Home » Refund Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Syarat dan Ketentuannya

Refund Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Syarat dan Ketentuannya

Refund adalah pengembalian barang yang biasanya paling sering disebut dalam sebuah matketplace. Dalam bisnis sendiri refund merupakan salah satu cara untuk menjaga dan melindungi pelanggan ketika mengalami ketidakpuasan pada produk yang diberikan.

Secara tidak langsung layanan ini akan menambah serta meningkatkan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Ada juga yang menggunakan refund sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan bagi beberapa bisnis yang sudah berpengalaman.

Salah satu contoh terkenal adalah cerita dari Bob Sadino, pebisnis terkenal di Indonesia ini pernah menjual telur busuk kepada konsumen. Konsumen marah dan ingin mengganti rugi atas telur yang dibeli, kemudian bob sadino memberikan ganti rugi 10 telur baru dan berkualitas baik.

Di sinilah Bob Sadino menerapkan konsep refund untuk mendapatkan promosi dari mulut ke mulut. Terbukti setelah mendapatkan ganti rugi konsumen itu menjadi promotor gratis dari bisnis Bob Sadino dengan menceritakan kisahnya kepada orang lain.

Pengertian Refund Adalah, Ini Penjelasannya

Menurut pengertiannya, refund merupakan sejumlah uang yang harus dikembalikan dari pelanggan karena pembeli membatalkan transaksi sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selain pengembalian uang ada juga pengembalian barang atau disebut refund barang.

Yaitu dengan menukar barang atau mengembalikan barang yang dibatalkan pembeliannya. Biasanya refund dilakukan karena pembatalan transaksi dari pembeli atau dari salah satu pihak karena alasan tertentu.

Jika dari pembeli bisa jadi karena kekecewaan akan kualitas produk atau karena rusaknya barang atau salah kirim dan masalah lainnya. Sebagai pembisnis Anda harus mengetahui kesalahan apa yang terjadi kenapa pembeli sampai melakukan pengembalian barang.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan layanan bisnis agar menjadi lebih baik lagi. Bisnis Anda juga harus selalu menjual produk yang memang benar-benar berkualitas.

Jangan sampai pelanggan kecewa akan produk Anda. Karena biasanya suatu bisnis itu kuncinya adalah kepercayaan jika pelanggan sudah percaya maka kemungkinan brand Anda akan meningkat dan terkenal sehingga terciptalah brand awareness.

Mengenal Fungsi dari Refund Adalah

Dengan menerapkan refund pada sistem toko atau marketplace akan memberikan jaminan kepada konsumen. Di mana konsumen akan merasa terlindungi karena bisa saja terjadi kerusakan dan masalah lainnya dalam melakukan perbelanjaan apalagi secara online.

Bukannya tidak mungkin akan terjadi refund, karenanya penting untuk menerapkan sistem pengembalian barang sebagai jaminan bagi pelanggan agar merasa aman ketika berbelanja. Jaminan ini akan menjadi unggulan dan memberi rasa kepercayaan lebih dari pelanggan kepada perusahaan Anda.

Ini Dia Beberapa Kebijakan Pengajuan Pengembalian Dana Atau Refund

Untuk dapat mengajukan permintaan pengembalian dana, maka ada beberapa kebijakan yang harus Anda penuhi. Sebab, penjual bisa saja menolak permintaan pengembalian dana apabila Anda tidak mematuhi kebijakan yang berlaku.

Rata-rata, bisnis online tersebut bekerja sama dengan marketplace atau e-commerce terpercaya ini memberikan kebijakan berupa pengembalian dana 100%. Umumnya, pengajuan permintaan pengembalian dana 100% ini berlaku sekitar 2 hari hingga 3 hari sejak barang diterima konsumen.

Sebab, proses refund adalah salah satu hal yang membutuhkan waktu lama mulai dari pengajuan klaim hingga pencairan dana. Jadi, tunggu beberapa hari untuk proses klaim refund dana.

Jika melebihi batas yang ditentukan, maka Anda tidak dapat mengajukan permintaan refund. Selain itu, dana pembelian telah diteruskan kepada penjual, sehingga pihak e-commerce menganggap tidak ada masalah dalam transaksi tersebut.

Untuk dapat mengajukan refund, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh konsumen. Syarat pertama, Anda harus menyertakan video unboxing produk tersebut, mulai dari barang diterima hingga pembukaan kemasan.

Setelah itu, pembeli akan diminta untuk mengirimkan foto beserta video dari barang yang dianggap rusak atau tidak sesuai dengan spesifikasi produk. Apabila foto dan video dinyatakan valid, maka pihak e-commerce akan mengembalikan dana tanpa potongan kepada pembeli.

Sebab, refund adalah salah satu fasilitas dari pengelola e-commerce kepada pembeli. Jadi, Anda dapat mengajukan permintaan tersebut asalkan sesuai dengan mekanismenya.

Namun, jika Anda tidak melampirkan video dan foto yang diajukan oleh pihak e-commerce, maka permintaan refund akan dibatalkan sepihak oleh pengelola marketplace. Untuk itu, patuhi apa saja syarat dan kebijakan untuk mengajukan pengembalian dana setelah berbelanja di e-commerce.

Syarat-syarat yang Wajib Dipenuhi untuk Dapat Mengajukan Refund

Guna memperlancar proses pengembalian dana, maka ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Jadi, pembeli tidak boleh asal dalam mengajukan permintaan pengembalian dana. Sebab, proses refund adalah kebijakan dari pengelola e-commerce.

Oleh karena itu, ini dia daftar persyaratan yang wajib dipenuhi agar pembeli dapat mengajukan permintaan pengembalian dana secara utuh. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Mengetahui Nomor Transaksi untuk Pengajuan Refund

Syarat pertama adalah mengetahui nomor transaksi dari produk yang dibeli. Memang, setiap transaksi di aplikasi marketplace ini selalu tercatat oleh sistem.

Untuk mengajukan permintaan pengembalian dana. Maka pembeli wajib tahu berapa nomor transaksi yang tercatat oleh sistem marketplace.

  1. Memiliki Nomor Rekening Atas Nama Pribadi

Syarat selanjutnya memiliki nomor rekening atas nama pribadi, sebab, pencairan dana ini hanya dapat dilakukan melalui nomor rekening pribadi. Jika Anda belum memiliki rekening atas nama pribadi, maka silahkan mengajukan pembukaan rekening baru melalui bank terdekat.

  1. Menyertakan Alasan Pengajuan Refund

Syarat ketiga, Anda harus menyertakan mengapa mengajukan pengembalian dana setelah produk diterima. Sebab, pihak e-commerce menyatakan bahwa permintaan refund adalah salah satu fasilitas yang tidak boleh digunakan sembarangan.

Akun marketplace Anda bisa saja diblokir jika memberikan alasan palsu untuk dapat mengajukan pengembalian dana. Alhasil, Anda tidak dapat berbelanja kembali karena akun dibatasi oleh pengelola marketplace.

Refund adalah Bentuk Perlindungan Konsumen yang Gemar Berbelanja Online

Memang, salah satu kelemahan dalam dunia bisnis online ini ada pada pelayanannya. Anda tidak dapat melihat produk secara langsung.

Jadi, Anda hanya dapat melihat produk secara virtual saja. Hal ini membuat pembeli merasa was-was karena produk yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi.

Salah satu kendala karena jual beli secara online ada pada produk. Rata-rata, pembeli merasa kecewa karena barang tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi.

Oleh karena itu, Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian dana atau refund kepada penjual. Jadi dapat dikatakan bahwa pengajuan refund adalah salah satu bentuk perlindungan konsumen yang gemar berbelanja melalui aplikasi e-commerce.

Oleh karena itu, berbelanja melalui marketplace dapat meminimalisir tindak kejahatan penipuan secara virtual yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sebab, aplikator marketplace memberikan fasilitas pengembalian dana bagi Anda yang merasa kurang puas dengan produk dari penjual.

Selain itu, ada beberapa manfaat dengan adanya fasilitas refund dari pihak aplikator, salah satunya adalah mencegah tindakan curang dan dilakukan oleh penjual dan pembeli. Bisa saja penjual serta pembeli melakukan kecurangan untuk merugikan salah satu pihak.

Oleh sebab itu, pihak pengelola marketplace akan meminta beberapa bukti berupa foto dan video produk tampak rusak atau cacat. Kemudian, pihak aplikator akan melakukan investigasi untuk memutuskan bahwa permintaan refund disetujui atau tidak.

Mekanisme Pengajuan Refund yang Sesuai dengan Aturan Pengelola E-Commerce

Untuk dapat mengajukan permintaan pengembalian dana, maka Anda harus mengikuti prosedurnya. Jika tidak, maka permintaan refund dibatalkan sepihak oleh pihak pengelola marketplace.

Sehingga, produk yang telah Anda terima tidak dapat ditukar atau diganti uang. Oleh karena itu, Anda wajib tahu bagaimana prosedur pengajuan refund dana sesuai syarat, ketentuan, serta kebijakan yang berlaku.

Memang, refund adalah hak konsumen dan harus dipenuhi oleh aplikator, jadi pihak aplikator akan memproses permintaan refund sesuai mekanisme yang berlaku. Langkah pertama, silahkan ajukan permintaan refund melalui menu yang telah disediakan oleh pihak aplikator.

Setelah itu, kirimkan bukti berupa video dan foto produk yang akan diretur kepada penjual. Jika memang ada kesalahan yang dilakukan oleh penjual, maka Anda diharuskan untuk mengirim produk ke alamat gudang dari penyedia aplikator.

Lalu, Anda diminta untuk mengirim nomor rekening pribadi untuk pencairan dana yang telah dicairkan oleh aplikator. Jika dana telah dicairkan, maka Anda harus melakukan konfirmasi kepada pihak aplikator.

Setiap konsumen yang berbelanja online melalui aplikasi marketplace ini memiliki kesempatan untuk mengajukan pengembalian dana. Pasalnya, konsumen merasa bahwa produk yang dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi dari penjual.

Untuk dapat mengajukan permintaan pengembalian dana, maka Anda harus tahu apa saja syarat, ketentuan, serta kebijakan yang berlaku. Pasalnya, proses refund adalah salah satu fasilitas yang membutuhkan waktu lama mulai dari klaim hingga pencairan dana.

BACA JUGA: Pengertian Restock dan Kegunaannya Dalam Bisnis

Tips dan Trik Berbelanja Agar Aman dengan Layanan Refund

Jika Anda ingin berbelanja di toko online dengan aman dan nyaman yang memiliki sistem refund maka sebaiknya Anda berbelanja di marketplace. Dengan berbelanja di marketplace besar transaksi Anda sudah terjamin dan kebanyakan sudah memiliki sistem pengembalian barang dalam proses transaksinya.

  1. Berbelanja di Marketplace

Biasanya pada marketplace ada sistem pihak ketiga, jadi ketika Anda membeli barang uang yang Anda berikan itu tidak langsung diberikan kepada penjual. Namun penjual harus mengirimkan terlebih dahulu sampai ke tangan Anda dan melakukan konfirmasi bahwa barang tersebut dalam keadaan baik baru uang akan diteruskan kepada penjual.

Dengan begitu semua transaksi online yang Anda lakukan ini sudah terjamin keamanan dan kenyamanannya. Namun memang yang menjadi kelemahan dalam refund adalah Anda harus membayar sendiri biaya kirim untuk melakukan pengembalian barang kepada penjual.

  1. Hati-hati Dalam Memilih Produk

Pastikan dalam berbelanja Anda juga berhati-hati dalam memilih produk dan memilih toko, disarankan untuk memilih brand terkenal yang terjamin kualitasnya. Dengan begitu kualitas barang dan produk yang dijual oleh brand tersebut akan terjamin dan meminimalisir terjadinya refund.

Pastikan Anda juga selalu mengecek produk dan merekamnya untuk berjaga-jaga barangkali terjadi kerusakan pada barang tersebut. Biasanya toko-toko di marketplace mencantumkan syarat refund yaitu dengan mengirimkan bukti unboxing barang yang dibeli.

Dalam berbelanja online memang harus selalu memperhatikan banyak hal, karena terkadang tidak menutup kemungkinan terjadinya penipuan oleh penjual. Refund adalah salah satu cara dalam meminimalisir masalah penipuan ini, jangan lupa menyiapkan bukti foto dan mengikuti prosedur refund sesuai ketentuan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!