya di pasar Indonesia ini, yang paling banyak menerima pesanan salah satunya adalah jenis udang vaname. Udang jenis tersebut diketahui memiliki tekstur yang cukup kenyal serta berdaging tebal. Untuk segi ukurannya, udang ini dinilai memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Selain itu udang jenis vaname memiliki cita rasa yang khas dan menambah kelezatan dari udang yang memang sudah enak. Biasanya udang jenis ini ditemukan di supermarket dengan kemasan yang sudah dipercantik sedemikian rupa sehingga konsumen sangat tertarik dengan udang ini.

bisnis tambak udang
sumber gambar: beritalima.com

2. Potensi

Seiring dengan meningkatnya persaingan dalam ekspor udang di seluruh dunia, maka produsen haruslah bergerak untuk meningkatkan kualitas udang yang dimiliki. Ini dilakukan guna berkompetisi di dunia produk udang dengan pesaing yang lain. Jika tidak beradaptasi dengan produk udang yang semakin baik, maka usaha dapat jauh tertinggal dari yang lain.

Untuk memaksimalkan potensi yang ada, pemilik tambak udang harus memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan daya saing produk. Beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya bagaimana menghasilkan produksi seefisien mungkin dan meningkatkan kualitas dari udang tersebut.

BACA JUGA:  5 Kelemahan Usaha Pertamini yang Penting untuk Dipahami

3. Harga Jual Menggiurkan

Udang berjenis vaname sendiri, dipasaran memiliki harga yang cukup tinggi. Ini sejalan dengan kualitas yang dibawa oleh udang vaname yang enak. Dikarenakan cita rasa khas tersebut orang tidak segan untuk membelinya meskipun harganya tinggi. Udang tersebut dipasaran dapat ditemukan dengan nilai yang lumayan tinggi dalam berat per kilo.

Yang membuat harganya naik berkali lipat adalah ketika dijual ke pasar yang modern seperti misalnya supermarket atau mall. Udang ini akan dikemas dengan begitu rapi dan terjaga suhunya, serta tetap dingin supaya tampak segar ketika dilihat. Belum lagi ketika sudah masuk restoran kemudian dihidangkan lewat berbagai jenis masakan yang menggugah selera.

bisnis tambak udang
sumber gambar: perikanan.pandeglangkab.go.id/

4. Keunggulan

Memiliki tambak udang akan terdapat beberapa kelebihan, salah satu diantaranya yakni pengeluaran modal awal yang tidak terlalu besar. Modal membangun bisnis ini dari nol tidak bisa disebut terlalu besar, tetapi juga tidak bisa dibilang kecil. Meskipun begitu uang yang kecil ini dapat berkembang dengan cepat karena nilai jual yang cukup tinggi dari udang, ketika beredar dipasaran.

Makanan udang yang dinilai lumayan bersahabat, juga menjadi satu keunggulan lain. Hal ini karena pemenuhan protein yang diperlukan jenis udang satu ini, tak sebesar hewan yang lain. Belum lagi biaya dan waktu pembudidayaan yang relatif rendah. Pemilik tambak dapat menghasilkan 3 gram udang vaname dalam seminggu.

BACA JUGA:

5. Pendapatan

Terakhir, ini merupakan bagian yang paling menyenangkan dari bisnis tambak udang yakni penghasilan. Dari beberapa sumber menyebutkan, bisnis ini bisa menghasilkan uang hingga milyaran rupiah pada sekali panen. Misalnya saja jika nilai udang saat itu 65 ribu rupiah dikalikan banyaknya udang sekitar 80 ribu kilogram. Maka pebisnis tambak, memiliki penghasilan sebesar 5 milyar Rupiah pada satu kali masa panen udang.

BACA JUGA:  5 Tips Perencanaan Bisnis Salon Kecantikan Sebelum Memulai

Nah itu dia bagaimana besarnya peluang dari bisnis tambak udang berjenis vaname yang menggiurkan. Jika dilihat sekilas bisnis ini memiliki peluang yang cukup fantastis, namun memang usaha yang diperlukan tidak akan mudah. Butuh perjuangan dan modal yang cukup untuk bisa meraih pendapatan yang besar.

Bagikan artikel: