Home » Tips Menjalankan Usaha Penggilingan Bakso dan Analisa Keuntungannya

Tips Menjalankan Usaha Penggilingan Bakso dan Analisa Keuntungannya

Menjalankan usaha penggilingan bakso merupakan jenis usaha yang sangat menjanjikan. Mengapa demikian? Karena penjual bakso masih banyak tersebar di berbagai daerah. Alasan lainnya adalah tidak semua penjual bakso memiliki alat penggiling sendiri. Jadi usaha giling bakso bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan.

Selama penjual bakso masih ada, usaha giling bakso juga akan terus dibutuhkan. Ini merupakan peluang besar bagi yang sedang bingung menjadi ide usaha baru. Mulai dari keuntungan penjualan hingga tips menjalankannya akan dijelaskan secara rinci pada pembahasan kali ini. Simak dengan baik sebelum memulai usahanya:

Keuntungan Menjalankan Usaha Giling Bakso

usaha penggilingan bakso

Keuntungan menjalankan usaha ini tergolong lumayan besar. Setiap hari pasti ada konsumen yang memerlukan jasa ini. Harga menggiling bakso biasanya didasarkan pada berapa kilo daging yang digiling. Selain itu, kelengkapan bumbu juga mempengaruhi harga penggilingan bakso yang dilakukan untuk konsumen.

Setiap tempat penggilingan pasti mematok harga yang berbeda-beda. Biasanya berada pada kisaran 20 sampai 25 ribu rupiah per kilo daging. Harga ini juga sudah termasuk bahan tambahan dan bumbu yang ditentukan oleh pemilik daging. Tentunya harga ini tidak selalu sama pada setiap jasa penggilingan bakso.

Peluang usaha penggilingan bakso biasanya mengalami kenaikan pada saat Hari Raya Idul Adha. Karena tidak hanya penjual bakso yang menggunakan jasa, tetapi juga masyarakat umum yang membuat bakso sendiri. Jadi keuntungan menjalankan usaha ini dinilai lumayan besar apalagi di hari-hari tertentu.

Tips Menjalankan Usaha Giling Bakso

usaha penggilingan bakso

Ada beberapa hal teknis yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ini. Beberapa hal yang akan dibahas kali ini adalah tips tentang pelayanan yang harus dilakukan. Manfaatnya adalah untuk konsumen dan untuk kelangsungan usahanya sendiri. Berikut beberapa hal penting dalam menjalankan usaha giling bakso:

1. Cari Tempat Usaha Strategis

Seperti usaha lainnya, tempat adalah faktor utama demi menarik konsumen. Biasanya, tempat paling pas untuk menjalankan usaha giling bakso adalah di area pasar yang ramai pengunjung. Cari tempat yang paling terlihat dan sering dilalui agar orang tahu bahwa ada tempat atau jasa penggilingan bakso.

Atau bisa juga buka kiosnya di dekat toko daging. Cara ini juga efektif menarik pelanggan untuk menggunakan jasa giling bakso. Meletakkan usaha penggilingan di sebelah penjual daging bisa menstimulasi pembeli untuk mengetahui atau bahkan menggunakan jasa giling bakso. Jadi cara pertama ini bisa dimanfaatkan untuk menggaet pelanggan.

2. Pastikan Memiliki Karyawan

Karyawan adalah unsur penting dalam menjalankan usaha. Tidak semua daerah ada jasa giling bakso yang dibuka. Jadi ada kemungkinan kios giling bakso akan ramai oleh pelanggan. Jika pelanggan banyak, maka sangat mungkin untuk membutuhkan karyawan yang bisa membantu berbagai hal. Ini dimaksudkan agar pekerjaan lebih cepat dilakukan.

Apalagi jika mesin giling lebih dari satu. Pastinya akan sangat kesulitan untuk mengoperasikannya secara bersamaan seorang diri. Usahakan mencari karyawan yang cekatan namun tetap menjaga kebersihan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kualitas bakso yang digiling dan untuk mempertahankan pelanggan.

BACA JUGA:

3. Siapkan Timbangan dan Kantong Kresek Bersih

Alat penting selain mesin giling adalah timbangan. Sebelum daging digiling dan menjadi adonan bakso, maka perlu dilakukan penimbangan untuk mengukur beratnya dan menentukan biaya gilingnya. Selain itu, siapkan juga kantong kresek yang bersih. Jangan sampai memasukkan adonan bakso ke kresek bekas karena hal ini jauh dari kata bersih.

Kisaran keuntungan usaha penggilingan bakso beserta beberapa hal teknis yang perlu dilakukan sudah dijelaskan di atas. Bagi yang ingin menjalankan usaha ini pasti sudah ada gambaran kasarnya. Jadi persiapan bisa segera dilakukan untuk memulai usahanya. Jangan lupakan tips-tips di atas untuk diterapkan juga.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!