Home ยป 5 Rekomendasi Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

5 Rekomendasi Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Usaha ternak menguntungkan di lahan sempit menjadi solusi untuk yang ingin memiliki usaha ternak tetapi terkendala tempat. Bicara tentang ternak, yang terbayang adalah lahan yang luas karena ukuran hewan ternak yang besar atau jumlahnya yang banyak. Tidak heran jika banyak yang bingung dan ragu untuk memulainya.

Usaha peternakan yang menjanjikan keuntungan tentu membuat banyak tertarik menggelutinya tidak terkecuali orang-orang yang tinggal di perkotaan yang lahannya tidak luas. Berikut ini adalah rekomendasi usaha peternakan yang dapat dilakukan di lahan sempit:

1. Ternak Ikan Hias

Sudah sejak lama usaha ini dikenal sebagai sumber penghasilan yang cukup memadai. Dengan menggunakan beberapa akuarium yang dapat ditempatkan di dalam rumah atau di luar rumah, ternak ikan hias sudah dapat dilakukan. Budidayakan ikan yang tidak pernah kehilangan penggemarnya seperti ikan Koi, ikan Guppy, ikan Cupang atau ikan Arwana.

Usahakan tetap update dengan informasi seputar ikan hias, karena pengetahun yang dimiliki penjual ketika konsumen bertanya akan menjadi nilai lebih dibandingkan penjual lainnya. Selain itu, ikan hias sering memunculkan trend yang membuat harganya melambung, mengetahui hal ini lebih cepat tentu memberi peluang menjual lebih banyak.

2. Ternak Burung

Seperti diketahui untuk memelihara burung hanya diperlukan sangkar agar burung tidak lepas. Untuk menjadikannya ternak menguntungkan di lahan sempit buat kandang bersusun yang ditempatkan di halaman atau teras rumah. Bahkan langit-langit dalam rumah pun bisa dijadikan tempat untuk menggantungkan sangkar.

Tidak dipungkiri ternak burung kicau seperti Beo, Love Bird, Merpati atau Murai memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Jenis burung yang akan dibudidayakan disesuaikan dengan tempat di mana kandang atau sangkar diletakkan.

3. Ternak Ayam Hias

Umumnya memelihara ayam hias hanya sekedar hobi sehingga budidaya unggas ini diperlukan untuk memenuhi permintaan penghobi ayam hias. Oleh karena itulah usaha ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar sebab para penggemar ayam hias memerlukan supplier untuk memenuhi hobi hingga kebutuhan usahanya.

Jenis ayam hias yang dapat dibudidayakan antara lain ayam Ketawa, ayam Serama, ayam Cemani dan ayam Hutan. Sesuaikan jenis ras yang diternakkan dengan luas lahan yang ada, karena budidaya ayam hias memerlukan tempat yang lebih luas daripada budidaya burung.

4. Budidaya Ulat Hongkong

Menjamurnya penghobi burung kicau membuat kebutuhan ulat hongkong (Mealworm) juga meningkat. Hewan ini dapat dijadikan ternak menguntungkan di lahan sempit, sebab hanya memerlukan nampan atau alas kayu dan lakban sebagai tempat budidaya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam menjalankan usaha ini, tetapi hal itu seimbang dengan keuntungan yang didapat.

5. Ternak Jangkrik

Hewan ini mudah ditemui di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Meskipun dianggap sebagai hama yang dapat merusak tanaman ternyata dibalik itu ada peluang usaha yang menjanjikan. Prospek usaha jangkrik adalah kebutuhan para penggemar burung kicau yang membutuhkan jangkrik sebagai tambahan nutrisi untuk burung peliharaannya.

Tidak hanya itu, jangkrik juga telah berkembang menjadi olahan makanan berupa jangkrik goreng atau keripik jangkrik, hal ini menambah jumlah jangkrik yang dibutuhkan. Peluang menjadi peternak jangkrik dapat dilakukan dengan mudah karena yang diperlukan untuk membudidayakan jangkrik adalah kotak plastik yang tidak akan menggunakan banyak ruang dalam rumah.

Itulah hewan-hewan yang dapat dijadikan usaha ternak menguntungkan di lahan sempit. Untuk melakukan usaha ini, pilihlah hewan yang pemeliharaanya mudah dilakukan untuk mengurangi resiko kematian hewan yang akan merugikan. Ketelatenan dan kesabaran selalu diperlukan dalam setiap jenis usaha apa pun yang akan setimpal dengan hasil yang didapat.

error: Content is protected !!