Home » M Commerce Adalah: Pengertian, Komponen dan Aplikasi Terbaiknya

M Commerce Adalah: Pengertian, Komponen dan Aplikasi Terbaiknya

Mobile commerce atau lebih dikenal sebagai m commerce adalah suatu kemajuan perdagangan di era digital. Saat ini kebiasan berbelanja sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Dulu pasar dan mall menjadi pusat perbelanjaan segala sesuatu. Konsumen harus datang langsung ke tempat tersebut jika ingin membeli suatu barang tertentu.

Tidak jarang kegiatan ini cukup menyita waktu dan tenaga. Sebab, bagi beberapa orang, jarak ke tempat perbelanjaan cukup jauh dan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja.

Oleh sebab itu, saat ini sebagian masyarakat sudah mulai meninggalkan berbelanja secara langsung. Mereka lebih memilih berbelanja secara digital dengan memanfaatkan gadget.

Pada metode belanja ini, Anda bisa menemukan berbagai macam barang dari seluruh dunia. Harganya juga sangat kompetitif, bahkan lebih hemat.

Hal ini bisa Anda nikmati karena kehadiran m commerce dari berbagai e commerce yang ada saat ini. Bagi Anda yang belum memahami mengenai m commerce, simak penjelasannya berikut ini.

Memahami Tentang Pengertian M Commerce Adalah

Mobile commerce merupakan sistem perdagangan elektronik yang dapat diakses menggunakan mobile gadget. Yang dimaksud mobile gadget adalah ponsel, laptop, notebook, tablet dan lain sebagainya.

Jadi, Anda dapat melakukan transaksi pada perdangan tersebut meski berpindah-pindah tempat. Sebab, teknologi yang digunakan pada sistem perdagangan ini berbasis internet.

Selama ada jaringan internet, maka Anda bisa melakukan jual beli. Secara sederhananya, m commerce merupakan kombinasi dari perdagangan secara elektronik dengan mobile computing.

Mungkin, sebagian dari Anda masih merasa bingung mengenai perpedaan dari m commerce dan e commerce. Meski saling berhubungan, keduanya memiliki pengertian berbedaan.

E commerce adalah segala kegiatan jual beli di internet. Hal ini mencangkup barang, transportasi, asuransi, periklanan, perbankan, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan dari e commerce di antaranya adalah lebih sederhana dalam kegiatan transaksinya, tidak ada perantara, aman, dan prosesnya lebih cepat. Sayangnya, risiko pengalaman kurang menyenangkannya tinggi.

Sedangkan m commerce adalah peningkatan dari e commerce. Semua kegiatan e commerce yang dilakukan menggunakan perangkat seluler di sebut sebagai m commerce.

Selain memiliki kelebihan yang dimiliki oleh e commerce, m commerce juga memiliki kelebihan lain. Di antara kelebihan tersebut adalah barang pesanan mudah dilacak kapan saja.

Selain itu, media untuk jual belinya tidak terbatas pada situs website toko online, tapi termasuk juga aplikasi native yang bisa diinstal di perangkat. Sehingga, Anda bisa mengawasi proses pengiriman paket lebih mudah.

Sayangnya, cara ini tidak begitu aman karena perangkat seluler mudah di akses oleh orang lain. Memori perangkat juga memiliki limit tertentu, jika memori tersebut sudah mencapai limit, maka Anda tidak dapat mengakses m commerce tersebut.

5 Komponen Penting M Commerce Adalah

M commerce memang dianggap sederhana dan memudahkan konsumen dalam proses jual beli. Namun, pada metode jual beli ini terdapat komponen penting yang tidak boleh diabaikan, berikut ini adalah komponen penting tersebut:

  1. Pembayaran Melalui Seluler

Pembayaran melalui seluler menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah mobile commerce. Pembayaran harus dibuat agar dapat dilakukan menggunakan perangkat seluler secara langsung.

Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam hal membayar atau pemilik bisnis dalam memperoleh bayaran. Proses pembayaran ini sangat cepat dan efisien.

Contohnya adalah e wallet yang saat ini bisa digunakan untuk berbagai pembayaran. Contoh e wallet populer saat ini adalah paypal, OVO, DANA, Gopay, dan lain sebagainya.

  1. Fasilitas Mobile Banking

Selain pembayaran seluler, hal penting dalam m commerce adalah memaksimalkan fasilitas mobile banking. Maksudnya adalah dengan menyediakan pembayaran menggunakan mobile banking.

Misalnya dengan adanya fasilitas penggunaan nomor tagihan virtual. Dengan nomor virtual yang dapat diakses menggunakan mobile banking, konsumen tidak perlu memasukkan nominal yang harus dibayar.

  1. Periklanan Seluler

Periklanan seluler berguna untuk memasarkan produk m commerce di jaringan internet. Layanan ini akan membantu penjual dalam memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Contoh periklanan seluler yang saat ini banyak digunakan adalah Google Adwords, iklan facebook, dan lain sebagainya. Periklanan seluler akan menarik lebih banyak konsumen.

  1. Aplikasi Seluler

Aplikasi seluler akan memudahkan akses konsumen dalam mencari dan membeli produk. Jika dibandingkan dengan mengakses website, aplikasi lebih efektif dan juga cepat.

  1. Reservasi dan Pemesanan

Fasilitas reservasi dan pemesanan pada m commerce juga menjadi komponen sangat penting. Terutama pada layanan tiket perjalanan, makanan, tiket perjalanan dan lainnya.

Misalnya adalah saat konsumen memesan kamar hotel beberapa hari sebelumnya. Saat tanggal yang ditentukan, konsumen tinggal menempati kamarnya saja tanpa perlu khawatir akan kehabisan kamar.

Aplikasi Terbaik untuk M Commerce adalah

Di Indonesia ada beberapa bidang yang sangat diminati oleh masyarakatnya. Bidang tersebut bisa dimanfaatkan dalam bisnis m commerce dan dibuat dalam bentuk aplikasinya, berikut ini adalah aplikasi m commercer terbaik yang potensial di indonesia:

  1. Penyedia Online Travel

Di semua negara, penyedia online travel memang menjadi mobile commerce paling banyak diminat. Aplikasi ini bisa menjadi andalan untuk perencanaan liburan.

Anda bisa melakukan pemesanan hotel hingga berbagai jenis transportasi. Bahkan, aplikasi online travel juga dilengkapi dengan rekomendasi destinasi wisata.

  1. Tempat Berbelanja

Tempat berbelanja atau marketplace, merupakan aplikasi m commerce yang menyediakan beragam barang. Mulai dari makanan, token, fashion, elektronik, kecantikan, dan lain sebagainya.

Anda bisa menemukan beragam kebutuhan melalui aplikasi market place. Aplikasi jenis ini biasanya yang memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

  1. Mobile Payment

Mobile payment seperti halnya e wallet juga salah satu m commerce yang sangat dibutuhkan saat ini. Tidak heran jika popularitasnya tinggi dan sangat potensial.

Kemajuan teknologi membuat Anda mudah untuk berbelanja melalui mobile commerce. Hal penting dari m commerce adalah dengan memahami komponen dan jenis aplikasinya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!