Apabila Anda membuka usaha makanan dan ingin sukses, maka yang harus Anda buat adalah visi misi usaha makanan anda. Visi dan misi ini berguna untuk menentukan langkah kedepannya agar tidak salah dalam pengambilan keputusan.
Saat memulai bisnis makanan, tentu Anda ingin agar usaha yang dijalankan bisa mencapai hasil yang maksimal. Untuk itu perlu langkah-langkah yang jelas dan nyata saat menjalankan usaha makanan anda.
Anda perlu menyiapkan modal yang sesuai, peralatan pengolahan yang mumpuni, pelayanan ramah kepada pelanggan, dan tentu cita rasa nikmat untuk memanjakan lidah pelanggan anda.
Semua itu bisa dirangkum dalam langkah-langkah yang disusun dalam visi misi usaha makanan anda. Visi misi ini menjadi pedoman untuk semua yang terlibat dalam perusahaan Anda agar selalu seiring sejalan ketika menjalankan kegiatan di perusahaan.
Makna Visi dan Misi
Visi dan misi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling terkait satu sama lain. Keduanya memberikan arah pandang bagi semua yang terlibat dalam perusahaan untuk selalu sejalan.
Visi adalah cita-cita yang hendak dicapai oleh perusahaan. Baik itu cita-cita yang sifatnya cenderung mengembangkan perusahaan. Atau cita-cita yang berorientasi kepada pelanggan dari perusahaan tersebut.
Sedangkan misi, adalah langkah untuk mencapai visi. Misi biasanya dijabarkan dalam beberapa poin, karena mengandung langkah dan proses yang jelas untuk mencapai visi yang dicita-citakan.
Berkaitan dengan visi misi usaha makanan, maka visinya dikaitkan dengan usaha untuk memuaskan pelanggan. Sedangkan misinya adalah cara-cara nyata memuaskan pelanggan. Begitu penjabaran visi misi.
Penyusunan Visi Misi Usaha Makanan
Pada dasarnya, proses penyusunan visi misi usaha makanan sama dengan usaha maupun organisasi. Hal yang menjadi pembeda adalah usaha makanan cenderung berorientasi kepada pelanggannya, karena sudah pasti visinya ditujukan kepada pelanggan.
Penyusunan visi misi ini, dijabarkan dalam beberapa langkah. Mulai dari pengumpulan ide, hingga finalisasi visi misi kepada semua yang terlibat di perusahaan maupun publik.
Untuk menyusun visi misi usaha makanan ini, mulai yang pertama, yakni:
-
Mengumpulkan Semua Pihak Internal Perusahaan
Visi misi ini nantinya dijadikan sebagai pedoman bagi pihak internal perusahaan untuk menghadapi dinamika perusahaan. Tentu semua pihak internal mulai dari pemilik, dan karyawan harus turut serta dalam pembuatan visi misi ini.
Semua pihak berhak memberikan idenya, untuk semakin membuka apa saja yang menjadi kebutuhan perusahaan. Misalnya saja bagian penyediaan bahan ingin menghadirkan bahan yang segar untuk pelanggan, maka bisa menjadi misi selalu menyediakan bahan segar.
-
Tetapkan Tujuan Perusahaan
Berbicara mengenai tujuan perusahaan, tentu visi misi usaha makanan haruslah berorientasi kepada pelanggan. Dengan tetap memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, serta kemungkinan yang bisa ditingkatkan dari sudah ada.
Misalnya pelanggan memiliki permintaan beragam. Hal itu bisa dijabarkan dalam visi melayani pelanggan tanpa pamrih. Kemudian dari hal itu, tentu bisa menjadi dasar untuk seluruh pihak perusahaan siap melayani permintaan pelanggan.
-
Diskusikan dengan Baik Kebutuhan Pelanggan
Setelah menentukan tujuan, Anda juga perlu mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Mulai dari permintaan, lalu jualan paling laku apa, dan juga keluhan dari para pelanggan.
Semua itu bisa dirangkum dan dijadikan misi untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
-
Beri Penjelasan pada Misi
Ketika Anda sudah mendapatkan tujuan dari visi yang telah disusun, langkah harus dijabarkan dalam misi. Hal ini berguna agar pihak terkait tidak bingung dalam menentukan langkah.
Ketika tujuan berorientasi kepada pelanggan berarti misinya pun harus demikian. Misalnya visinya adalah “Memuaskan Pelanggan dengan Sepenuh Hati”, maka salah satu misinya adalah “Mendengarkan dengan baik apa kebutuhan pelanggan.”
-
Susun Semua dengan Kata Jelas dan Runtut
Semua yang menjadi bahan visi misi usaha makanan Anda telah terkumpul, kini Anda tinggal menyusunnya ke dalam kata-kata yang jelas dan runtut agar bisa dipahami oleh semua pihak dalam perusahaan anda.
Anda dan pihak internal pun sudah dapat menjalankan visi misi tersebut, tentunya setelah disepakati bersama.
Itulah semua langkah yang perlu Anda lakukan saat menyusun visi misi usaha makanan anda. Semoga setelah Anda berhasil menyusun visi misi, Anda dapat semakin melayani kebutuhan pelanggan Anda.