Home » Bisnis Database Adalah? Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Bisnis Database Adalah? Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Bisnis database adalah salah satu peluang yang menggiurkan sekarang ini. Di zaman serba teknologi seperti sekarang, berbagai macam hal dapat dijadikan sebagai sebuah bisnis untuk menghasilkan uang.

Ada berbagai macam model bisnis baru yang mungkin sama sekali tidak terfikirkan. Hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang sangat pesat sehingga membuat semuanya menjadi berubah.

Bisnis database menjadi sebuah usaha yang menarik, cara kerja dari bisnis database juga sangat unik. Namun, meskipun demikian ketika ingin bergabung menjadi salah satu pebisnis usaha database, ada berbagai macam hal yang harus diketahui terlebih dulu.

Pengertian Bisnis Database

Bisnis database merupakan usaha yang dilakukan dengan cara mengumpulkan nomor WhatsApp, nomor telepon dan email pada supplier, perusahaan, produsen untuk dijual.

Produk utama pada bisnis database adalah data. Untuk memperolehnya juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti mengumpulkan data yang berasal dari pengguna.

Contoh lain dari bisnis database ini ialah praktik jual beli paket data dan pulsa. Contohnya saja seperti pembeli disuruh menuliskan nomor telepon, data tersebut dapat digunakan untuk bisnis database.

Data tersebut kemudian dikumpulkan serta dijual pada orang serta perusahaan yang memang memerlukannya. Umumnya, data yang dihimpun ini akan digunakan untuk kebutuhan survey, promosi pada konsumen.

Ketika membicarakan bisnis, tentu saja terdapat produk yang dijual. Untuk bisnis database, produk yang dijual ialah berbagai macam file yang berkiatan dengan informasi penting data. Terdapat ribuan bahkan puluhan ribu data yang sengaja diperjual belikan dalam sekali tertransaksi.

Namun, kekurangan bisnis database adalah termasuk usaha yang illegal. Di Indonesia, memperjualbelikan data pribadi termasuk bisnis illegal. Bisnis jual beli data ini dilarang serta dapat diancam tindakan pidana.

Bukan hanya itu, masalah validitas data yang dijual juga diragukan. Tidak sedikit kasus database yang dijual merupakan database yang tidak valid sehingga tidak sedikit konsumen yang tertipu, jika sudah terjadi sudah pasti bisa mencoreng nama baik Anda.

Berbagai Keuntungan Bisnis Database

Ada berbagai macam keuntungan bergabung ke dalam usaha bisnis database ini, berikut berbagai macam keuntungan menjalankan bisnis database, seperti:

  1. Sangat mudah dijalankan

Salah satu hal yang membuat bisnis database sangat menarik untuk dijalankan adalah kemudahan dalam menjalankannya. Anda dapat menawarkan database yang potensian dari media social, iklan maupun website.

Lebih enaknya lagi, did alam satu database bukan hanya bisa dijual oleh satu klien saja, namun Anda dapat menjualnya ke berbagai klien yang membutuhkan.

Tentu saja hal ini sangat mudah dijalankan. Bahkan, Anda juga tidak perlu stock maupun melakukan produksi, Anda bisa berjualan secara terus menerus.

  1. Modal hanya perlu dikeluarkan sekali

Keuntungan lain bisnis database adalah modal hanya perlu dikeluarkan sekali saja. Contohnya, Anda melakukan pembelian database dengan harga Rp 300 ribu.

Nantinya data tersebut bisa dijual hingga berulangkali pada pemilik toko offline maupun online yang memerlukan supplier. Karena memiliki bentuk file, Anda dapat menjual kembali dengan cepat dan dapat balik modal dengan waktu yang singkat.

  1. Memiliki prospek yang cerah

Bila membicarakan masalah prospek bisnis, prospek yang dimiliki bisnis database ini semakin lama menjadi semakin bagus. Apalagi sekarang minat belanja online juga menjadi semakin meningkat.

Contohnya saja seperti produsen fashion, banyak seller yang memerlukan database dari produsen fashion agar bisa mencari harga paling murah. Seluruh pelaku bisnis dari reseller, seller hingga dropshipper juga memerlukannya.

Dari sini bisa terlihat jika prospek yang dimiliki dari bisnis database semakin lama menjadi semakin bagus.

  1. Dapat dilakukan oleh siapapun

bisnis database sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun. Hal ini disebabkan karena proses dari bisnis ini tidak membutuhkan perhatian yang bersifat serius.

Bukan hanya itu, bisnis database juga sangat cocok dilakukan untuk mahasiswa bahkan ibu rumah tangga sekalipun, lebih-lebih karyawan yang sedang mencari bisnis sampingan. bisnis database tidak membutuhkan latar belakang ilmu apapun.

  1. Sangat fleksibel

Bisnis database merupakan bisnis yang sangat fleksibel, hal ini disebabkan karena usaha ini berjualan data sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kesibukan.

Cara Jual Bisnis Database

bisnis database

Bagi mereka yang belum memiliki pengalaman, tentu saja cukup bingung melakukan penjualan bisnis database ini. Berikut cara jual database sehingga lekas laku, seperti:

  1. Tentukan harga dengan baik

Harga menjadi sebuah factor penentu dari bisnis yang dijalankan oleh semua pebisnis. Ketika ingin menjalankan bisnis database, Anda harus menentukan harga dengan baik.

Anda juga dapat memberi label harga produk yang sesuai dengan model. Jika peminatnya semakin banyak, Anda dapat meningkatkan harga jual.

  1. Buat grup

Jika sudah bisa menentukan harga jual, Anda dapat membuat grup yang digunakan untuk menampung member baru. Media yang dapat digunakan untuk menampung member adalah Facebook dan Whatsapp.

Jika sudah berhasil membuat grup, Anda bisa membagikan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan database. Anda bisa memberikan ulasan mengenai kelebihan bisnis database yang Anda miliki.

Contohnya saja database yang Anda miliki selalu diperbarui, dan lebih valid dibandingkan dengan tempat lain.

BACA JUGA:

  1. Lakukan promosi

Meskipun bisnis database mudah dilakukan, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan promosi. Anda harus melakukan promosi yang menarik dengan cara memasang iklan pada berbagai macam social media.

Usahakan melakukan promosi bisnis database yang Anda miliki setiap hari dengan cara mengupload foto dalam jumlah banyak.

Meskipun bisnis database memiliki keuntungan yang cukup banyak dan mudah dijalankan, namun kunci sukses bisnis database adalah keuletan, Anda harus menawarkan database Anda dengan baik sehingga semakin banyak yang tertarik.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!