Home » 5 Langkah Mudah Menciptakan Nama Bisnis yang Bagus

5 Langkah Mudah Menciptakan Nama Bisnis yang Bagus

Memiliki nama bisnis yang bagus merupakan salah satu faktor berpengaruh dalam membangun bisnis. Ketika memulainya, pebisnis memiliki banyak pertimbangan untuk mengambil keputusan yang harus dibuat.

Penamaan bisnis mungkin adalah salah satu keputusan pertama. Nama bisnis ini bukanlah tempat, melainkan merek di mana itu perlu dibuat dengan unik. Ciri khas nama bisnis mapan dan maju adalah namanya susah dilupakan.

Nama bisnis merupakan identitas bisnis dan itu adalah seluruhnya, terlebih berbisnis di era digital sekarang. Merek ini membuat Anda beda dengan perusahaan lain di luar sana, meskipun banyak dengan penawaran serupa.

Nama bisnis akan membentuk bagaimana merek akan dipersepsikan tidak hanya oleh calon pelanggan, tetapi juga oleh perusahaan lain dalam industri terkait. Intinya, nama ini merupakan semua hal terkait bisnis, baik positif dan negatif.

Pertimbangan Membuat Nama Bisnis yang Bagus

nama bisnis yang bagus 2

Nama bisnis membentuk cara dunia melihat merek tersebut, sehingga diperlukan nama yang tidak hanya mengekspresikan persona merek, tetapi turut memproyeksikannya dengan lantang dan jelas agar mendapat perhatian orang banya.

Menjadi salah satu bagian penting dari identitas merek, di mana bukan bukan sekedar aset yang akan dilihat orang, tetapi juga didengar lebih sering. Sehingga itu harus menjadi sesuatu alat komunikasi merek dan lebih mudah diucapkan.

Dalam penamaan bisnis, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Simak dan perhatikan poin-poin berikut, saat melakukan brainstorming ide nama bisnis agar hasilnya tidak mengecewakan.

  1. Relevan Hingga Masa Mendatang

Seiring pertumbuhan bisnis, maka nama bisnis yang bagus juga harus tetap relevan. Jika tidak, itu bisa gagal untuk terhubung dengan pelanggan. Menggunakan nama atau inisial sendiri adalah salah satu strategi dalam membuat nama bisnis tidak lekang oleh waktu.

Bisa juga memilih nama yang tidak ada hubungannya dengan industri atau tidak ada hubungannya dengan layanan merek. Merek besar seperti Apple misalnya, nama ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan teknologi tetapi sangat menarik.

  1. Usahakan Nama Skala Global

Penamaan bisnis internasional berbeda dengan penamaan bisnis yang beroperasi di satu negara saja. Ketika merencanakan ide nama bisnis, teliti terlebih dahulu bagaimana setiap nama akan ditafsirkan di negara lain.

Saat proses penamaan bisnis, penting untuk memastikan bahwa merek dagang masuk dan bisa diterima oleh setiap pasar yang menjadi target pasar. Kedepannya itu dibutuhkan untuk pendaftaran dan merek dagang di setiap tujuan pasar.

  1. Terlihat Mencolok di Keramaian

Nama bisnis tidak etis jika terdengar terlalu mirip dengan merek lain. Memilih jenis nama yang sangat berbeda dari gaya khas industri dapat membedakan merek dari yang lain, tetapi harus ekstra hati-hati agar tidak mematikan calon pelanggan.

Gunakan budaya industri sebagai panduan untuk jenis nama mana paling sesuai dan cocok dengan klien. Kemudian, fokuslah untuk menemukan nama original sebagai pilihan nama bisnis yang bagus. Sebaiknya gunakan nama unik, tapi itu tidak terlalu aneh.

Dalam banyak kasus, sebuah merek membutuhkan referensi langsung untuk terhubung langsung dengan pembeli. Namun tidak juga harus selalu sesuai antara produk dengan layanan.

Cara Memilih Nama Bisnis yang Tepat

nama bisnis yang bagus 2

Untuk mendapatkan daftar nama bisnis yang bagus, pemilik wajib melakukan brain storming, di sini dibutuhkan buku catatan dan pena. Mulailah dengan mencatat semua nama yang terlintas dalam pikiran ketika memikirkan tentang.

Perlu juga untuk mencatat ciri-ciri karakter merek, mengenai visi dan misi, jenis pelanggan, hingga bagaimana keinginan orang akan menggambarkan perusahaan kepada teman-teman mereka ketika melakukan rekomendasi.

Setelah mengetahui bahwa nama bisnis merupakan kunci penting untuk membangun dan dikenal lebih banyak orang, maka pebisnis penting tahu cara memilihnya secara tepat. Ikuti tahapan berikut ini untuk memfilter semua ide nama dan memilih yang terbaik.

  1. Langkah Pertama

Untuk mendapatkan nama bisnis yang bagus bisa dimulai dengan mengelompokkan semua calon nama bisnis menurut kesamaan, misalnya berdasarkan akar kata yang sama, kemudian jika ada nama ganda, itu sebaiknya dihilangkan untuk mengerucutkan daftar.

  1. Langkah Kedua

Ini dilakukan untuk menghilangkan nama semantik rumit, itu akan sangat rumit ketika perlu dieja/ketik. Percayalah, calon pembeli bisa kehilangan minat menghubungi atau mampir dengan bisnis dengan ejaan nama perusahaan terlalu sulit.

Memilih padanan huruf yang unik dan sederhana akan lebih menguntungkan bisnis kedepannya, bahkan jika ada perubahan masa itu bisa tetap relevan ketika pilihan nama menarik sepanjang zaman.

  1. Langkah Ketiga

Mulailah dengan mencoba untuk mengatakannya dengan lantang, kemudian periksa dan nilai sendiri apakah itu mudah untuk diucapkan, kemudian cek bagaimana kedengarannya di kuping. Jangan sampai itu terdengar lucu dan konyol.

  1. Langkah Keempat

Tahap ini merupakan uji menemukan nama bisnis yang bagus dari daftar tersisa kepada orang lain, semakin itu disukai orang lain maka potensinya ada juga di pasaran. Usahakan memperkenalkan dengan orang baru pertama mendengar sehingga penilaiannya lebih akurat.

Tanyakan bagaimana kesan awal mereka tentang nama bisnis tersebut, bagaimana itu terdengar di telinga, dan minta perasaan pendengar. Lihat bagaimana hal ini jika dibandingkan dengan nilai dan misi perusahaan dari awal proses pembuatan nama.

  1. Langkah Kelima

Saatnya untuk menunggu beberapa saat dan tanyakan kepada orang-orang mengenai nama mana dari daftar yang mereka ingat. Dari pengujian ini, nama paling diingat dan mendapat kaitan dekat dengan bisnis bisa menjadi pilihan tepat.

Nama bisnis memang ada kemungkinan diubah, tetapi ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan jika/ketika melakukannya. Mengubah nama bisnis membutuhkan usaha besar, dan semakin ukurannya maka lebih susah untuk melakukan pergantian ini.

Maka sebelum memutuskan untuk mengubahnya, pertimbangkan baik-baik mengapa melakukannya. Karena umumnya, mengganti nama bisnis adalah bagian dari rebranding yang lebih besar dan proses perbaikan lebih besar dengan membawa tampilan baru.

Akan lebih baik jika dari awal penamaan bisnis, menjalin kerja sama dengan desainer grafis profesional dan konsultasi dengan ahli untuk membuat logo serta nama paling menarik. Sentuhan manusia membuat nama bisnis yang bagus menjadi merek handal dan menarik.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!